Pakai Platform DNGA, Inilah Bocoran All New Ayla dan Agya

31 Januari 2023 18:28
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pembukaan pemesanan Perodua Axia. Foto: dok. Paultan
zoom-in-whitePerbesar
Pembukaan pemesanan Perodua Axia. Foto: dok. Paultan
Perodua resmi membuka keran pemesanan All New Axia, mobil kembaran Daihatsu Ayla dan Toyota Agya di Malaysia. Banyak ubahan yang dilakukan pada mobil tersebut.
Mengutip Paultan, LCGC (Low Cost Green Car) ini mengusung platform baru yakni DNGA (Daihatsu New Global Architecture) berkode D74A. Platform ini banyak digunakan pada model kembar antara Toyota dan Daihatsu sebut saja Raize dan Rocky atau Avanza-Xenia.
Jantung mekanisnya sendiri akan menggunakan mesin EEV (Energy Effcient Vehicle) berkubikasi 1.000 cc dengan D-CVT (Dual Mode CVT). Spesifikasinya belum diketahui tetapi pabrikan mengeklaim konsumsi bahan bakarnya mencapai 27,4 kilometer per liter.
Fitur baru Perodua Axia. Foto: dok. Paultan
zoom-in-whitePerbesar
Fitur baru Perodua Axia. Foto: dok. Paultan
Dual Mode CVT sendiri memiliki mekanisme kerja dengan belt seperti CVT konvensional lainnya. Bedanya, transmisi ini dikombinasikan dengan split gear sehingga akselerasi mobil dapat maksimal dan hemat konsumsi bahan bakar pada kecepatan tinggi.
Perodua Axia sendiri dirilis dalam empat varian yakni G, X, SE, dan AV. Semuanya bakal dilengkapi dengan power mode yang memberikan sensasi berkendara dengan respons mesin dan girboks lebih cepat.
Dua varian tertinggi SE dan AV bakal dilengkapi dengan eco idle auto-start system agar konsumsi bahan bakarnya lebih hemat. Sistem ini akan bekerja ketika rem diinjak dan kecepatan berada di bawah level yang ditentukan.
Ubahan Perodua Axia generasi baru. Foto: dok. Paultan
zoom-in-whitePerbesar
Ubahan Perodua Axia generasi baru. Foto: dok. Paultan
Ubahan eksteriornya sendiri belum terlalu banyak dibagikan oleh Perodua. Namun, dua model terbawah G dan X akan menggunakan halogen pada lampu utama tanpa Daytime Running Lights (DRL). Sementara, SE dan AV disematkan lampu berteknologi LED dengan DRL auto on-off.
Spionnya sendiri menggunakan model elektrik untuk dua varian atas. Ada pula fitur key-free entry yang memudahkan ketika masuk ke dalam mobil yang tersedia pada model AV.
Berpindah ke interior, model G dan X dilengkapi tempat duduk berbahan fabric. Bagian depan menggunakan model standar dengan headrest yang bisa dilepas. Sementara, kursi belakang menggunakan tipe foldable dengan bantal headrest.
Sementara, model SE dan AV menggunakan kursi berbahan kulit. Bagian depan menggunakan tipe semi-bucket dengan headrest yang bisa dilepas. Sementara, bagian belakang disematkan kursi foldable dengan headrest yang terpisah.
Tipe G dan X dilengkapi multi information display dengan teknologi LCD. SE mendapatkan tambahan tachometer. Varian tertingginya, AV disematkan instrumen digital TFT tujuh inci. Audio-nya standar untuk G, X dan SE. Model AV mendapatkan display audio layar sentuh sembilan inci.
Simbol rem ABS Foto: dok. Mentalfloss
zoom-in-whitePerbesar
Simbol rem ABS Foto: dok. Mentalfloss
Untuk keselamatan, All New Perodua Axia dilengkapi sistem pengereman ABS dengan EBD dan BA, vehicle stability control, hill-start assist, hingga traction control. Varian teratasnya bakal disematkan enam airbag dengan rincian dual front, side dan curtain dan Perodua Smart Drive Assist.
Sistem ini mencakup fitur-fitur seperti pengereman darurat otonom dan Kontrol Kesalahan Operasi Pedal, serta "Driving Assist" dengan kemampuan mengemudi otonom Level 2.