Otomotif
·
18 Agustus 2020 7:06

Mobil-mobil Tunggangan Presiden Jokowi, Kamu Suka yang Mana?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mobil-mobil Tunggangan Presiden Jokowi, Kamu Suka yang Mana? (2360)
Mobil yang membawa Presiden Joko Widodo melewati jalan berlumpur saat meninjau lokasi rencana ibu kota baru di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, hadir dengan mobil kepresidenan yang berbeda, pada upacara peringatan kemerdekaan yang ke-75 tahun di Istana Negara pada Senin (17/8).
ADVERTISEMENT
Bila sebelumnya Jokowi selalu menggunakan Mercedes-Benz S600 Guard atau S600 Pullman Guard, kali ini Jokowi justru lebih memilih memakai MPV premium, Toyota Alphard.
Terlihat pada video upacara 17 Agustus kemarin, Toyota Alphard berkelir hitam dengan nomor polisi Indonesia 1 dikawal ketat oleh rombongan pasukan pengamanan presiden (Paspampres) saat tiba di Istana Negara. Nampak pula 2 paspampres penembak jitu yang menggunakan sepeda motor mengawal di sisi kanan dan kiri mobil presiden.
Penggunaan Toyota Alphard sebagai mobil kepresidenan sendiri, sebenarnya bukan suatu hal yang baru. Sebelumnya, Jokowi juga sering menggunakan mobil tersebut saat kunjungan kerja atau berpergian dengan keluarganya.
Selain Toyota Alphard, Mercedes-Benz S600 Guard, dan S600 Pullman Guard, Jokowi juga diketahui pernah menggunakan mobil kepresidenan lainnya dalam beberapa kunjungan kerjanya. Berikut beberapa di antaranya.
ADVERTISEMENT

1. Mercedes-Benz S600 Guard

Mobil-mobil Tunggangan Presiden Jokowi, Kamu Suka yang Mana? (2361)
Mobil Presiden Indonesia. Foto: Muhammad Iqbal/kumparan
Sedan mewah berdarah Jerman ini merupakan mobil wajib kepresidenan yang paling sering digunakan oleh Jokowi. Mercedes-Benz S600 Guard ini sendiri sebenarnya merupakan warisan dari pendahulu Jokowi, yakni Presiden kelima Susilo Bambang Yudhoyono.
Menyoal spesifikasinya, S600 Guard ini dibekali dengan mesin bensin V12 BiTurbo berkapasitas 5.5 liter. Mesin itu menjanjikan tenaga 510 dk pada 5.000 rpm dan torsi 830 Nm pada rentan 1.800 rpm hingga 3.500 rpm.
Sebagai mobil dinas wajib kepresidenan, S600 Guard ini dilengkapi dengan bodi dan kaca anti peluru dan granat, run flat tyre, sistem pemadam otomatis, sistem udara segar darurat, panic alarm system, dan berbagai fitur pengamanan premium lainnya.

2. Mercedes-Benz S600 L Pullman Guard

Mobil-mobil Tunggangan Presiden Jokowi, Kamu Suka yang Mana? (2362)
Mobil Jokowi, Mercedes-Benz S600 Limousine Foto: Yudhistira Amran Saleh/kumparan
Selain memiliki S600 Guard, Jokowi juga diketahui memiliki mobil kepresidenan Mercedes-Benz lainnya, yakni S600 L Pullman Guard. Mengusung bodi yang lebih panjang atau limosin, membuat mobil ini menjadi jarang digunakan.
ADVERTISEMENT
Pada jantung pacunya, S600 L Pullman Guard punya spesifikasi mesin yang sama seperti S600 Guard, yakni mesin bensin V12 BiTurbo berkapasitas 5.5 liter. Tenaga yang dihasilkannya mencapai 510 dk pada 5.000 rpm dan torsi 830 Nm pada rentan 1.800 rpm hingga 3.500 rpm.
Tidak hanya punya spesifikasi mesin yang sama, kelengkapan keselamatan yang dimiliki mobil ini juga tidak jauh berbeda seperti S600 Guard, mulai dari bodi dan kaca anti peluru dan granat, sistem pemadam otomatis, sistem udara segar darurat, run flat tyre, hingga panic alarm system.

3. Toyota Alphard

Mobil-mobil Tunggangan Presiden Jokowi, Kamu Suka yang Mana? (2363)
Toyota Alphard Kepresidenan. Foto: dok. Youtube Sekretariat Presiden
Khusus mobil kepresidenan 1 ini baru saja digunakan oleh Jokowi pada upacara peringatan kemerdekaan yang ke 75 kemarin. Toyota Alphard ini juga sering digunakan Jokowi pada kunjungan kerja atau saat berpergian dengan keluarganya.
ADVERTISEMENT
Ya, kapasitasnya yang mampu menampung hingga 6 orang, membuat MPV premium ini cocok digunakan oleh Jokowi saat berpergian bersama keluarganya. Sebagai sebuah MPV premium, kemewahan dan kenyamanan yang ditawarkan mobil ini tentu sudah tidak perlu diragukan lagi.
Toyota Alphard sendiri dibekali dengan mesin bensin 4 silinder berkapasitas 3.5 liter yang mampu menyemburkan tenaga 271 dk pada 6.200 rpm dan torsi 340 Nm pada 4.700 rpm.

4. Toyota Land Cruiser

Mobil-mobil Tunggangan Presiden Jokowi, Kamu Suka yang Mana? (2364)
Mobil yang membawa Presiden Joko Widodo melewati jalan berlumpur saat meninjau lokasi rencana ibu kota baru di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Foto: Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden
Tidak hanya Toyota Alphard, Jokowi rupanya juga kerap menggunakan produk Toyota lainnya, yakni Land Cruiser pada beberapa kesempatan kunjungan kerjanya.
Terakhir, Jokowi terlihat menggunakan SUV tangguh dari Toyota itu pada kunjungan kerjanya ke calon ibukota baru Republik Indonesia, yakni Kalimantan Timur pada akhir 2019 lalu.
ADVERTISEMENT
Pemilihan Land Cruiser pada kunjungan kerjanya saat itu, terbilang sangat tepat. Medan jalan yang berlumpur dan sangat rusak, tentu membutuhkan sebuah SUV tangguh berpenggerak 4 roda.
Secara spesifikasi, Toyota Land Cruiser 200 full spec dibekali dengan mesin diesel V8 berkapasitas 4.5 liter. Mesin tersebut mampu menghempaskan tenaga hingga 232 dk pada 3.200 rpm dan torsi hingga 615 Nm pada putaran mesin 1.800 hingga 2.200 rpm.

5. Mercedes-Benz G-Class

Mobil-mobil Tunggangan Presiden Jokowi, Kamu Suka yang Mana? (2365)
Mercedes-Benz G-Class W463. Foto: dok. Wikimedia
Mercedes-Benz G-Class tipe G350 CDi rupanya juga pernah dipakai Jokowi sebagai mobil kepresidenannya. Mobil milik paspampres ini terakhir kali Jokowi gunakan pada 2016 lalu saat mengunjungi pembangunan jalan tol di Bandar Lampung.
Penggunaan SUV legendaris Mercedes-Benz ini tentu bukan tanpa sebab, kondisi jalan yang masih cenderung rusak tentu akan lebih nyaman bila presiden menggunakan mobil berjenis SUV.
ADVERTISEMENT
Mercy G-Class berkode bodi W463 itu dibekali dengan mesin turbodiesel V6 berkapasitas 3.0 liter. Mesin itu punya tenaga 221 dk pada 3.800 rpm dan torsi 540 Nm pada 1.600 hingga 2.400 rpm.

6. Volkswagen Caravelle

Mobil-mobil Tunggangan Presiden Jokowi, Kamu Suka yang Mana? (2366)
Ilustrasi Volkswagen Caravelle. Foto: dok. Wikimedia
Serupa seperti Mercy G-Class, Volkswagen Caravelle ini terakhir kali Jokowi gunakan juga pada 2016 lalu. Kala itu Jokowi terlihat menggunakan MPV premium berkelir hitam ini saat kunjungan ke kediaman Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor.
Selain digunakan oleh Jokowi, Caravelle juga pernah digunakan mantan wakil presiden Jusuf Kalla pada 2017 lalu saat berkunjung ke pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017.
Pada 2016 lalu, pihak istana kepresidenan memang melakukan pengadaan terhadap 10 unit Vw Caravelle untuk dioperasikan sebagai mobil operasional. MPV premium asal Jerman ini dibekali dengan mesin bensin turbocharger TSi berkapasitas 2.0 liter. Mesin itu menjanjikan tenaga 201 dk dan torsi 350 Nm.
ADVERTISEMENT
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
***
Saksikan video menarik di bawah ini.