Otomotif
·
21 Agustus 2020 14:57

Motor Listrik Asal Korsel Bakal Diproduksi di Indonesia, Mulai Kapan?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Motor Listrik Asal Korsel Bakal Diproduksi di Indonesia, Mulai Kapan?  (336)
Motor Listrik MBI S. Foto: dok. Istimewa
Motor listrik asal Korea Selatan, MBI, yang akan dipasarkan di Indonesia pada Januari 2021 juga diproduksi di dalam negeri.
ADVERTISEMENT
Kepastian rencana produksi lokal MBI itu, disampaikan langsung oleh perwakilan PT Garda Digital Indonesia yang juga Ketua Presidium asosiasi pengemudi ojek online, Garda Indonesia, kepada kumparan belum lama ini.
Ini kan harganya masih tinggi CBU ya, nah penjajakan kita dibuat agar harganya bisa ditekan lebih murah, maka kita akan membuat rakitan CKD. Jadi nanti kita akan buka manufacturing untuk CKD nya," jelas Igun.
Meski telah mengkonfirmasi rencana produksi lokal motor listrik MBI, Igun mengaku belum bisa mengungkapkan di mana lokasi pabrik tersebut. Pun dengan waktu pelaksanaannya.
"Belum tahu nih mungkin antara Jawa Barat atau enggak Jawa Tengah nih," tambah Igun.
Motor Listrik Asal Korsel Bakal Diproduksi di Indonesia, Mulai Kapan?  (337)
Motor Listrik MBI S. Foto: dok. Istimewa
Hanya saja, pada tahap awal kehadirannya di Indonesia di awal Januari 2021 mendatang, Igun memastikan produk motor listrik MBI yang dihadirkan masih berstatus CBU. Sehingga secara harga yang ditawarkan pun masih sedikit mahal.
"Jadi nanti awal tahun (2021) itu kami akan masukkan dulu yang CBU untuk uji tipe di Kemenhub. Harapannya nanti di pertengahan 2021 sudah bisa mulai dipasarkan," ujar Igun.
Motor Listrik Asal Korsel Bakal Diproduksi di Indonesia, Mulai Kapan?  (338)
Motor Listrik MBI V Foto: dok. Istimewa

Langsung luncurkan 3 model motor listrik

Rencananya, pada tahap awal perkenalannya di Indonesia, MBI akan langsung meluncurkan 3 model motor listriknya, yakni MBI S yang memiliki tampilan seperti Yamaha NMax, MBI V yang serupa seperti Vespa, dan MBI X yang mirip dengan Honda Vario.
ADVERTISEMENT
"Betul ada 3 model, rencananya mau launching 3 sekaligus di Indonesia. Sekarang kami masih diskusi dengan partner lokal tentang assembling dan distribusinya juga," ucap Victor Lee, Manager Global Marketing MBI kepada kumparan.
Harga yang ditawarkan MBI pada 3 modelnya tersebut berkisar Rp 40 juta hingga Rp 50 juta.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)