Otomotif
·
23 Februari 2021 18:00

Motor Listrik Yamaha E01 Siap Masuk Dapur Produksi, Performa Setara Motor 125 Cc

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Motor Listrik Yamaha E01 Siap Masuk Dapur Produksi, Performa Setara Motor 125 Cc (50672)
Purwarupa Yamaha E01. Foto: Visordown
Pabrikan roda dua asal Jepang, Yamaha akhirnya mematenkan motor listrik E01 yang pernah dipamerkan di gelaran Tokyo Motor Show 2019 lalu. Motor ini pun diisukan akan masuk jalur produksi dan bisa digunakan secara massal nanti.
ADVERTISEMENT
Mengutip Visordown, motor ini didaftarkan sebagai merek skuter baru Yamaha di European Union Intellectual Property Office (EUIPO). Per 17 Mei 2021, detail nama E01 akan dipakai menjadi motor bebas polusi dari Yamaha.
Pengajuan paten ini sudah diterbitkan sejak 15 Februari 2021 dan akan memberikan tenggang waktu sampai 3 bulan. Jika dalam waktu tersebut tak ada pihak yang merasa keberatan, maka hak atas desain dan penampilan dari Yamaha E01 kan dilindungi dari plagiat.
Motor Listrik Yamaha E01 Siap Masuk Dapur Produksi, Performa Setara Motor 125 Cc (50673)
Tampilan depan Motor Listrik Yamaha E01 Foto: Ghulam M Nayazri
Sebelumnya, di gelaran TMS 2019, Yamaha E01 sedikit punya kemiripan dengan NMax. Hanya saja, karena memang motor konsep tampilan dan bentuknya sangat kental dengan desain futuristik.
Misalnya dari bagian muka sampai ke buritan serba lancip dan dipadukan dengan lekuk bodi yang gambot. Pada bagian kaki-kaki juga terlihat bongsor khususnya di bagian roda belakang, karena sudah mengusung swing arm dan juga suspensi monoshock.
ADVERTISEMENT

Patenkan juga motor listrik Yamaha EC-05

Motor Listrik Yamaha E01 Siap Masuk Dapur Produksi, Performa Setara Motor 125 Cc (50674)
Motor Listrik Yamaha E01 Foto: Ghulam M Nayazri
Bukan cuma Yamaha E01 saja yang pabrikan patenkan, Yamaha juga mengajukan hak paten nama EC-05. Motor ini tetap berteknologi listrik namun punya keunggulan bisa melakukan swap baterai sehingga lebih memudahkan penggunanya kelak.
Pihak Yamaha menyebutkan, bahwa motor tersebut membawa kepraktisan melebihi skuter mesin pembakaran internal dengan pengisian daya yang cepat.

Berapa harganya?

Motor Listrik Yamaha E01 Siap Masuk Dapur Produksi, Performa Setara Motor 125 Cc (50675)
Motor Listrik Yamaha E01 Foto: Ghulam Z Nayazri
Bicara soal harga, tentu kedua motor listrik kepunyaan Yamaha ini masih cukup jauh untuk diterka banderolnya. Ya, secara spesifikasi pabrikan belum mengumbar informasi resminya.
Sama halnya juga dengan waktu peluncuran secara global, pabrikan masih tutup informasi kapan waktu pastinya motor ini akan diluncurkan.
Motor Listrik Yamaha E01 Siap Masuk Dapur Produksi, Performa Setara Motor 125 Cc (50676)
Uji coba motor listrik Yamaha Foto: Gesit Prayogi/kumparan
Di Indonesia sendiri, Yamaha sudah unjuk gigi kendaraan elektrifikasi lewat E-Vino yang pertama kali diperkenalkan pada 2017 lalu. Namun, sampai saat ini mereka belum resmi menjual dan masih beralasan melakukan riset.
ADVERTISEMENT
Saat itu, kata mereka, Yamaha masih butuh waktu untuk benar-benar melepasnya ke pasar Indonesia. Meski payung kendaraan listrik sudah ada, Yamaha menilai masih perlu mempelajari konsumen.