Otomotif
·
9 April 2021 15:29

Mobil Listrik Toyota Coms dan C+pod Belum Bisa Dibeli, Kenapa?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mobil Listrik Toyota Coms dan C+pod Belum Bisa Dibeli, Kenapa? (6747)
Mobil listrik Toyota Coms di Bali. Foto: dok. TAM
PT Toyota-Astra Motor (TAM) belum lama ini menghadirkan mobil listrik di Bali, sebagai bagian dari pengembangan studi layanan EV Smart Mobility yang dilakukan pabrikan.
ADVERTISEMENT
Ada 2 mobil listrik Toyota di sana, semuanya berdimensi mungil yang kabinnya muat 2-orang penumpang dewasa. Namanya Toyota C+pod dan Coms.
Mobil Listrik Toyota Coms dan C+pod Belum Bisa Dibeli, Kenapa? (6748)
Toyota COMS Foto: Dok. Istimewa
Wisatawan maupun masyarakat Bali bisa menggunakan kendaraan tersebut sebagai pendukung mobilitas sehari-hari, dengan skema sewa mulai Rp 50 ribu per jam lewat aplikasi mToyota dan Trac To Go.
Lalu berapa harga jualnya bagi masyarakat umumnya yang mau membeli dan memiliki C+pod maupun Coms? Pastinya menarik bisa jadi alternatif mobil perkotaan lebih ramah lingkungan tanpa emisi gas buang.
Namun sayangnya soal ini Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi Suwandy mengatakan dua-duanya belum dilepas ke pasaran sebagai produk yang dijual bebas.
"Saat ini masih fokus untuk penggunaan di Bali dulu, kami masih pelajari untuk ke depannya," terang Anton kepada kumparan beberapa waktu lalu.
ADVERTISEMENT
Tapi tidak menutup kemungkinan setelah program Toyota EV Smart Mobility usai, kemudian berdasarkan evaluasi banyak masyarakat yang menginginkan, Toyota bakal menjualnya. "Melalui program tersebut kami juga akan lihat bagaimana antusiasmenya," tambahnya.
Mobil Listrik Toyota Coms dan C+pod Belum Bisa Dibeli, Kenapa? (6749)
Toyota C+pod Foto: Dok. Istimewa

Spesifikasi Toyota Coms

Soal spesifikasinya Toyota Coms merupakan kendaraan listrik roda empat yang dirancang khusus pemakaian jarak dekat. Desainnya menonjolkan sisi kepraktisan dalam berkendara dan harganya berkisar Rp 146 jutaan.
Coms diproduksi oleh Toyota Auto Body, yang riset dan pengembangannya dilakukan di Jepang. Baterainya pakai jenis timbal asam konvensional, belum lithium ion seperti mobil listrik kebanyakan.
Mobil Listrik Toyota Coms dan C+pod Belum Bisa Dibeli, Kenapa? (6750)
Mobil listrik Toyota Coms di Bali. Foto: dok. TAM
Dalam sekali isi daya mampu menjangkau jarak hingga 50 km dengan kecepatan rata-rata 45 km/jam, sementara laju puncaknya bisa mencapai 60 km/jam.
Di atas kertas, motor listriknya menghasilkan tenaga 6,7 dk dan torsi puncak 40 Nm. Kabinnya hanya muat satu orang, yang sekaligus bertindak sebagai pengemudi.
ADVERTISEMENT

Spesifikasi Toyota C+pod

Nah beda dari Coms, Toyota C+pod mampu menampung 2 orang. Modelnya juga mungil serupa Smart EQ ForTWo. Di Jepang, mobil ini termasuk ultra kompak kei car yang dibanderol Rp 219 hingga Rp 233 juta.
Mobil Listrik Toyota Coms dan C+pod Belum Bisa Dibeli, Kenapa? (6751)
Mobil listrik Toyota Cpod di Bali. Foto: dok. TAM
Soal jantung mekanisnya dia lebih canggih dari model sebelumnya. Baterainya pakai lithium ion berkapasitas 1.500 Watt yang sanggup menjelajah hingga jarak 150 km dan kecepatan puncaknya dibatasi hingga 60 km/jam.
Motor listriknya memproduksi tenaga hingga 12,3 dk dan torsi maksimal 56 Nm.
Mobil Listrik Toyota Coms dan C+pod Belum Bisa Dibeli, Kenapa? (6752)
Toyota Cpod mobil listrik mungil harga Rp 200 jutaan. Foto: dok. Toyota
Boleh dibilang Toyota C+pod kecil-kecil cabai rawit. Walaupun bodinya kecil dan keseluruhan bodinya dibuat dari plastik, tapi sudah dilengkapi berbagai fitur keselamatan seperti pre-collision safety, yang mendeteksi pergerakan kendaraan, pejalan kaki, atau pesepeda.
ADVERTISEMENT
Ada juga intelligent clearance sonar yang dilengkapi parking support brakes, jadi ketika mundur dan sistem mendeteksi ada material yang mendekat, pengereman otomatis akan bekerja supaya menghindari tabrakan.