kumparan
6 September 2019 10:37

Mobil Komersial Jarang Servis di Bengkel Resmi

Isuzu Traga
Isuzu Traga Foto: dok. Isuzu-Astra
Pemilik kendaraan komersial, ternyata tak begitu banyak yang kembali ke bengkel resmi untuk melakukan servis berkala. Dari 100 persen pembelian misalnya, hanya kurang dari 50 persen saja yang kembali ke bengkel resmi.
ADVERTISEMENT
“Untuk sektor komersial sih, sekitar 40 persen yang kembali lagi ke bengkel resmi. Per area sih tidak sama ya,” ujar Heri Wasesa, After Sales Service Division Head PT Astra Isuzu, Kamis (6/9).
Heri menjelaskan, salah satu alasan yang sering terjadi, umumnya dikarenakan para pengusaha tersebut sudah memiliki bengkel atau mekanik pribadi. Mereka merasa, dengan melakukan perawatan sendiri, maka akan jauh lebih murah dan juga lebih cepat.
Ilustrasi perawatan mobil, ganti oli mobil
Ilustrasi perawatan mobil, servis mobil Mitsubishi, servis Mitsubishi Xpander, servis Mitsubishi Pajero Sport Foto: dok. MMKSi
“Alasanya simple, mereka punya mekanik dan bengkel, mereka juga punya akses ke sparepart. Kemudian lokasinya mereka yang tidak terjangkau,” beber Heri.
Padahal menurut Heri, mobil komersial yang selalu memiliki tugas membawa barang berat dan melalui medan berat, tentulah harus sangat diperhatikan dalam hal perawatannya. Tentu saja supaya tak membahayakan di jalan, apalagi sampai memakan korban.
ADVERTISEMENT
Supaya menarik pemilik truk untuk kembali ke bengkel resmi, Astra Isuzu hadirkan program menarik, seperti uji KIR, emisi dan pengecekan aki gratis, reguler visit ke pelanggan, hingga menawarkan supervisi dan sparepart untuk mekanik dan bengkel mereka.
Truk Isuzu Elf
Truk Isuzu Elf Foto: Muhammad Ikbal
“Selain pengecekan-pengecekan gratis yang tadi disebutkan, sebenarnya kami juga sudah menawarkan supervisi untuk mengawasih kinerja dan perawatan yang dilakukan oleh mekanik mereka termaksud jaringan sparepart juga," ujar Heri.
Akan tetapi, hal tersebut nampaknya masih belum cukup membuat para pengusaha tertarik melakukan perawatan rutin di bengkel resmi.

Tingkatkan Bengkel Isuzu Berjalan

Seolah belum menyerah, Astra Isuzu pun terus meningkatkan pelayanannya dalam menarik minat para pengusaha atau pemilik mobil komersial. Salah satunya dengan menambah armada Bengkel Isuzu Berjalan (BIB).
ADVERTISEMENT
Di tahun 2019 ini, armada Bengkel Isuzu Berjalan sudah berjumlah 68 unit mobil dan 5 unit motor. Diharapkan dengan ditambahkannya armada BIB tersebut, dapat memberikan kemudahan layanan servis bagi pelanggan agar tidak perlu datang ke bengkel resmi Isuzu.
“Dengan kemudahan layanan, customer dapat melakukan servis tanpa perlu datang ke bengkel. Layanan BIB ini menjawab kebutuhan pelanggan yang berada pada daerah operasional yang jauh, seperti di daerah tambang,”ujar Anjar Kisworo, Service Department Head Astra Isuzu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan