Otomotif
·
11 September 2021 11:16
·
waktu baca 7 menit

Parade Mobil Listrik di Munich Motor Show 2021, Siapa Paling Canggih?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Parade Mobil Listrik di Munich Motor Show 2021, Siapa Paling Canggih? (15059)
searchPerbesar
Mercedes-Benz EQG. Foto: dok. Mercedes-Benz
Pameran otomotif IAA Mobility Munich Motor Show 2021 nampaknya benar-benar dimanfaatkan oleh berbagai merek otomotif Eropa untuk memamerkan mobil listrik terbaru mereka.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan penelusuran kumparan, terdapat 15 mobil listrik baru yang diperkenalkan oleh 7 merek otomotif. Masing-masing mobil listrik baru itu terbagi menjadi versi konsep dan versi produksi massal.
Nah bagi Anda yang penasaran dan ingin tahu mobil listrik apa saja yang menjalani debutnya di ajang tersebut, berikut kumparan sajikan rangkumannya.

Mercedes-Benz EQE

Parade Mobil Listrik di Munich Motor Show 2021, Siapa Paling Canggih? (15060)
searchPerbesar
Eksterior Mobil Listrik Mercedes-Benz EQE 350. Foto: dok. Mercedes-Benz
Pertama mari kita awali dari mobil listrik terbaru Mercedes-Benz, yakni EQE 350. Ini merupakan mobil listrik berjenis sedan kedua yang dimiliki Mercedes-Benz.
Secara desain, Mercedes-Benz EQE 350 ini punya tampilan yang mirip seperti mobil listrik EQS. Perbedaannya, pada EQE 350 ini punya dimensi sedikit lebih kecil dan bahasa desain yang lebih sporty.
Urusan teknisnya, Mercedes-Benz EQE 350 ini dipersenjatai dengan motor listrik AC Permanent Synchronous Motor yang menghasilkan tenaga 215 kW atau setara 288 daya kuda (dk) dan torsi maksimum 530 Nm.
ADVERTISEMENT
Lalu untuk urusan baterainya, mobil listrik ini dibekali dengan baterai lithium-ion berkapasitas 90 kWh dan mampu melaju sejauh 660 kilometer dalam kondisi baterai terisi penuh.

Mercedes-Benz EQB

Parade Mobil Listrik di Munich Motor Show 2021, Siapa Paling Canggih? (15061)
searchPerbesar
Mercedes-Benz EQB. Foto: dok. Mercedes-Benz
Berikutnya ada SUV listrik Mercedes-Benz EQB. Ini merupakan mobil listrik yang dibangun dari basis SUV GLB Class. Ada 2 varian yang ditawarkan, EQB 300 dan EQB 350, keduanya tentu memiliki spesifikasi yang berbeda-beda.
Pada EQB 300 dibekali 2 motor listrik yang mampu memuntahkan tenaga 225 dk dan torsi 390 Nm. Sementara pada EQB 350, punya tenaga dan torsi yang lebih besar, yakni 288 dk dan torsi 521 Nm. Kedua varian itu, sama-sama mengadopsi sistem penggerak roda all wheel drive.
Sama-sama hadir dengan kapasitas 7-penumpang atau 5+2, SUV listrik ini menggendong baterai lithium-ion berkapasitas 66,5 kWh. Dalam kondisi baterai terisi penuh, Mercedes-Benz EQB ini diklaim mampu terus melaju sejauh 419 kilometer berdasarkan penghitungan WLTP.
ADVERTISEMENT

Mercedes-AMG EQS

Parade Mobil Listrik di Munich Motor Show 2021, Siapa Paling Canggih? (15062)
searchPerbesar
Mercedes-AMG EQS. Foto: dok. Mercedes-Benz
Mobil listrik berikutnya lagi-lagi masih berasal dari Mercedes-Benz. Kali ini giliran sedan listrik premium EQS yang dibalut dengan sentuhan AMG.
Ya, hadir dengan mengusung nama Mercedes-AMG EQS, mobil listrik ini memang memiliki keunggulan dalam hal performanya. Berbeda dengan EQS biasa, pada EQS AMG ini dibekali dengan motor listrik yang mampu menyemburkan tenaga hingga 751 dk dan torsi 1.020 Nm.
Tidak hanya itu, pada EQS AMG ini juga dibekali dengan pilihan modus berkendara, yang terdiri dari Slippery, Comfort, Sport, Sport+, dan Individual. Tersedia juga fitur Race Start Mode pada mobil ini.
Guna memenuhi kebutuhan daya listriknya, sedan buas ini mengusung baterai lithium ion berkapasitas besar, yakni 107,8 kWh. Dalam kondisi terisi penuh, Mercedes-AMG EQS ini diklaim mampu terus melaju sejauh 7070 kilometer berdasarkan penghitungan WLTP.
ADVERTISEMENT

Mercedes-Benz EQG

Parade Mobil Listrik di Munich Motor Show 2021, Siapa Paling Canggih? (15063)
searchPerbesar
Mercedes-Benz EQG. Foto: dok. Mercedes-Benz
Seolah belum puas dengan hanya menampilkan 3 mobil listrik terbarunya, Mercedes-Benz juga turut memamerkan mobil listrik konsepnya, salah satunya Mercedes-Benz EQG.
Hadir dengan mengusung bodi G-Class, kehadiran mobil listrik ini tentu sangat mencuri perhatian. Karena secara desain, EQG sukses menggabungkan bahasa desain klasik nan gagah dengan desain modern dan futuristik.
Sayangnya belum ada informasi detail mengenai spesifikasi mobil listrik ini. Pabrikan hanya memberikan bocoran, bahwa mobil listrik ini akan tetap dibangun di atas sasis ladder frame, memiliki 4 motor listrik, dan menggunakan sistem penggerak all wheel drive.

Mercedes-Maybach EQS SUV Concept

Parade Mobil Listrik di Munich Motor Show 2021, Siapa Paling Canggih? (15064)
searchPerbesar
Mercedes-Maybach EQS SUV Concept. Foto: dok. Mercedes-Benz
Mobil listrik terakhir yang dihadirkan Mercedes-Benz pada ajang Munich Motor Show 2021, yakni Mercedes-Maybach EQS SUV Concept.
ADVERTISEMENT
Sesuai dengan namanya yakni Mercedes-Maybach, SUV listrik ini jelas memiliki keunggulan dalam hal tampilannya yang jauh lebih premium. Hal ini jelas terlihat dari tampilannya yang lebih eksklusif dibandingkan mobil listrik Mercedes-Benz lainnya.
Selain pada bagian luar, identitas premium dari mobil ini juga dicerminkan pada tampilan dalamnya, Ya, berdasarkan foto konsep yang ada, Mercedes-Maybach EQS SUV ini hadir dengan tampilan serba putih dan mewah yang membuatnya jadi jauh lebih menarik dari GLS atau mobil listrik lainnya.
Lagi-lagi, sama seperti EQG Concept pada Maybach EQS SUV Concept ini juga belum ada bocoran informasi mengenai spesifikasi lengkapnya. Jenama asal Jerman itu hanya mengatakan kalo mobil ini akan mampu dipakai hingga 600 kilometer.

BMW i Vision Circular

Parade Mobil Listrik di Munich Motor Show 2021, Siapa Paling Canggih? (15065)
searchPerbesar
BMW i Vision Circular, konsep mobil ramah lingkungan dengan menggunakan bahan daur ulang Foto: dok. BMW Group
Tak mau kalah dengan rivalnya, jenama asal Jerman, BMW, juga menampilkan mobil listrik konsepnya yang bernama BMW i Vision Circular.
ADVERTISEMENT
Ini merupakan salah satu bentuk komitmen BMW dalam memerangi perubahan iklim dunia dengan menghadirkan mobil listrik canggih.
Sebagai sebuah mobil konsep, BMW i Vision CIrcular ini memiliki tampilan desain yang sangat futuristik dan menyerupai mobil masa depan. Hal itu tidak hanya tercermin dari tampilan luarnya, namun juga interiornya.
Selain rendah emisi karena statusnya sebagai mobil listrik, mobil ini rupanya juga dibangun dengan menggunakan berbagai bahan utama yang telah didaur ulang.
Bahkan BMW tak ragu menyebut kalau mobil ini menggunakan 100 persen bahan daur ulang. Sayangnya, belum ada informasi mengenai spesifikasi dari mobil listrik BMW i Vision CIrcular ini.

Porsche Mission R Concept

Parade Mobil Listrik di Munich Motor Show 2021, Siapa Paling Canggih? (15066)
searchPerbesar
Porsche Mission R Concept. Foto: dok. Porsche
Kini bergeser ke merek Jerman lainnya, Porsche yang juga turut memamerkan versi konsep dari sebuah mobil balap touring listrik yang bernama Porsche Mission R Concept.
ADVERTISEMENT
Berstatus sebagai sebuah mobil balap listrik, Porsche Mission R Concept ini dibekali dengan motor listrik yang mampu memuntahkan tenaga hingga 800 kW atau setara 1.073 dk. Dengan tenaga buasnya itu, mobil listrik ini diklaim mampu melesat dari diam hingga 100 kilometer per jam hanya dalam waktu 2,5 detik dengan kecepatan maksimum 300 km/jam.
Untuk menunjang kebutuhan baterainya, mobil listrik ini mengadopsi baterai lithium-ion berkapasitas 80 kWh.
Dari segi tampilannya, sedan listrik ini punya desain yang menarik dan sporty sebagai sebuah mobil balap. Pada wajah depannya, punya tampilan lampu menyerupai Porsche Taycan.
Tidak lupa, guna memberikan tampilan sangar, fender depan dan belakang pun dibuat melebar guna mengakomodasi penggunaan velg dengan tapak ban yang lebih lebar. Lalu pada bagian belakangnya, juga disematkan wing spoiler dan diffuser berukuran besar.
ADVERTISEMENT

Smart Concept

Parade Mobil Listrik di Munich Motor Show 2021, Siapa Paling Canggih? (15067)
searchPerbesar
Smart Concept. Foto: dok. Mercedes-Benz
Jika mendengar nama yang satu ini, mungkin yang ada di bayangan sebagian dari Anda adalah sebuah mobil listrik bertubuh mungil. Namun kenyataannya, Smart Concept listrik ini punya dimensi yang besar dan memiliki bentuk bodi sebagai SUV.
Dalam hal dimensinya, Smart Concept ini memiliki panjang 4.29 meter, lebar 1,91 meter, dan tinggi 1,70 meter. Tak hanya dari segi dimensi, mobil listrik ini juga memiliki bahasa desain yang berbeda dari mobil-mobil Smart sebelumnya.
Ya, pada Smart Concept ini, hadir dengan gaya desain yang unik dan futuristik. Bila diperhatikan sekilas, mobil listrik ini memiliki bahasa desain yang mirip dengan mobil listrik Kia EV6.
Selain memiliki gaya desain futuristik pada bagian luar, bagian dalam mobil ini juga menampilkan desain yang mencerminkan sebuah mobil masa depan. Sayangnya tidak ada informasi mengenai spesifikasi dari mobil listrik ini.
ADVERTISEMENT

Volkswagen ID. Life Concept

Parade Mobil Listrik di Munich Motor Show 2021, Siapa Paling Canggih? (15068)
searchPerbesar
Volkswagen ID. Life Concept. Foto: dok. Volkswagen
Jenama asal Jerman lainnya, Volkswagen juga tak mau ketinggalan memamerkan mobil listrik konsepnya, Volkswagen ID. Life Concept.
Mengutip informasi dari CarAndDriver, mobil listrik ini direncakan hadir pada 2025 dan ditempatkan oleh Volkswagen sebagai mobil listrik entry level.
Dari segi tampilannya, Volkswagen ID. Life Concept ini mengusung bahasa desain yang kental akan aura futuristiknya. Bila diperhatikan sekilas, bahasa desainnya mirip seperti Honda e, namun dengan dimensi yang lebih besar dan ground clearance tinggi khas small SUV.
Adapun untuk spesifikasinya, mobil listrik ini dibekali dengan motor listrik yang dapat menghasilkan tenaga 231 dk. Motor listrik itu didukung dengan baterai lihtium-ion berkapasitas 57 kWh dan mampu membuat mobil listrik ini melaju sejauh 249 miles atau 400 kilometer berdasarkan penghitungan WLTP.
ADVERTISEMENT

Renault Megane E-Tech

Parade Mobil Listrik di Munich Motor Show 2021, Siapa Paling Canggih? (15069)
searchPerbesar
Renault Megane E-Tech. Foto: dok. Renault
Tidak mau ketinggalan dengan para jenama asal Jerman, pabrikan asal Prancis, Renault juga turut memperkenalkan mobil listrik terbarunya, Renault Megane E-Tech.
Dibangun di atas platform yang sama seperti Nissan Ariya, yakni CMF-EV, Renault Megane E-Tech hadir dengan desain yang membulat dan menawan.
Pada bagian depannya, mobil ini hadir dengan gaya lampu DRL LED memanjang ke bawah khas mobil-mobil Renault. Lalu pada bagian bodinya juga hadir dengan perpaduan warna 2 nada yang membuatnya jadi lebih sporty.
Menyoal spesifikasinya, SUV listrik ini ditawarkan dalam 2 pilihan varian tenaga. Pertama ada varian bertenaga 128 dk dan torsi 173 Nm. Lalu yang kedua ada varian bertenaga 215 dk dan torsi 300 Nm.
ADVERTISEMENT
Selain punya 2 pilihan tenaga, Renault Megane E-Tech juga memiliki 2 pilihan kapasitas baterai, ada 40 kWh dan 60 kWh. Untuk baterai berkapasitas 40 kWh, memiliki kemampuan jarak tempuh 299 kilometer. Sementara baterai 60 kWh menawarkan jarak tempuh 470 kilometer
***
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020