Otomotif
·
15 Desember 2020 19:04

Paling Murah Rp 475 Juta dan Kemas Mesin V-Twin, Moto Guzzi V7 Terbaru Meluncur

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Paling Murah Rp 475 Juta dan Kemas Mesin V-Twin, Moto Guzzi V7 Terbaru Meluncur (28732)
Moto Guzzi V7 III meluncur di Indonesia. Foto: dok. Piaggio Indonesia
Akhirnya setelah lama tak meluncurkan produk baru, PT Piaggio Indonesia sebagai pemegang merek Moto Guzzi di Tanah Air melansir model barunya. Kali ini mereka membawa Moto Guzzi V7 III dalam dua varian, Stone dan Racer 10th Anniversary.
ADVERTISEMENT
Menyoal harga untuk model V7 III Stone dijual dengan banderol Rp 475 juta dan Rp 535 juta untuk varian Racer-nya. Kedua harga tersebut sudah berstatus OTR Jakarta.
President Director PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega mengatakan, hadirnya kedua varian Moto Guzzi V7 III agar konsumen bisa memilih dua model yang berbeda sesuai dengan karakternya masing-masing.
"V7 III Stone merupakan motor bergaya klasik dan mudah dikustomisasi, atau Racer 10th Anniversary yang lebih spesial, sporty, serta tampilan cafe racer Italia tahun 70-an dan perayaan 10 tahun pertama Moto Guzzi V7 III," kata Marco saat sesi peluncuran secara virtual, Selasa (15/12).
Oke, buat memudahkan perbedaan antara keduanya berikut kumparan rangkum spesifikasi, fitur, dan gaya berkendaranya.
ADVERTISEMENT

Moto Guzzi V7 III Stone

Paling Murah Rp 475 Juta dan Kemas Mesin V-Twin, Moto Guzzi V7 Terbaru Meluncur (28733)
Tampilan headlamp Moto Guzzi V7 III Stone. Foto: dok. Piaggio Indonesia
Seperti yang sudah dijelaskan Marco tadi, model V7 III Stone tampil lebih sederhana dan klasik. Motor ini masuk dalam jajaran tipe roadster bermesin besar dan unik.
Sesuai temanya yang klasik, untuk urusan fitur juga bisa dibilang tak terlalu advanced. Area lampu misalnya, headlamp, stoplamp, dan lampu sein masih menggunakan halogen biasa.
Paling Murah Rp 475 Juta dan Kemas Mesin V-Twin, Moto Guzzi V7 Terbaru Meluncur (28734)
Tampilan knalpot Moto Guzzi V7 III Stone. Foto: dok. Piaggio Indonesia
Tapi untuk fitur keselamatan aktif, motor ini sudah dilengkapi dengan pengereman ABS (Anti-lock Braking System) dual channel depan dan belakang. Lalu ada juga fitur traction control untuk mencegah putaran berlebih pada roda belakang.
Khusus untuk traction control, Anda bisa mengatur dalam 2 tingkatan berbeda, pertama untuk kondisi jalan basah dan yang kedua untuk kondisi jalan kering.
Paling Murah Rp 475 Juta dan Kemas Mesin V-Twin, Moto Guzzi V7 Terbaru Meluncur (28735)
Tampilan panel instrumen Moto Guzzi V7 III Stone. Foto: dok. Piaggio Indonesia
Sementara untuk panel instrumen juga tampil sederhana, hanya ada satu cluster meter berbentuk bulat yang mengkombinasikan panel analog dan juga layar kecil digital.
ADVERTISEMENT
Bicara mesin, dari pernyataan Marco, model ini sekarang disuntik mesin paling terbaru dari Moto Guzzi. Ada beberapa revisi seperti di antaranya, area piston, jalur pelumasan oli, dan kepala silinder.
Rangkanya menggendong mesin 744 cc. V-twin longitudinally mounted, 4-tak, OHV, 2 katup, pendingin udara, dan pengabut injeksi.
Di atas kertas V7 III Stone memiliki tenaga maksimal 52 dk pada 6.200 rpm dan torsi puncak 60 Nm di 6.200 rpm. Tenaga itu disalurkan lewat gearbox 6-percepatan.

Moto Guzzi V7 III Racer 10 Th Anniversary

Paling Murah Rp 475 Juta dan Kemas Mesin V-Twin, Moto Guzzi V7 Terbaru Meluncur (28736)
Moto Guzzi V7 III Racer 10th Anniversary. Foto: dok. Piaggio Indonesia
Model ini tampil lebih sporty dengan detail khas motor cafe racer. Di depan ada top fairing dengan headlamp yang sudah LED dan pemanis DRL (Daytime Running Light)
Untuk bagian setang juga dibuat sedikit menunduk ala-ala cafe racer klasik. Sementara untuk bagian jok diberi cover buntut tawon yang tepat di bawahnya ada tulisan detail angka 7 dan sedikit pemanis bendera Italia.
Paling Murah Rp 475 Juta dan Kemas Mesin V-Twin, Moto Guzzi V7 Terbaru Meluncur (28737)
Moto Guzzi V7 III Racer 10th Anniversary. Foto: dok. Piaggio Indonesia
Sama seperti saudaranya V7 III Stone, varian cafe racer ini juga sudah dilengkapi dengan fitur ABS dan adjustable traction control khas Moto Guzzi.
ADVERTISEMENT
Bicara mesin juga tak ada perbedaan dengan varian Stone. Di mana V7 III Racer 10th Anniversary masih disokong mesin 744 cc. V-twin dengan tenaga maksimal 52 dk dan torsi 60 Nm.
Paling Murah Rp 475 Juta dan Kemas Mesin V-Twin, Moto Guzzi V7 Terbaru Meluncur (28738)
Tampilan tangki Moto Guzzi V7 III Racer 10th Anniversary. Foto: dok. Piaggio Indonesia
Bagi yang tertarik, sistem pembeliannya memang masih inden atau Anda harus melakukan pre-booking terlebih dahulu. Meluncurnya Moto Guzzi V7 III pun semakin meramaikan pasar motor besar bergaya retro di Tanah Air.