Mobil Listrik Kia EV6 Segera Meluncur di Malaysia, Sekali Cas Bisa Tempuh 500 Km

16 Juni 2022 13:12
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Mobil Listrik Kia EV6. Foto: dok. Kia
zoom-in-whitePerbesar
Mobil Listrik Kia EV6. Foto: dok. Kia
Mobil listrik Kia EV6 dipastikan bakal segera meluncur di Malaysia. Kepastian rencana peluncuran itu terungkap setelah salah satu diler Kia di Malaysia menginformasikan mengenai spesifikasi dari saudara kembar Hyundai IONIQ 5 itu.
Berdasarkan informasi yang ada, Kia EV6 di Malaysia akan dipasarkan dalam 1 pilihan varian, yakni GT Line Long Range. Itu artinya, Kia EV6 di Malaysia akan hadir dalam varian teratas.
Dibangun di atas platform Electric Global Modular Platform (E-GMP) mobil listrik Kia EV6 ini memiliki tampilan yang ikonik dan futuristik sama seperti Hyundai IONIQ 5. Pada tampilan depannya, mobil ini mengadopsi lampu depan yang cantik dan dibuat menyipit pada bagian tengah.
Aspek aerodinamika nampaknya benar-benar ditonjolkan pada mobil listrik ini. Hal itu terlihat dari lekukan bodi pada bagian depan serta bagian buritannya. Lalu pada bagian belakang, mobil ini menampilkan desain lampu belakang yang unik dan dibuat memanjang hingga tersambung pada sisi samping.
Mobil Listrik Kia EV6. Foto: dok. Kia
zoom-in-whitePerbesar
Mobil Listrik Kia EV6. Foto: dok. Kia
Secara keseluruhan, Kia EV6 ini merupakan perpaduan sebuah crossover dengan fastback. Ini terlihat dari desain kaca belakangnya yang dibuat melandai seolah memberikan kesan aerodinamika yang sangat baik.
Adapun secara dimensi, Kia EV6 memiliki panjang 4.695 mm, lebar 1.890 mm, dan tinggi 1.550 mm. Bila dibandingkan dengan IONIQ 5, dimensi Kia EV6 sedikit lebih besar. Sebab untuk IONIQ 5, memiliki dimensi panjang 4.635 mm, lebar 1.890 mm, tinggi 1.605 mm dan jarak sumbu roda 3.000 mm.
Mobil Listrik Kia EV6. Foto: dok. Kia
zoom-in-whitePerbesar
Mobil Listrik Kia EV6. Foto: dok. Kia

Punya jarak tempuh 500 kilometer

Sesuai dengan varian yang ditawarkan, yakni GT Line Long Range, Kia EV6 dibekali dengan dua motor listrik yang mampu memuntahkan tenaga 321 dk dan torsi 605 Nm. Tenaga dan torsi itu selanjutnya disalurkan ke semua roda lui transmisi single speed.
Dengan spesifikasi yang dimilikinya, mobil listrik ini diklaim mampu melesat dari diam hingga kecepatan 100 km/jam dalam waktu 5,2 detik. Adapun kecepatan tertingginya mencapai 180 km/jam.
Selain memiliki jantung pacu yang mumpuni, mobil listrik ini juga dibekali dengan kapasitas baterai lithium-ion yang sangat besar, yaitu 77,4 kWh. Dengan kapasitas itu, Kia EV6 diklaim mampu melaju hingga 506 kilometer dalam kondisi baterai terisi penuh.
Mobil Listrik Kia EV6. Foto: dok. Kia
zoom-in-whitePerbesar
Mobil Listrik Kia EV6. Foto: dok. Kia
Lalu perihal pengisian baterainya, Kia EV6 di Malaysia memerlukan waktu pengisian 7 jam apabila menggunakan pengisian normal charging bertipe AC dengan daya 11 kW. Sementara bila menggunakan pengisian fast charging DC berdaya 350 kW, pengisiannya jauh lebih cepat, yakni hanya 18 menit.

Harga

Dengan berbagai keunggulan serta spesifikasi yang ditawarkan, Kia EV6 di Malaysia dijual dengan harga 300 ribu Ringgit atau setara Rp 1 miliaran.
Harga itu sudah termasuk dengan garansi kendaraan selama 5 tahun atau 150 ribu kilometer dan garansi baterai selama 7 tahun atau 150 ribu kilometer.
MPT
***