Otomotif
·
26 Agustus 2020 7:57

Motor Bebek Bekas Makin Tak Dilirik, Harganya Terjun Bebas?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Motor Bebek Bekas Makin Tak Dilirik, Harganya Terjun Bebas?  (317446)
Honda Revo X Quantum Black Foto: AHM
Penjualan motor bebek bekas rupanya juga tak semanis versi barunya. Malah di bursa motor bekas, pamornya makin menurun dan terus pudar karena ragam motor matik berbanderol murah.
ADVERTISEMENT
Eko Cijantung, penggawa diler motor bekas Mega Motor di kawasan Pondok Labu, Jakarta Selatan mengatakan, dewasa ini sulit menjual roda dua bebek seken, karena sepi peminat.
Motor Bebek Bekas Makin Tak Dilirik, Harganya Terjun Bebas?  (317447)
Ragam motor Honda di Astra Auto Fest 2020 Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
"Dari sebelum (pandemi) corona sebenarnya sudah sepi. Bukannya enggak laku, lama aja lakunya makanya di sini enggak terlalu banyak stok motor bebek, paling ada Honda Revo, atau enggak dulu juga pernah ada Yamaha Jupiter sama Vega tapi ya sama (tidak cepat laku)," ujarnya saat berbincang dengan kumparan beberapa waktu lalu.
Motor Bebek Bekas Makin Tak Dilirik, Harganya Terjun Bebas?  (317448)
Bursa motor bekas di Condet, Jaktim. Foto: Ainul Qalbi/kumparan
Benar saja, saat kumparan berkunjung, dari ragam motor bekas yang ada, motor bebek yang tampak menghiasi barang dagangannya itu hanya Honda Revo Fit (Revo versi velg jari-jari). "Itu aja udah berbulan-bulan belum ada yang minat, karena kebanyakan sudah incarnya matik," tambahnya.
ADVERTISEMENT
Selain itu, ada pula satu unit motor ayam jago Suzuki Satria F150 bekas, yang katanya juga peminatnya makin berkurang.
Soal harga sebenarnya termasuk terjangkau. Motor rakitan 2017 tersebut dilego mulai dari Rp 6 jutaan. Namun sejak akhir 2019 kemarin motor belum ada pemilik barunya.
Motor Bebek Bekas Makin Tak Dilirik, Harganya Terjun Bebas?  (317449)
Tampilan warna baru Yamaha Jupiter Z1 Metalic Black. Foto: YIMM
Maka dari itu, Joko makin selektif untuk menerima motor bebek bekas yang dijual kepadanya. Paling tua umurnya 5 tahun (terhitung dari 2020) serta modelnya di pasaran masih banyak peminatnya atau tidak.
"Karena sepi kita belinya udah pasti rendah, kita kasih margin sedikit buat biaya perbaikan motor kalau ada. Kecuali kalau memang motor itu termasuk langka, kayak Jupiter MX yang lama, Honda Revo pertama itu kan langka, bisa kita terima tapi enggak semua," jelasnya lagi.
Motor Bebek Bekas Makin Tak Dilirik, Harganya Terjun Bebas?  (317450)
\ Yamaha Jupiter MX lansiran 2006. Foto: dok. Ari Soeta/acb_bdo

Tak lagi menyetok banyak motor bebek bekas

Supaya tetap bisa berjualan, Joko meramaikan barang dagangannya dengan motor bekas yang cepat laku, seperti Honda BeAT, Honda Vario, maupun Yamaha Mio. Semuanya dijual mulai dari Rp 7 sampai 14 jutaan tergantung kondisi dan tahun produksi.
Motor Bebek Bekas Makin Tak Dilirik, Harganya Terjun Bebas?  (317451)
Konsumen beli Honda Vario bekas. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Boleh dibilang jika bertandang ke Mega Motor, calon pembeli bisa dimanjakan dengan ragam Honda BeAT dari berbagai generasi, mulai dari BeAT berpengabutan karburator dengan bodi ramping sampai model all new dengan lampu LED.
ADVERTISEMENT
"Cuma menyiasati kondisi (pandemi corona) aja, karena beli motor bekas kredit itu susah sekarang, minimal sudah diangkat karyawan tetap. Makanya banyak yang ditolak, makanya kami jual motor yang laris manis dan pembelinya mampu bayar cash," pungkasnya.
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
***
Saksikan video menarik di bawah ini.