Otomotif
·
9 Maret 2021 14:26

New Mazda CX-5 GT dan CX-9 AWD Mengaspal, Dapat Fitur Penghemat BBM

Konten ini diproduksi oleh kumparan
New Mazda CX-5 GT dan CX-9 AWD Mengaspal, Dapat Fitur Penghemat BBM (20657)
searchPerbesar
Mazda CX-5. dok EMI
PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) sebagai distributor resmi Mazda, merilis new CX-5 GT dan new CX-9 AWD. Dua model itu mendapat penyegaran untuk memperkuat sektor performa dan kenyamanan.
ADVERTISEMENT
Managing Director PT EMI, Ricky Thio mengungkapkan, kehadiran dua model anyar tersebut sebagai upaya menstimulus pasar yang masih lesu didera pandemi.
"Dengan beberapa poin pembaruan telah kami berikan agar tetap menjadi pilihan terbaik bagi pecinta SUV Mazda di tanah air," jelasnya dalam peluncuran secara virtual, Selasa (9/3).
New Mazda CX-5 GT dan CX-9 AWD Mengaspal, Dapat Fitur Penghemat BBM (20658)
searchPerbesar
Interior Mazda CX-5. dok. EMI

Lalu apa saja yang berubah pada Mazda CX-5 GT dan CX-9 AWD terbaru ini?

New Mazda CX-5 GT

Pertama dari CX-5 GT terbaru, Mazda membenamkan teknologi anyar pada jantung mekanisnya yang disebut cylinder deactivation. Product Planner PT EMI, Kenny Wala menyebut fungsinya mampu mematikan 2 silinder di dalam mesin, saat berkendara ringan.
"Dengan kecepatan di atas 60 km/jam secara konstan di jalan bebas hambatan, yang tujuannya mengurangi konsumsi BBM," katanya.
New Mazda CX-5 GT dan CX-9 AWD Mengaspal, Dapat Fitur Penghemat BBM (20659)
searchPerbesar
Teknologi cylinder deactivation Mazda. Foto: dok. EMI
Penyematan teknologi pada jeroan mesin SkyActiv-G 2.5 4-silinder DOHC itu, juga membuat keluaran dayanya bertambah. Semula 190 dk menjadi 194 dk pada 6.000 rpm dan torsinya membengkak menjadi 258 Nm di 4.000 rpm yang awalnya 252 Nm.
ADVERTISEMENT
Seluruh daya maksimumnya itu diteruskan ke penggerak roda depan melalui transmisi matik 6-percepatan.
New Mazda CX-5 GT dan CX-9 AWD Mengaspal, Dapat Fitur Penghemat BBM (20660)
searchPerbesar
Mazda CX-5. dok. EMI
Tak cukup dengan peningkatan performa. Mazda juga menyuguhkan medium SUV terlarisnya itu dengan penambahan fitur pendongkrak kenyamanan.
Dari dalam kabin semua penumpangnya bisa merasakan kekedapan kabin yang lebih prima, wireless charger, head unit 8 inci dengan koneksi nirkabel, sistem audio buatan Bose, dan lampu interior yang sudah LED.
Khusus pengemudinya bisa merasakan nuansa dashboard baru metal wood trim, remote key baru, Active Driving Display, dan panel instrumen TFT 7 inci yang makin atraktif.
New Mazda CX-5 GT dan CX-9 AWD Mengaspal, Dapat Fitur Penghemat BBM (20661)
searchPerbesar
New Mazda CX-5 GT Foto: dok. EMI
Sedangkan dari eksterior, Mazda membenamkan velg 19 inci baru kelir silver gelap, ditambah lampu utama adaptif yang berguna membantu menerangi median jalan yang gelap ketika menikung. Selebihnya, ada fitur keselamatan berupa Blind Spot Monitoring dan Rear Cross Traffic Alert.
ADVERTISEMENT
Semua ubahan pada mobil baru new Mazda CX-5 GT tersebut bisa didapatkan dengan harga Rp 555,8 juta OTR Jakarta. EMI menargetkan new Mazda CX-5 GT ini terjual 150 unit tiap bulannya.

New Mazda CX-9 AWD

Pada kesempatan yang sama, EMI juga merilis new Mazda CX-9. Revisinya tak begitu banyak, namun ini dilakukan sebagai upaya SUV 7-penumpang ini tetap kompetitif.
New Mazda CX-5 GT dan CX-9 AWD Mengaspal, Dapat Fitur Penghemat BBM (20662)
searchPerbesar
New Mazda CX-9 AWD. dok EMI
Yang berubah pertama ada pada desain grille, yang disebutkan bilah horizontalnya lebih besar dan mencirikan SUV yang tangguh. Masih dari luar, ada penyematan velg 20 inci yang juga punya desain baru. Penyempurnaan tampilan dilakukan dengan menambahkan lubang knalpot yang lebih besar.
Adapun dari dalam, jenama Jepang ini membubuhkan paddle shift baru, charger wireless, juga koneksi Apple CarPlay nirkabel. Tersemat juga spion tengah frameless, sistem audio besutan Bose dengan 12 speaker, dan motif karbon baru di dashboard.
New Mazda CX-5 GT dan CX-9 AWD Mengaspal, Dapat Fitur Penghemat BBM (20663)
searchPerbesar
Interior new Mazda CX-9 AWD. dok EMI
Urusan fitur dan dapur pacu SUV full-size ini tak berubah. Masih mesin bensin 2.500 cc dengan turbocharged bertenaga 231 dk pada 5.000 rpm dan torsi puncak 420 Nm pada 2.000 rpm, yang dikawinkan pada transmisi matik 6-percepatan dan disalurkan pada semua roda.
ADVERTISEMENT
"New Mazda CX-9 AWD ini tetap memiliki i-Activsense mulai dari Adaptive Headlamp, Blind Spot Monitoring, Rear Cross Traffic Alert, Lane Keep Assist, Lane Departure Warning, dan Smart City Brake Support," tambah Kenny.
New Mazda CX-5 GT dan CX-9 AWD Mengaspal, Dapat Fitur Penghemat BBM (20664)
searchPerbesar
New Mazda CX-9 AWD. dok EMI
EMI membanderol new Mazda CX-9 AWD Rp 998,8 juta OTR Jakarta dengan target penjualan 20 unit per bulan. Adapun versi Mazda CX-9 FWD dengan penambahan koneksi nirkabel dan paddle shift baru harganya Rp 869,9 juta.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020