kumparan
25 Desember 2018 17:23

Parkir Sembarangan Bisa Bikin AC Mobil Tidak Awet

Ac mobil, otomotif, mobil,
Ilustrasi AC mobil. (Foto: macsradiator.com)
Menjaga pendingin udara (AC) pada kendaraan penting jadi perhatian, supaya kabin mobil bisa nyaman buat penghuninya. Penggantian komponennya juga bisa dilakukan dalam jangka waktu lama, sehingga secara finansial tak jadi beban.
ADVERTISEMENT
Kepala Bengkel Auto2000 Raden Intan Lampung, Nurrahman Adi Saputra, mencoba berbagi saran soal cara-cara merawat agar AC mobil bisa tahan lama alias awet.
Pertama, kata Nurrahman, terpenting adalah perawatan atau service AC. Ini dilakukan agar evaporator bersih serta komponen-komponen AC lainnya bisa awet.
Kedua, usahakan agar memarkir kendaraannya di tempat yang tidak terpapar matahari langsung.
Kenop pengatur AC mobil
Kenop pengatur AC mobil (Foto: Wikimedia Commons)
“Pasalnya, apabila terpapar langsung suhu kabin menjadi sangat panas, dan pendingin udara bekerja lebih keras untuk menyejukkannya,” ujar Nurrahman kepada kumparanOTO, Selasa (25/12).
Ketiga, apabila masuk kendaraan, buka sedikit jendela untuk mengeluarkan hawa panas dari dalam mobii. Ini sekaligus meringankan kerja pendingin udara pada kendaraan.
Keempat, hidupkan AC dengan temperatur yang paling dingin dan kecepatan kipas di tingkat dua atau tiga, supaya mempercepat pendinginan suhu kabin. Lalu tunggu beberapa saat hingga suhu kabin menjadi dingin.
ADVERTISEMENT
Kelima, saat berkendara jarak jauh atau keluar kota, jangan mengatur AC pada temperatur paling dingin demi menghindari pembekuan pada sistem AC sendiri.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan