Otomotif
·
26 Januari 2021 18:05

Pakai AR, Microsoft Bikin Fitur Pengganti Fog Lamp Mobil

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Pakai AR, Microsoft Bikin Fitur Pengganti Fog Lamp Mobil (45471)
Logo Microsoft. Foto: Dok. Microsoft
Lampu kabut atau fog lamp menjadi salah satu fitur penting untuk mobil-mobil modern. Lampu ini berfungsi untuk memberikan visibilitas yang baik bagi pengendara ketika melewati medan berkabut.
ADVERTISEMENT
Saat ini, sebagaimana namanya, fitur ini bekerja menggunakan lampu —yang umumnya berwarna kuning. Namun, sebuah inovasi baru besutan perusahaan pembuat piranti lunak, Microsoft, nampaknya akan mengubah tren di masa depan.
Pakai AR, Microsoft Bikin Fitur Pengganti Fog Lamp Mobil (45472)
Fog lamp LED di BMW 330i M Sport Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Ya, berdasarkan sebuah paten, Microsoft tengah mengembangkan sebuah fungsi mirip lampu kabut namun menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau Augmented Reality (AR).
Mengutip Carbuzz, AR ini akan digunakan untuk melakukan analisa terhadap lingkungan di depan dan menampilkan tampilan yang lebih jelas ke pengendara.
Dalam dokumen paten tersebut, diperlihatkan bagaimana fungsi AR itu meningkatkan visibilitas di berbagai kondisi, saat melewati lingkungan yang berdebu atau berkabut.

Kapan rilis?

Dijelaskan pula, teknologi AR ini akan terintegrasi dengan sebuah kaca mata pintar. Sebuah solusi yang lebih aman dibandingkan mengintegrasikan ke head up display atau ke head unit. Karena ketika berkendara pandangan pengemudi harus fokus ke depan.
ADVERTISEMENT
Sejauh ini belum ada informasi kapan teknologi ini mulai diaplikasikan. Paten setebal 235 halaman ini menjadi awal yang baik untuk meningkatkan keselamatan berkendara dari aspek visibilitas.
Bagaimanapun, khususnya di negara-negara dengan empat musim, fitur fog lamp sangat membantu. Apalagi jika ada sebuah piranti tambahan yang membuat pengendara bisa lebih awas ketika harus berkendara di tengah hujan deras, jalan berkabut, atau salju.
Lantas apakah dengan adanya piranti ini membuat peran lampu kabut tergeser? Menarik ditunggu.