Otomotif
·
22 Juli 2021 8:00
·
waktu baca 2 menit

Mobil Hybrid Murah dari Toyota, Konsumsi BBM Tembus 35,8 Km/liter

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mobil Hybrid Murah dari Toyota, Konsumsi BBM Tembus 35,8 Km/liter (343089)
searchPerbesar
All new Toyota Aqua. dok. Toyota
Toyota Motor Corporation pada 19 Juli 2021 lalu merilis generasi terbaru mobil hybrid murah Toyota Aqua. Model yang juga disebut Toyota Prius C ini mendapat sentuhan rombakan penampilan dan dapur pacunya setelah model pertamanya lahir pada 2011 lalu.
ADVERTISEMENT
Ubahannya secara visual seperti gado-gado desain Toyota Sienta dan Honda Jazz terbaru. Dari kalem jadi cenderung imut karena kombinasi housing lampu, desain bumper, dan moncongnya.
Perubahan dari samping Toyota Aqua terbaru juga terbilang signifikan. Pilar C jadi lebih mengecil lantaran panel pintunya lebih lebar, ditambah tarikan garis desain yang lebih melancip hingga ujung buritan mobil.
Desain baru itu membuat bagian belakang mobil lebih melandai pada pintu bagasinya. Lampu belakangnya yang dulu hampir tegak, karena desain barunya itu membuatnya ikutan melandai.
Soal rancang bangunnya tetap pakai platform Toyota New Global Architecture atau TNGA-B untuk membuat mobil berbodi kompak. Namun ada penyesuaian pada jarak sumbu rodanya, memanjang 50 mm untuk memaksimalkan ruang yang lapang pada baris belakang, demikian mengacu keterangan resmi Toyota.
Mobil Hybrid Murah dari Toyota, Konsumsi BBM Tembus 35,8 Km/liter (343090)
searchPerbesar
All new Toyota Aqua. dok. Toyota

Rahasia konsumsi BBM Toyota Aqua bisa irit 35,8 km/liter

Beralih ke dapur pacu, catatan konsumsi bahan bakarnya juga lebih baik 20 persen dari generasi sebelumnya. Toyota mengeklaim efisiensinya mencapai 35,8 km/liter! Sementara tangki bahan bakarnya sanggup menenggak 36 liter bensin.
ADVERTISEMENT
Rahasianya ada pada penyematan baterai bipolar nikel hidrogen baru. Singkatnya konstruksi baterai jadi lebih ringkas, sehingga bisa meningkatkan kapasitas baterai, kemudian membuat resistansi arus juga lebih rendah.
Perpaduan ini menghasilkan arus listrik yang lebih besar dan terjadi peningkatan output hingga dua kali lipat. Respons kerja pedal akselerator lebih baik, akselerasi linier yang mulus di kecepatan rendah, dan kemampuan berjalan pakai mode listrik murni diperluas.
Makanya catatan konsumsi BBM Toyota Aqua anyar ini lebih irit. Kemudian soal mesin masih pakai yang sebelumnya, M15A-FXE 1.490 cc, yang menjanjikan tenaga 89 dk pada 5.500 rpm dan torsi puncak 120 Nm pada putaran 3.800 hingga 4.800 rpm.
Bicara fitur keselamatan sudah dilengkapi paket Toyota Safety Sense mencakup autonomous emergency braking, adaptive cruise control, lane keep assist, missacceleration mitigation pedal, dan utamanya hadir park assist.
Mobil Hybrid Murah dari Toyota, Konsumsi BBM Tembus 35,8 Km/liter (343091)
searchPerbesar
All new Toyota Aqua. dok. Toyota
Pabrikan tiga oval menargetkan penjualannya mencapai 9.800 unit per bulan. Harganya mulai dari Rp 263 jutaan untuk tipe penggerak depan hingga Rp 289 jutaan untuk varian E-Four. Ya setara Toyota Rush kalau di sini. Nah kalau masuk Indonesia bakal laris nggak ya mobil hybrid murah ini? Sampaikan pendapatmu di kolom komentar ya!
ADVERTISEMENT