Otomotif
·
28 November 2020 17:01

Nissan Note e-Power Baru Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harganya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Nissan Note e-Power Baru Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harganya (66143)
searchPerbesar
Nissan Note e-Power. Foto: dok. Nissan
Nissan Note terbaru resmi diperkenalkan secara global beberapa waktu lalu. Ini merupakan generasi ketiga sejak pertama kali diperkenalkan Nissan pada 2004 lalu.
ADVERTISEMENT
Mobil berteknologi hybrid e-Power ini penting bagi eksistensi Nissan Bahkan disebut memiliki peranan kunci, dalam rencana transformasi bisnis global Nissan ke depannya.
“Bersama Note baru ini, kami ingin membawa kegembiraan e-Power ke lebih banyak pelanggan. Dengan mencoba langsung, Anda bisa tahu kenapa e-Power diterima baik oleh pelanggan," ucap Ashwani Gupta, Chief Operating Officer Nissan seperti dikutip dalam rilis resminya.
Produk ini juga dianggap mempermulus dalam mencapai target penjualan 1 juta mobil elektrifikasi pada 2023 mendatang. Hingga 2020 ini, penjualannya baru mencapai 430 ribu unit.
Nissan Note e-Power Baru Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harganya (66144)
searchPerbesar
Nisan Note e-Power. Foto: dok. Nissan

Tampilan luar Nissan Note

Dibangun di atas platform yang benar-benar baru, Nissan Note ini terlihat tampil lebih modern, futuristik, dan stylish.
Sektor depan, Nissan Note hadir dengan grille terbaru ala V-Motion yang sudah jadi ciri khas mobil-mobil Nissan masa kini. Desain grille itu terlihat berpadu serasi dengan lampu depan LED proyektor yang minimalis dan elegan.
ADVERTISEMENT
Ada juga lubang udara di sisi kanan dan kiri bumper, serta lips bumper hitam di bagian bawahnya. Geser ke sisi samping, Nissan Note ini hadir dengan sentuhan warna 2 nada.
Nissan Note e-Power Baru Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harganya (66145)
searchPerbesar
Nissan Note e-Power. Foto: dok. Nissan
Kemudian tersemat velg berukuran 16 inci yang punya desain layaknya velg mobil listrik yang modern. Sekilas, Nissan Note serupa dengan Yaris baru yang meluncur di Tokyo Motor Show 2020, utamanya pada kombinasi warna 2 nada dan desain lampu belakang.

Interior yang sederhana namun sarat teknologi canggih

Masuk ke bagian dalamnya, Nissan Note ini memang menampilkan desain interior yang simpel dan sederhana. Pada bagian dasbornya, terpampang layar instrumen digital yang cukup besar.
Tersemat juga head unit layar sentuh model floating, mengakomodasi fitur hiburan, konektivitas, sampai menyediakan sistem navigasi dan informasi menyoal kondisi kendaraan.
Nissan Note e-Power Baru Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harganya (66146)
searchPerbesar
Interior Nissan Note e-Power. Foto: dok. Nissan
Pada bagian bawahnya terdapat kisi AC dengan pengaturan digital. Kemudian ada soket 12 volt, 2 port USB, serta pengisian daya smartphone secara wireless di bagian bawahnya.
ADVERTISEMENT
Desain setirnya sendiri tak ada yang istimewa. Tetap menggunakan setir palang 3 dengan pengaturan audio di sisi kiri dan cruise control di sisi kanan.
Nissan Note e-Power Baru Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harganya (66147)
searchPerbesar
Interior Nissan Note e-Power. Foto: dok. Nissan
Pembaruan lain yaitu tuas transmisi otomatik dengan gaya simpel dan mudah dioperasikan. Ada juga hand rest berukuran besar dan panjang di bagian konsol tengah.
Tak hanya dasbor, desain jok model 'Zero Gravity' dari Nissan Note e-Power ini juga terlihat sama sederhananya. Menggunakan bahan fabric, jok ini punya warna abu-abu.

Fitur Nissan Note

Nissan Tak lupa menyematkan ragam fitur unggulan di mobil ini. Berikut lengkapnya.
  • Kamera parkir 360 derajat
  • ProPilot dengan Navi-link
  • Wireless charging
  • Keyless entry
  • Engine start stop button
  • Steering audio control
  • Electric parking brake
Nissan Note e-Power Baru Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harganya (66148)
searchPerbesar
Nissan Note e-Power. Foto: dok. Nissan
Sementara untuk deretan fitur keselamatan yang ada di mobil ini belum diketahui. Pun dengan keberadaan fitur Nissan Intelligent Mobility.
ADVERTISEMENT

Gunakan teknologi e-Power generasi kedua

Urusan dapur pacunya, Nissan Note ini dibekali dengan teknologi e-Power generasi kedua yang telah menggunakan motor listrik dan inverter baru.
Pada motor listrik, ada kenaikan torsi sebesar 10 persen dan tenaga sebesar 6 persen. Dan membuat akselerasi awal diklaim jauh lebih responsif dan bertenaga.
"Teknologi e-Power baru ini menawarkan akselerasi linier yang menggembirakan dan unik untuk penggerak motor listrik 100%, tetapi tanpa batasan pengisian baterai. Ini adalah kekuatan e-POWER,” terang Ashwani.
Nissan Note e-Power Baru Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harganya (66149)
searchPerbesar
Nissan Note e-Power. Foto: dok. Nissan
Sementara pada inverter barunya, kini 40 persen lebih kecil dan 30 persen lebih ringan, sehingga akan jauh lebih efisien dalam konsumsi baterai dan bahan bakarnya. Tak hanya itu, konsumsi baterai dari mobil ini pun diklaim jauh lebih hemat dibandingkan pendahulunya.
ADVERTISEMENT
Bicara soal spesifikasi lengkapnya, sebenarnya mobil ini masih memiliki spesifikasi yang sama seperti sebelumnya, yakni mesin bensin berkapasitas 1.2 liter yang berfungsi sebagai generator untuk menggerakkan motor listriknya,
Mesin bensin dan motor listrik itu selanjutnya dipadukan dengan baterai lithium-ion, yang sayangnya tak diinfokan berapa kapasitasnya. Pun untuk tenaga dan torsi yang dihasilkan sistem e-Power ini.
Namun, berdasarkan beberapa bocoran yang ada, tenaganya mencapai 114 dk dan torsi puncaknya 280 Nm.
Nissan Note e-Power Baru Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harganya (66150)
searchPerbesar
Nissan Note e-Power. Foto: dok. Nissan

Harga Nissan Note e-Power

Rencananya, Nissan Note e-Power ini akan mulai dipasarkan di Jepang dan beberapa negara lainnya, mulai 23 Desember mendatang dengan 13 pilihan warna yang ditawarkan.
Harganya sendiri dimulai dari 2.029.500 Yen atau setara Rp 275 jutaan untuk varian S, lalu 2.054.800 Yen atau setara Rp 278,5 jutaan pada varian F, dan 2.186.800 Yen atau setara Rp 296,4 jutaan untuk varian X.
ADVERTISEMENT
Selain tersedia pilihan model hybrid e-Power, Nissan memastikan juga akan memperkenalkan versi listrik murninya yang menggunakan sistem penggerak 4 roda. Model ini akan diperkenalkan pada Desember mendatang.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)