Otomotif
·
23 Februari 2021 9:05

Motor yang Terendam Banjir Wajib Kuras Tangki, Ini Kisaran Biayanya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Motor yang Terendam Banjir Wajib Kuras Tangki, Ini Kisaran Biayanya (335304)
searchPerbesar
Ilustrasi motor terendam banjir. Foto: Gerald Herbert/AP Photo
Banjir di DKI Jakarta dan sekitarnya pada Sabu lalu (20/2) menyebabkan kendaraan khususnya sepeda motor terendam dan tak sempat diselamatkan pemiliknya.
ADVERTISEMENT
Sebagai antisipasi kerusakan lebih fatal, pemilik disarankan jangan coba-coba menyalakan mesin motor. Musababnya potensi air masuk ke ruang mesin sangat besar terjadi.
Sebelumnya, Senior Technical Advisor PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Slamet Kasianom sudah memberikan cara mandiri untuk penanganan motor yang terendam, yakni dengan mengganti oli sebanyak 3 kali selama 3 hari berturut-turut.
Motor yang Terendam Banjir Wajib Kuras Tangki, Ini Kisaran Biayanya (335305)
searchPerbesar
Tutup tangki bensin all new Yamaha Aerox. Foto: Bangkit Jaya/kumparan
Nah, untuk kasus motor yang terendam hingga melebihi tangki BBM, Slamet juga menyarankan untuk segera melakukan tindakan kuras tangki BBM. Mengingat air bisa masuk lewat celah lubang hawa di tutup tangki, sehingga ada potensi tangki BBM kemasukan air.
"Di tutup tangki ada lubang udara, ketika air masuk lewat situ berarti bensin sudah tercampur dengan air. Motor harus dilakukan kuras tangki," kata Slamet saat dihubungi kumparan, Senin (22/2).
Motor yang Terendam Banjir Wajib Kuras Tangki, Ini Kisaran Biayanya (335306)
searchPerbesar
Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) menuntun sepeda motor ketika banjir menggenangi kawasan Jakarta Selatan. Foto: M Risyal Hidayat/ANTARA FOTO
Air yang masuk ke dalam dalam tangki akan tersedot oleh fuel pump, hal ini lah yang membuat motor akan sulit dinyalakan. Selain itu, dalam kasus tertentu, bisa saja menimbulkan karat pada bagian dalam tangki.
ADVERTISEMENT
"Gejalanya selain tidak menyala adalah brebet. Jika dipaksakan dan masuk ke dalam saringan silinder fuel pump, air pasti akan masuk ke ruang bakar. Selama motor tidak nyala, dia enggak akan masuk," imbuhnya.

Biaya dan lama pengerjaan

Motor yang Terendam Banjir Wajib Kuras Tangki, Ini Kisaran Biayanya (335307)
searchPerbesar
Tangki BBM motor matik Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Untuk tindakan kuras tangki BBM, Slamet mengimbau pemilik menggunakan jasa bengkel resmi. Nah, untuk biayanya juga terbilang terjangkau hanya Rp 45 ribu.
"Sekitar Rp 45 ribu sudah termasuk bersih-bersih injektor fuel pump. Motor matik atau sport kira-kira sama biayanya," pungkasnya.
Sementara untuk lama pengerjaan, jika kondisi tangki BBM tak terlalu parah bisa diselesaikan kurang dari 1 jam saja.