Otomotif
·
17 September 2018 16:17

Mitsubishi Rilis Bocoran Triton Baru, Desainnya Mirip Pajero Sport

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mitsubishi Rilis Bocoran Triton Baru, Desainnya Mirip Pajero Sport (104432)
Siluet Mitsubishi Triton generasi keenam (Foto: dok. Mitsubishi )
Mitsubishi akhirnya ungkap Triton generasi terbaru yang menggunakan wajah dynamic shield. Walaupun hanya sebatas gambar siluet, namun fascia-nya depannya begitu menggambarkan Triton bermuka model Mitsubishi keluaran terbaru.
ADVERTISEMENT
Hanya saja desain mukanya tidak seperti Xpander, seperti pemberitaan kami sebelumnya, Triton generasi terbaru ini lebih mirip Mitsubishi Eclipse Cross yang lampu utamanya sebidang dengan kap mesin. Sementara di bawahnya ada lampu kabut dan lampu sein.
Selain itu desain lampunya juga dilengkapi dengan daytime running light (DRL) berbentuk huruf L yang seakan menyatu dengan grille-nya. Tak ketinggalan, ada tameng krom yang tebal guna menambah kekar bumper-nya.
Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima kumparanOTO, Senin (17/9), model pikap yang beberapa kali tertangkap kamera sedang tes jalan di Australia ini diproyeksikan menjadi generasi keenam Mitsubishi Triton.
Selebrasi 40 Tahun Pikap Mitsubishi
Mitsubishi Rilis Bocoran Triton Baru, Desainnya Mirip Pajero Sport (104433)
Mitsubishi Triton generasi pertama (Foto: dok. Mitsubishi )
Sejarah panjang Mitsubishi Triton diawali pada tahun 1978 dengan peluncuran model pikap pertamanya dengan nama L200 atau Forte. Model ini hanya tersedia dalam pilihan single cabin dengan pilihan mesin 2.000 cc dan 2.600 cc yang tersedia untuk pasar Amerika Utara dan mesin 1.600 cc untuk pasar domestik Jepang.
ADVERTISEMENT
Dua tahun kemudian, versi penggerak 4WD-nya diluncurkan sekaligus menjadi cikal bakal model 4WD Mitsubishi yang meliputi Pajero dan Delica.
Mitsubishi Rilis Bocoran Triton Baru, Desainnya Mirip Pajero Sport (104434)
Mitsubishi Triton generasi kedua (Foto: dok. Mitsubishi )
Lebih lanjut generasi keduanya hadir pada tahun 1986 dengan tampilan yang lebih revolusioner. Pada generasi ini pula Triton tersedia dengan pilihan double cabin, single cabin ataupun club cabin.
Mitsubishi menawarkannya dalam 3 pilihan mesin; mesin bensin 2.000 cc dan 2.600 cc, serta mesin Diesel 2.500 cc dengan nama Mitsubishi Strada.
Mitsubishi Rilis Bocoran Triton Baru, Desainnya Mirip Pajero Sport (104435)
Mitsubishi Triton generasi ketiga (Foto: dok. Mitsubishi )
Selanjutnya generasi ketiga mengaspal pada tahun 1995 dengan wujud yang hampir meninggalkan bentuk boxy. Model ini sekaligus menyasar kendaraan multiguna yang bisa dimanfaatkan untuk komersil maupun aktivitas sehari-hari.
Ada dua pilihan mesin pada generasi ini, mesin Diesel 2.500 cc atau 2.800 cc.
Mitsubishi Rilis Bocoran Triton Baru, Desainnya Mirip Pajero Sport (104436)
Mitsubishi Triton generasi keempat (Foto: dok. Mitsubishi )
Generasi keempat Mitsubishi Triton yang lahir pada tahun 2005 tidak lagi mengusung bentuk yang boxy. Kendaraan pikap yang diluncurkan di Thailand ini pun lebih mampu meningkatkan aerodinamika lewat bentuk bodinya dan menjawab kebutuhan pengguna kendaraan pikap kekinian.
ADVERTISEMENT
Lewat generasi ini pula Mitsubishi dengan kode L200 ini baru memiliki emblem Triton. Ada dua mesin Diesel yang ditawarkan, 2.500 cc dan 3.200 cc dengan pilihan sistem penggerak 2WD dan 4WD.
Mitsubishi Rilis Bocoran Triton Baru, Desainnya Mirip Pajero Sport (104437)
Mitsubishi Triton generasi kelima (Foto: dok. Mitsubishi )
Terakhir, generasi kelimanya hadir pada tahun 2014 silam dengan revisi desain dari generasi sebelumnya. Tampilannya mampu mendongkrak kesan macho dan gagah yang bisa diandalkan untuk berbagai macam kebutuhan.
Mitsubishi tetap mengandalkan mesin Diesel 2.500 cc serta 2.400 cc MIVEC yang menjanjikan emisi karbondioksida yang rendah. Seperti generasi sebelumnya, ada pilihan penggerak 4WD atau 2WD.