Otomotif
·
28 Februari 2021 17:08

Pan America: Saat Moge Harley-Davidson Bisa Main Tanah

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Pan America: Saat Moge Harley-Davidson Bisa Main Tanah (151570)
Harley Davidson Pan America. Foto: Visordown
Pabrikan yang bermarkas di Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat, Harley-Davidson (H-D) resmi meluncurkan Pan America. Motor ini pun bisa jadi alternatif moge adventure atau petualang.
ADVERTISEMENT
Bisa dibilang strategi H-D melansir model adventure adalah hal yang baru. Seperti diketahui mereka memang lebih kental dengan gaya motor ber DNA touring.
Dikutip dari Visordown, H-D Pan America dihadirkan dalam 2 varian berbeda. Pertama tipe standar dengan harga 17.319 dolar atau Rp 247 jutaan dan 19.999 dolar atau Rp 285 jutaan untuk tipe Special.

Tampilan H-D Pan America

Pan America: Saat Moge Harley-Davidson Bisa Main Tanah (151571)
Harley-Davidson Pan America. Foto: Visordown
Pan America didesain dengan tampilan yang kuat dengan motor jelajah. Di mana untuk bagian depan dilengkapi dengan windscreen besar lengkap dengan lampu LED berbentuk persegi panjang.
Tampak depan terlihat sangat lebar, bahkan lebih besar dari Ducati Multistrada V4, BMW GS 1250 atau Honda Africa Twin yang lebih dulu mengisi segmen motor adventure.
Pan America: Saat Moge Harley-Davidson Bisa Main Tanah (151572)
Tampilan belakang Harley Davidson Pan America. Foto: Visordown
Tak lupa ada juga komponen handguard sebagai pelindung tangan di area setang. Sementara pada bagian belakang tampil sederhana tapi tetap menyiratkan sebuah motor yang gagah.
ADVERTISEMENT

Fitur canggih

Untuk melengkapi tema motor petualang, desain setang juga dibuat tinggi dan memiliki ketinggian jok sampai 890 mm. Namun menariknya, ketika motor berhenti, secara otomatis ketinggian jok akan turun menjadi 855 mm dan kembali ke ukuran awal setelah motor berjalan.
Pan America: Saat Moge Harley-Davidson Bisa Main Tanah (151573)
Harley-Davidson Pan America. Foto: Visordown
HD Pan America juga dilengkapi dengan rangkaian teknologi elektronik yang canggih. Pada panel instrumen misalnya, sudah mengusung jenis TFT 6,8 inci dengan layar sentuh.
Kemudian ada juga fitur ABS 2 channel, ABS Cornering, kontrol traksi, cruise control, hill start assist, dan power modes dengan 5 pilihan: Rain, Road, Sport, Off-Road, dan Off-Road Plus.

Kaki-kaki

Pan America: Saat Moge Harley-Davidson Bisa Main Tanah (151574)
Harley-Davidson Pan America. Foto: Visordown
Guna menunjang kebutuhan adventure, H-D Pan America dibenamkan suspensi berjenis upside down besutan Showa dengan ukuran super besar 47 mm. Sementara pada bagian belakang juga menggunakan suspensi dari Showa berjenis monoshock.
ADVERTISEMENT
Sama seperti motor petualang yang lain, untuk roda menggunakan ukuran belang. Di mana untuk velg depan dibenamkan ukuran 19 inci dan 17 inci pada bagian belakang. Keduanya sudah mengusung model jari-jari dengan ban dual purpose,

Mesin

Pan America: Saat Moge Harley-Davidson Bisa Main Tanah (151575)
Layout mesin Harley-Davidson Pan America. Foto: Visordown
Bicara dapur pacu, H-D Pan America disokong mesin generasi terbaru dari HD Revolution Max 1250. Mesin ini mengusung teknologi VVT bertipe V-Twin, DOHC, 4 katup per silindernya dengan kubikasi asli 1.252 cc.
Di atas kertas motor ini memiliki tenaga maksimal 150 dk dan torsi puncak hingga 127 Nm. Output itu disalurkan lewat transmisi kopling manual 6-percepatan dan didukung dengan fitur assist and slipper clutch.
Pan America: Saat Moge Harley-Davidson Bisa Main Tanah (151576)
Tampilan samping Harley Davidson Pan America. Foto: Visordown
Melihat dari samping, tampilan mesin ini sangat mendongkrak visual dari H-D Pan America. Lekuk knalpot yang besar seperti mengimpretasikan sebuah motor tangguh dan gagah. Kita tunggu saja apakah akan hadir di Indonesia.
ADVERTISEMENT