Otomotif
·
20 April 2021 12:28

Motor Listrik Rp 300 Juta Asal Indonesia Ini Bisa Jadi Genset 3 Rumah

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Motor Listrik Rp 300 Juta Asal Indonesia Ini Bisa Jadi Genset 3 Rumah (171736)
searchPerbesar
Motor listrik Anubis Cruisercross. Foto: dok. Baran Energy
Motor listrik bergaya sport, Anubis Cruisercross garapan Baran Energy di BSD, Tangerang Selatan, punya salah satu fitur yang identik dengan mobil listrik asal Amerika Tesla. Ya, motor ini bisa jadi genset untuk menghidupkan listrik rumah ketika padam.
ADVERTISEMENT
CEO Baran Energy Victor Wirawan menyebutnya sebagai power home atau power wall, dan tak hanya bisa menopang satu rumah saja, tapi bisa sampai 3 rumah sekaligus.
"Dengan baterai yang ada di Anubis, bisa menghidupkan listrik rumah 3 hari 3 malam. Baterai power home yang kita pakai memang standarisasinya yang digunakan pada mobil Tesla," kata Victor kepada kumparan, belum lama ini.
Motor Listrik Rp 300 Juta Asal Indonesia Ini Bisa Jadi Genset 3 Rumah (171737)
searchPerbesar
Tampilan motor listrik Anubis Cruisercross. Foto: dok. Baran Energy
Secara harga, untuk penggunaan satu baterai pada motor listrik Anubis setidaknya mengeluarkan uang sekitar Rp 150 juta. Victor juga menjelaskan, rangkaian baterai menjadi power home di motor listriknya sama dengan Tesla Model 3, S, X, dan Y.
"3 rumah itu minimal punya daya listrik 450 watt. Jadi kita bilangnya bukan rumah yang cas motor, tapi motor yang cas rumahnya," ucapnya.
ADVERTISEMENT
Lebih lanjut, katanya, perangkat teknologi ini bisa dimanfaatkan, terutama untuk menampung energi yang dihasilkan oleh energi terbarukan, seperti energi yang bersumber dari matahari, angin, air dan lain-lain.

Bisa digeber sampai 220 km/jam!

Motor Listrik Rp 300 Juta Asal Indonesia Ini Bisa Jadi Genset 3 Rumah (171738)
searchPerbesar
Motor listrik Anubis Cruisercross. Foto: dok. Baran Energy
Motor ini dibenamkan baterai berkapasitas 8,3 kWH dengan on board charger 1,3 kW. Di mana dengan komposisi itu hanya butuh waktu 6,6 jam untuk mengisi baterai hingga penuh.
Motor ini diklaim bisa meraih kecepatan puncak hingga 220 kilometer per jam dan memiliki tenaga maksimal 54 dk serta torsi 92 Nm. Sementara untuk bobot totalnya adalah 173 kilogram.
Nah dalam keadaan baterai terisi penuh, Anubis disebutkan mampu menjelajah hingga 167 kilometer. Pemilik juga bisa memanfaatkan 2 power modes yakni Eco dan Sport agar sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.
Motor Listrik Rp 300 Juta Asal Indonesia Ini Bisa Jadi Genset 3 Rumah (171739)
searchPerbesar
Motor listrik Anubis Cruisercross. Foto: dok. Baran Energy
Sama seperti motor sport lainnya, Anubis juga dibekali dengan lampu full LED, suspensi depan upside down, pengereman ABS 2-channel, dan fitur lainnya.
ADVERTISEMENT
Adapun untuk harganya, motor ini dijual Rp 300 juta dan hanya tersedia sebanyak 50 unit saja. Dari keterangan Victor sudah ada 8 konsumen yang menyatakan minat ingin memiliki Anubis.