Otomotif
·
27 Januari 2021 19:09

Mudah, Begini Cara Perpanjang STNK Online

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mudah, Begini Cara Perpanjang STNK Online (149173)
Ilustrasi STNK Foto: Aprilandika Pratama/kumparan
Melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor atau perpanjang STNK tahunan kini banyak caranya. Selain datang langsung ke kantor Samsat atau Samsat Keliling, pemilik mobil dan motor kini juga bisa memanfaatkan beberapa layanan perpanjangan STNK berbasis online.
ADVERTISEMENT
Tercatat ada 4 layanan perpanjangan STNK berbasis online, yaitu Samolnas, Si-Ondel, aplikasi Gojek, dan e-Samsat via Bank. Nah bagi Anda yang saat ini berencana melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui salah satu dari 4 cara tersebut, berikut kumparan sajikan panduannya.

Samolnas

Mudah, Begini Cara Perpanjang STNK Online (149174)
Ilustrasi Samolnas Foto: dok. Istimewa
Pilihan layanan pembayaran pajak online pertama yaitu melalui Samolnas atau Samsat Online Nasional. Dengan menggunakan aplikasi Samolnas, Anda tak perlu lagi repot mengantre di kantor Samsat atau Samsat Keliling dan bisa menggunakannya dari mana saja dan kapan saja.
Berikut caranya:
  • Unduh aplikasi Samolnas, saat ini baru tersedia di Google Play Store
  • Buka aplikasi dan akan muncul halaman awal aplikasi, lalu tekan Mulai
  • Ketika sudah muncul halaman menu utama, pilih Pendaftaran
  • Selanjutnya akan muncul halaman persetujuan dan pilih Setuju.
  • Berikutnya isi formulir pendaftaran yang merupakan identitas kendaraan, pemilik kendaraan wajib mengisi data nomor polisi kendaraan, NIK sesuai data kepemilikan kendaraan, 5 digit terakhir nomor rangka kendaraan, nomor handphone, dan alamat email aktif
  • Bila semua sudah terisi, selanjutnya pilih Lanjutkan
  • Setelah itu, sistem akan melakukan verifikasi data, apabila seluruh data telah dinyatakan valid, maka sistem akan menampilkan data lengkap kendaraan beserta besaran tagihan pajak kendaraan bermotor
  • Jika seluruh data dan tagihan telah sesuai, maka pilih Setuju, selanjutnya sistem akan memberikan kode bayar yang dapat Anda gunakan untuk membayar di ATM atau melalui mobile banking
  • Terakhir apabila pembayaran telah dilakukan, sistem akan memberikan softcopy Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (TBPKP) dan stiker pengesahan STNK, sementara untuk hardcopy dari dokumen tersebut akan dikirimkan ke alamat yang tadi telah Anda isi maksimal 3 hari setelah pembayaran.
  • Meski layanan Samolnas dinilai efisien dan memudahkan pengguna kendaraan bermotor, sayangnya layanan tersebut sedang tidak bisa digunakan sejak pertengahan tahun 2020 lalu.
ADVERTISEMENT

Si-Ondel

Mudah, Begini Cara Perpanjang STNK Online (149175)
Layanan online pembayaran pajak kendaraan bermotor Si-Ondel. Foto: dok. Si-Ondel
Layanan pembayaran pajak secara online berikutnya yang bisa Anda gunakan, yakni aplikasi Si-Ondel. Ini merupakan layanan aplikasi pembayaran pajak milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.
Bagi Anda warga DKI Jakarta yang ingin memanfaatkan layanan aplikasi ini, berikut kumparan sajikan panduan singkatnya.
  • Unduh aplikasi JakOne Mobile
  • Pilih layanan E-Samsat Si-Ondel
  • Masukkan data kendaraan yang akan dibayar pajaknya beserta data pemilik kendaraan sesuai STNK
  • Sistem akan melakukan validasi data
  • Apabila seluruh data telah sesuai, maka Anda bisa lakukan pembayaran melalui ATM atau mobile banking
  • Setelah pembayaran dilakukan, sistem akan mengirimkan kode verifikasi
  • Berikutnya Anda akan diminta mengunduh aplikasi Si-Ondel dan masukkan kode verifikasi yang sebelumnya telah Anda miliki
  • Pilih lokasi kantor Samsat terdekat dari Anda
  • Pilih menu delivery dan pilih get driver
  • Selanjutnya stiker lembar pengesahan STNK beserta Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (TBPKP) pun akan dikirimkan oleh kurir Si-Ondel
ADVERTISEMENT

Aplikasi Gojek

Mudah, Begini Cara Perpanjang STNK Online (149176)
Gojek luncurkan aplikasi bayar pajak kendaraan secara online. Foto: Gojek
Perpanjangan STNK secara online berikutnya yang bisa dimanfaatkan, yakni melalui aplikasi Gojek. Cara ini juga cukup memudahkan para pemilik kendaraan bermotor.
Mereka tak perlu repot datang ke kantor Samsat, dan bisa membayarkannya dari mana saja dan kapan saja. Sayangnya, layanan melalui aplikasi Gojek ini baru bisa digunakan untuk wilayah DKI Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan Depok.
Menyoal cara penggunaannya, pertama Anda harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi Gojek, setelah itu pilihlah layanan Go Service. Bila sudah pilihlah layanan perpanjangan STNK. Selanjutnya kurir dari layanan Go Service akan melakukan penjemputan dokumen dan melakukan pengurusan di kantor Samsat.
Untuk pembayarannya, Anda bisa menggunakan layanan dompet digital milik Gojek, yaitu GoPay.

E-Samsat via Bank

Mudah, Begini Cara Perpanjang STNK Online (149177)
Layanan pembayaran pajak E-Samsat via Bank. dok. Instagram Humas Pajak Jakarta
Terakhir layanan perpanjangan STNK secara online yang bisa digunakan pemilik kendaraan bermotor, yakni melalui Bank. Untuk warga DKI Jakarta, ada 6 bank yang bisa Anda gunakan, yaitu Bank DKI, Bank BRI, Bank BNI, Bank BTN, Bank Bukopin dan Maybank.
ADVERTISEMENT
Untuk mekanisme pembayarannya pun beraneka macam, ada yang bisa melalui ATM, internet banking, atau mobile banking. Nantinya, bagi Anda yang telah melakukan pembayaran dan mendapatkan bukti pembayaran, disarankan untuk menyimpan bukti pembayaran tersebut.
Sebab, bukti pembayaran itu akan dimanfaatkan sebagai alat tukar untuk Anda mendapatkan pengesahan dan lembar pajak baru pada STNK di kantor Samsat.
***