Otomotif
·
13 Desember 2020 19:12

Mobil Anda Pakai Asuransi TLO atau Komprehensif? Pahami Perbedaannya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mobil Anda Pakai Asuransi TLO atau Komprehensif? Pahami Perbedaannya (329142)
searchPerbesar
Ilustrasi kecelakaan. Foto: Shutterstock
Asuransi mobil sudah jamak dimanfaatkan masyarakat Indonesia. Walaupun umumnya masih penyerta saja, ketika membeli mobil baru atau bekas.
ADVERTISEMENT
Namun memang perlahan, masyarakat mulai sadar pentingnya proteksi aset seperti mobil dengan mengasuransikannya. Karena bisa meringankan beban saat terjadi tabrakan, perbuatan jahat, pencurian hingga kebakaran.
Setidaknya ada dua jenis asuransi mobil yang perlu diketahui, perlindungan Total Loss Only (TLO) dan perlindungan Komprehensif.
Hanya saja masih banyak orang yang belum bisa membedakan secara jelas antara keduanya. Berikut kumparan coba jabarkan singkat.
Mobil Anda Pakai Asuransi TLO atau Komprehensif? Pahami Perbedaannya (329143)
searchPerbesar
Asuransi Astra. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO

Asuransi mobil komprehensif

Jenis asuransi ini biasa dikenal dengan istilah All Risk, walaupun berdasarkan informasi resmi yang diterima kumparan, SVP Communication & Customer Service Management Laurentius Iwan Pranoto tak sepakat dengan hal itu.
Padahal penggunaan istilah 'All risk' dalam dunia asuransi dianggap kurang tepat. Dan yang lebih pas penggunaannya adalah perlindungan komprehensif.
ADVERTISEMENT
Karena dari sisi bahasa, all risk banyak dimaknai sebagai perlindungan dari segala risiko. Padahal tidak semua kejadian dapat di-cover oleh pemegang polis dengan perlindungan komprehensif.
"Perlindungan komprehensif memberikan jaminan untuk jenis kerusakan ringan, rusak berat hingga kehilangan. Contohnya jika mobil terserempet, kerusakannya minor yang membuat mobil kurang enak dipandang," ucapnya beberapa waktu lalu.
Mobil Anda Pakai Asuransi TLO atau Komprehensif? Pahami Perbedaannya (329144)
searchPerbesar
Konferensi pers terkait penangkapan komplotan pelaku pencurian 20 mobil rental di Polsek Kebayoran Baru. Foto: Dok. Polres Jakarta Selatan
Sederhananya, komprehensif mencakup pertanggungan atas kerugian akibat kerusakan sebagian (partial loss), hingga kerusakan dan kehilangan total (total loss).
“Ini artinya bentuk kerugian kecil, kerugian besar, hingga hilang karena pencurian bisa di-cover. Jika tertanggung mengambil asuransi komprehensif, mobil tergores sedikit pun dapat kami cover," kata Iwan.

Asuransi mobil TLO

Sedangkan asuransi Total Loss Only (TLO) maknanya perlindungan yang hanya (jika) kehilangan total seperti pencurian.
ADVERTISEMENT
Jenis ini juga menanggung, jika biaya perbaikan untuk kerugian yang terjadi, nilainya sama atau lebih dari 75 persen dari harga kendaraan sesaat sebelum kerugian.
Namun jika terjadi kerusakan ringan, maka pihak asuransi tidak dapat menanggung kerusakan ringan tersebut.
Iwan mengingatkan, apa pun asuransi mobil yang dipilih, pelanggan harus agar tetap memastikan kembali adanya pengecualian dan beberapa ketentuan yang perlu dipahami.
"Agar perlindungan terhadap mobil lebih optimal, pelanggan bisa menambahkan perluasan jaminan dalam polis asuransi.” jelas Iwan.