Otomotif
·
19 Maret 2021 15:28

Modal Rp 5 Jutaan, Tampang Yamaha XSR 155 Dirombak Jadi BMW R nineT Racer

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Modal Rp 5 Jutaan, Tampang Yamaha XSR 155 Dirombak Jadi BMW R nineT Racer (115331)
Modifikasi Yamaha XSR 155 bergaya BMW R nineT Racer. Foto: Irvan Octria
Modifikasi Yamaha XSR 155 sudah banyak referensinya, tapi yang satu ini terbilang menarik. Selain hanya mengeluarkan dana minim, namun hasil ubahannya sukses menarik perhatian.
ADVERTISEMENT
Modalnya, menurut sang owner, Irvan Octria hanya berkisar Rp 5,5 juta. Tampilan XSR 155 sudah bisa menyerupai motor gede BMW R NineT Racer. Kepada kumparan dia mengatakan, fokus ubahannya memang hanya pada tampilan, terkhusus body part.
"Konsep ubahannya ke cafe racer fairing tapi lebih neo style. Tampilannya mengincar ke BMW R nineT Racer, karena itu jadi motor impian saya kemudian saya ambil ide desainnya dari situ," kata Irvan saat dihubungi belum lama ini.
Modal Rp 5 Jutaan, Tampang Yamaha XSR 155 Dirombak Jadi BMW R nineT Racer (115332)
Modifikasi Yamaha XSR 155 bergaya BMW R nineT Racer. Foto: Irvan Octria
Desain awal Tracker pada XSR 155 benar-benar dihilangkan, karena sekarang motornya sudah menganut body depan berjenis fairing. Nah, biar lebih kental aura cafe racer-nya, bagian belakang juga ditambah buntut tawon alias hornet.
Bagian setang juga kena ubah, jika tampilan standar menggunakan setang tinggi dan lebar, maka di motor milik Irvan ini menggunakan setang bermodel clip on alias jepit.
ADVERTISEMENT
"Bahan bodinya saya pilih pakai pelat galvanis. Ubahannya memang simpel sih, kayak lampu depan itu masih pakai original, dan tangki juga masih pakai bawaan," ungkapnya.
Modal Rp 5 Jutaan, Tampang Yamaha XSR 155 Dirombak Jadi BMW R nineT Racer (115333)
Modifikasi Yamaha XSR 155 bergaya BMW R nineT Racer. Foto: Irvan Octria
Menariknya untuk bagian bodi fairing depan dan hornet buntut belakang bisa dilepas pasang. Jadi pemilik bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.
Lebih lanjut, kata Irvan, untuk konstruksi sasis tak mengalami kustomisasi besar. MrX Garage, bengkel yang menangani motor ini hanya melakukan penambahan sasis belakang agar presisi saat pemasangan komponen hornet
Sementara kaki-kaki, baik haluan depan masih menggunakan upside down bawaan, serta lengan ayun dan monoshock di belakangnya juga masih mengusung komponen bawaan pabrik.
Oh iya, untuk meningkatkan tampilannya Irvan sengaja memasang decal sticker pada bagian fairing depan, tangki, hingga buntut. Detail nomor 57 juga semakin memperkuat kesan cafe racer-nya.
ADVERTISEMENT

Hanya 1,5 bulan

Modal Rp 5 Jutaan, Tampang Yamaha XSR 155 Dirombak Jadi BMW R nineT Racer (115334)
Modifikasi Yamaha XSR 155 bergaya BMW R nineT Racer. Foto: Irvan Octria
Bagi berminat menyulap Yamaha XSR 155 jadi ala-ala BMW R nineT Racer seperti kepunyaan Irvan, waktu pengerjaannya terbilang cepat yakni hanya 1,5 bulan saja.
Perlu dicatat, Rp 5,5 juta itu hanya untuk pembuatan body parts. Sementara jika ingin tampil 100 persen mirip, dana yang harus dikeluarkan adalah Rp 9 jutaan. Kamu akan mendapat ban besutan Battlax, knalpot aftermarket, dan beberapa part lainnya.
Bagaimana menurutmu modifikasi Yamaha XSR 155 ini, layak dijadikan referensi?