Otomotif16 September 2020 6:58

Pakai Mesin 157 Cc, Honda Vario Baru Lebih Buas dari Yamaha NMax dan Aerox?

Konten Redaksi kumparan
Pakai Mesin 157 Cc, Honda Vario Baru Lebih Buas dari Yamaha NMax dan Aerox? (321237)
Ilustrasi Honda Vario 157 cc. Foto: Istimewa
Honda dikabarkan tengah menyiapkan Vario generasi terbaru dengan kapasitas isi silinder yang lebih besar yakni 157 cc. Langkah ini diyakini sebagai respons terhadap peluncuran all new Yamaha NMax dan Aerox terbaru.
ADVERTISEMENT
Melansir Greatbiker, Honda Click-i atau yang di Indonesia disebut Vario, nantinya akan dibenamkan mesin yang serupa dengan Honda SH-150i model 2020. Sebelumnya di generasi terdahulu SH-150i juga masih menganut kubikasi mesin 153 cc.
Jika benar demikian, artinya mesin dari Honda Vario akan menggunakan 4 katup yang akan mengoptimalkan proses masuknya gas baru (campuran udara dan bahan bakar) dan keluar gas buang sisa pembakaran.
Pakai Mesin 157 Cc, Honda Vario Baru Lebih Buas dari Yamaha NMax dan Aerox? (321238)
Mesin yang diduga akan digunakan pada all new Honda PCX. Foto: dok. Greatbiker
Sejatinya, mesin 150 cc dari produk motor matik Honda menggunakan platform yang identik. Namun untuk setiap model ada penyesuaian yang berimbas pada perbedaan output mesin masing-masing motor.
Kabarnya generasi terbaru dari Honda Vario akan mengalami revisi pada ukuran bore dan stroke yang diubah menjadi lebih besar yakni 60,mm x 55,5 mm. Dari ubahan tersebut, kompresi dapur pacu juga ikut melonjak menjadi 12,0:1.
ADVERTISEMENT
Pabrikan Honda menyebut mesin itu sebagai eSP+. Nah, sengaja membandingkan dengan mesin 150 cc Vario lawas, ada peningkatan tenaga hingga 2 daya kuda dan torsi 1 Nm.
Pakai Mesin 157 Cc, Honda Vario Baru Lebih Buas dari Yamaha NMax dan Aerox? (321239)
Sasis model eSAF pada Honda Genio Foto: dok. Istimewa
Karena punya embel-embel 'all new' sektor rangka juga disebutkan akan mengalami ubahan. Teknologinya menggunakan model rangka eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame) yang diklaim lebih ringan 8 persen dari model rangka terdahulu.

Respons AHM soal Vario 157 cc

Pakai Mesin 157 Cc, Honda Vario Baru Lebih Buas dari Yamaha NMax dan Aerox? (321240)
Ilustrasi Astra Honda Motor. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Honda Vario dengan kelengkapan fitur dan mesin tersebut rumornya paling cepat akan meluncur tahun depan. Sesuai dengan tradisi pabrikan yang tiga tahun sekali dirombak besar-besaran.
Merespons kabar soal kelahiran Vario 157 cc, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM), Thomas Wijaya buka suara.
"Belum lah itu, kita kan Juni kemarin baru melakukan ubahan dan penyegaran dan menambah varian yang sporty untuk Vario," kata Thomas kepada kumparan, belum lama ini.
Pakai Mesin 157 Cc, Honda Vario Baru Lebih Buas dari Yamaha NMax dan Aerox? (321241)
Pilihan warna baru Honda Vario 150 Sporty Black Red. Foto: dok. AHM
Penyegaran yang dimaksud Thomas itu lebih kepada ubahan striping dan warna saja. Sementara untuk fitur, jantung mekanis, dan rangka masih menganut teknologi lawas.
ADVERTISEMENT
Bisa jadi ucapan Thomas yang menyebut belum punya rencana menghadirkan generasi terbaru Honda Vario 150 cc adalah strategi yang belum bisa diumbar ke khalayak.
Bagaimana, apakah Anda salah satu yang menunggu kehadiran Honda Vario 157 cc?
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)