kumparan
Otomotif9 Juli 2018 18:28

Modifikasi Motor: Kawasaki KSR 110 Disulap Jadi Mini Tracker

Konten Redaksi kumparan
Kawasaki KSR 110 Mini Tracker
Kawasaki KSR 110 Mini Tracker (Foto: dok. Central Classic Custom)
Buat kamu pemilik motor trail dan sudah bosan dengan tampilannya yang itu-itu aja, aliran modifikasi motor yang satu ini bisa jadi alternatif. Sebuah motor trail besutan Kawasaki dimodif menjadi sebuah Tracker kekinian.
ADVERTISEMENT
Adalah Central Classic Custom yang menangani modifikasi motor ini. Bahannya menggunakan Kawasaki KSR 110, motor trail mungil legal street berkemampuan off-road ringan.
"Ini modifikasinya lebih condong ke arah Mini Tracker sih karena kebetulan motornya kan ceper ya makanya cocok aja kalau dijadikan Mini Tracker," ungkap Nola penggawa Central Classis Custom saat dihubungi kumparanOTO, Senin (9/7).
Adapun sesuai penuturannya, pemilik KSR ini bosan dengan desain jok dan segala aksesori yang menempel, untuk itu ia meminta Nola untuk mengkustomnya lebih segar mengikuti aliran modifikasi saat ini.
"Sebelumnya memang sering dipakai sama pemiliknya, cuma kurang sreg jok sama aksesorinya, makanya minta dimodifikasi, kemudian muncul ide Mini Tracker ini," tambah Nola.
Kawasaki KSR 110 Mini Tracker
Kawasaki KSR 110 Mini Tracker (Foto: dok. Central Classic Custom)
Bicara ubahan, Nola mengungkapkan baik jok, rangka, tangki bahan bakar, hingga spakbor diubah agar sesuai dengan motor Tracker. Menurutnya, komponen utama yang harus diubah adalah bagian rangka, apabila tetap menggunakan rangka bawaan, motor bertema Tracker akan sulit dibangun.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, Nola juga menjelaskan pengerjaannya memakan waktu 1,5 hingga 2 bulan, padahal dalam waktu 1 bulan sebenarnya sudah dapat selesai dikerjakan. Namun ramainya orderan modifikasi membuatnya harus berbagi waktu pengerjaan dengan motor lain.
Kawasaki KSR 110 Mini Tracker
Kawasaki KSR 110 Mini Tracker (Foto: dok. Central Classic Custom)
"Sebenarnya enggak ada kesulitan, cuma mungkin masalah waktu pengerjaan, bengkel juga lagi banyak kerjaan, jadi molor waktu pengerjaannya. Selebihnya kami kustom rangka, tangki sama spakbornya aja. Kalau ban, mesin, sama suspensi enggak diubah, itu suspensinya udah enak kok up side down, mau diganti pakai apa lagi ya kan," terangnya sambil tertawa.
Terakhir bicara biaya, Nola menuturkan untuk dana modifikasi dapat disesuaikan berdasarkan komponen yang dipakai. Sementara modifikasi motor ini total biaya yang dikerjakan cukup terjangkau berkisar Rp 6 hingga 8 juta,.
ADVERTISEMENT
"Biaya kisaran Rp 6-8 juta, bisa turun atau naik sedikit tergantung part yang dipakai bisa kelas middle atau high," tutup Nola.
Central Classic Custom Alamat: Jl. Bukit Cinere no. 58 Gandul-Depok (100 m setelah lampu merah perempatan Gandul ke arah Brigif) Telepon: 0812 8112 9347
Data modifikasi motor KSR 110 Mini Tracker: Rangka: Kustom handmade Tangki: Kustom handmade Spakbor: Kustom handmade Cover aki: Kustom handmade Headlamp: CB small grill Sen: CB 200 mini Stoplamp: CB dream
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan