Otomotif
·
11 Januari 2021 19:11

NIU Punya Motor Sport Listrik Sekelas Ninja 250, Kapan Masuk Indonesia?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
NIU Punya Motor Sport Listrik Sekelas Ninja 250, Kapan Masuk Indonesia?  (411745)
Motor listrik sport NIU RQ-i GT. Foto: motorcycleshippers
Produsen motor listrik di Indonesia semakin ramai, salah satu pemain barunya adalah NIU asal China. Merek motor ini juga sudah banyak digunakan untuk konsumen pasar eropa.
ADVERTISEMENT
PT Moove Motor Asia (MMA) sebagai authorized dealer NIU di Indonesia baru meniagakan beberapa varian motor listriknya seperti NGT, NLite, Gova03, dan NQi Sport.
Ternyata tak cuma punya varian skuter, NIU global juga memiliki varian motor sport berteknologi listrik yakni NIU RQi-GT. Motor ini memang baru berupa konsep dan diperkenalkan pertama kali pada 2019 lalu.
NIU Punya Motor Sport Listrik Sekelas Ninja 250, Kapan Masuk Indonesia?  (411746)
Motor listrik sport NIU RQ-i GT. Foto: motorcycleshippers
Pertanyaannya, mungkinkah NIU Indonesia buat gebrakan dengan menghadirkan motor listrik tipe sport untuk pasar domestik? Mengingat saat ini para produsen motor ramah lingkungan masih menawarkan tipe skuter saja.
General Manager PT MMA, Devita Purnamasari mengatakan, hingga saat ini mereka masih fokus untuk meniagakan NIU model skuter. Dia juga mengatakan RQi-GT masih dalam tahap pengembangan.
"Untuk saat ini pasar Indonesia masih model skuter. Lalu untuk tipe sport sendiri sebenarnya di akhir 2019 di EICMA diluncurkan model sport NIU, tapi memang masih prototipe dan katanya tahun kemarin sudah development untuk produk massal," kata Devita dalam sesi konferensi pers virtual belum lama ini.
NIU Punya Motor Sport Listrik Sekelas Ninja 250, Kapan Masuk Indonesia?  (411747)
Motor listrik sport NIU RQ-i GT. Foto: motorcycleshippers
Memasukkan tipe sport listrik, lanjut dia, masih akan dipertimbangkan apakah memang cocok untuk konsumen di sini. "Belum ada isu apakah akan didatangkan untuk Indonesia, ditunggu saja ya akan jadi kejutan," katanya.
ADVERTISEMENT

Spesifikasi NIU RQi-GT

NIU Punya Motor Sport Listrik Sekelas Ninja 250, Kapan Masuk Indonesia?  (411748)
Motor listrik sport NIU RQ-i GT. Foto: motorcycleshippers
Secara desain, motor listrik ini mengusung gaya naked sport. Desainnya sederhana tapi kuat sentuhan dan detail futuristik.
Soal performa, motor ini dibekali dua baterai sekaligus berdaya 7 kWh. Jarak tempuhnya diklaim mampu mencapai 129 kilometer dalam sekali pengisian penuh.
Klaimnya motor ini memiliki tenaga maksimal 40 daya kuda atau lebih besar 2 daya kuda dari Kawasaki Ninja 250 2-silinder. Kecepatan puncaknya mampu digeber hingga 161 km/jam.
NIU Punya Motor Sport Listrik Sekelas Ninja 250, Kapan Masuk Indonesia?  (411749)
Motor listrik sport NIU RQ-i GT. Foto: motorcycleshippers
Adapun untuk rancang bangun, belum diketahui menggunakan sasis model apa. Namun, untuk bagian kaki-kaki, pada haluan depan menggunakan jenis upsidedown, sementara di belakang mengaplikasikan monoshock. Kemudian untuk penghenti laju, baik pada bagian depan dan belakang menggunakan sistem pengereman premium dari Brembo.
ADVERTISEMENT
Sayangnya belum ada juga informasi resmi menyoal harga jualnya. Menarik jika motor ini dijual di Indonesia, bisa dibilang nantinya NIU menjadi benchmark merek motor listrik yang lain.