Otomotif
·
12 Oktober 2020 17:48

Ongkos Restorasi Yamaha RX-King Rp 100 Jutaan, Setara Harga Ninja ZX-25R

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ongkos Restorasi Yamaha RX-King Rp 100 Jutaan, Setara Harga Ninja ZX-25R  (320409)
Yamaha RX-King. Foto: Istimewa
Tren melakukan restorasi pada Yamaha RX-King kini sedang naik daun. Para pemilik motor ngebul ini berlomba menjadikan motor kesayangannya tampil standar atau orisinil.
ADVERTISEMENT
Ahmad Arif, spesialis penjual Yamaha RX-King dari Arif King Priok mengatakan, kebiasan lama menjadikan motor RX-King tampil bondol kini bergeser, lantaran banyak konsumen atau kolektor yang kepincut RX-King restorasian
"Sekarang pemain RX-King itu seperti berlomba bikin motornya tampil standar orisinil. Jadi sudah jarang banget ya RX-King yang seperti dulu, yang lepas bodi atau pakai knalpot kolong," kata Arif kepada kumparan belum lama ini.
Ongkos Restorasi Yamaha RX-King Rp 100 Jutaan, Setara Harga Ninja ZX-25R  (320410)
Yamaha RX King Limited Edition identik dengan warna gold Foto: dok. Istimewa
Arif menjelaskan, untuk biaya merestorasi Yamaha RX-King bervariatif. Besaran nominal harganya tergantung seberapa besar restorasi yang dilakukan dan suku cadang apa yang digunakan.
"Untuk full restorasi dari bodi sampai mesin harga sekarang sudah pasti Rp 100 juta lebih. Mau siapa pun yang bikin pasti harganya segitu, lebihnya berapa enggak bisa ditentukan," timpal dia.
ADVERTISEMENT
Biaya restorasi yang tinggi itu, lanjut Arif, disebabkan stok ketersediaan suku cadang yang makin minim di pasaran. Apalagi, untuk beberapa model RX-King ada onderdil yang sudah discontinue.
"Untuk full restorasi semua komponen baru itu cuma bisa untuk RX-King tahun muda sekitar tahun 2000-an. Di bawah itu agak sulit, paling tidak restorasinya menggunakan sparepart rekondisi atau ada beberapa yang menggunakan part RX-King lain," paparnya.

Berapa restorasi Yamaha RX-King?

Ongkos Restorasi Yamaha RX-King Rp 100 Jutaan, Setara Harga Ninja ZX-25R  (320411)
Yamaha RX-King Foto: Istimewa
Untuk membuat Yamaha RX-King tahun muda kembali baru, paling tidak pengerjaannya membutuhkan waktu hingga 6 bulan. Arif mengatakan lama pengerjaan umumnya karena sulit mencari suku cadang yang baru.
"Seperti saya untuk restorasi detail RX-King muda paling cepat itu 6 bulan bahkan ada yang sampai 1,5 tahun. Kebanyakan konsumen saya ini memang detail sekali sampai ke baut-baut harus sesuai, ini yang agak repot," tuturnya.
Ongkos Restorasi Yamaha RX-King Rp 100 Jutaan, Setara Harga Ninja ZX-25R  (320412)
Yamaha RX King Rp 50 juta Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Contohnya belum lama ini dia juga baru menyelesaikan restorasi RX-King lansiran 1994 dengan banderol Rp 118 juta. Pengerjaan restorasi itu pun dikatakan tidak 100 persen menggunakan part baru.
ADVERTISEMENT
"Harga segitu untuk part doang ya dan itu enggak full restorasi, kita enggak sanggup cari beberapa part yang baru. Seperti tangki BBM itu enggak mungkin ada, beberapa part bekas kita servis jadi baru. Ya, mungkin cuma 85-90 persen saja restorasi barunya," papar dia.