kumparan
8 April 2018 11:22

Pasang ‘Anti Gores’ untuk Motor dengan Modal Rp 150 Ribu

Pasang Skotlet Sepeda Motor
Pasang Skotlet Sepeda Motor (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
Ada banyak cara yang dilakukan untuk mengangkat tampilan tunggangan kesayangan kamu. Bisa degan mengecat kembali motor kamu dengan warna dasar bawaan pabrik (repaint), bisa juga --yang lebih mudah-- dengan menempel stiker body atau biasa disebut skotlet.
ADVERTISEMENT
Nah, cara kedua ini nampaknya lebih populer dan diminati kebanyakan pemilik roda dua, karena selain memberikan gradasi warna juga dapat melindungi body atau cat dasar motor dari baret atau goresan. Jasa pemasangan stiker body ini pun tidak sulit ditemukan dan cukup banyak dijajakan pedagang variasi motor.
Salah satunya toko variasi bernama Wahyu Stiker di kawasan Ciledug, Tangerang. Toko variasi milik Badarudin ini kerap kali disambangi sejumlah pengendara roda dua khususnya motor matik setiap harinya untuk dipasangkan stiker body.
“Karena sekarang banyaknya matik, ya motor matik kebanyakan yang ke sini setiap hari, tapi ya motor lain juga ada,” ujar Badarudin kepada kumparanOTO sambil menempel stiker body ke motor salah satu sepeda motor pelanggannya, Jumat (6/4).
ADVERTISEMENT
Tidak hanya sekadar menempelkan stiker, menurut Badarudin, memasang skotlet cukup rumit, karena butuh alat pendukung berupa pemanas untuk dapat melenturkan stiker agar mudah ditempel sesuai lekukan body. Selain itu menurutnya, permukaan body motor yang banyak lekukannya akan memberikan tantangan tersendiri saat pemasangan, karena Badarudin harus ingin menjamin stiker yang dipasangnya tetap rapih di semua permukaan.
“Ya, gampang-gampang susah lah mas pasangnya, ini kalau kaya Vario begini ya enggak terlalu susah. Cuma kalau yang ada lekukannya banyak, itu sulit juga karena kan harus rapih potongannya, kalau enggak ya dikomplain orang,” tambahnya.
Masih dijelaskan Badarudin, sebelum pemasangan stiker, permukaan body harus bersih alias tidak ada kotoran atau debu yang menempel, selain itu sebelumnya permukaan body juga harus dibersihkan dengan semacam cairan penghilang baret agar saat dicabut lem pada stiker tidak meninggalkan bekas.
ADVERTISEMENT
Umumnya pemasangan stiker pada body motor dihargai Rp 150-250 ribu untuk menutupi seluruh bagian motor, dan lamanya pemasangan stiker memakan waktu kurang lebih 60 menit dan mungkin lebih tergantung kesulitan pemasangan.
Badarudin juga punya tips kepada pemilik motor yang sudah memasang stiker body agar awet dan sedap dipandang. Menurut dia, pada umumnya skotlet ini hanya bertahan selama satu tahun sebelum warnanya akan pudar dan dia sarankan untuk diganti.
Selain itu masalah minor pada skotlet adalah megelupas ataupun ada gelembung. Untuk masalah ini pun sebenarnya bisa diperbaiki sendiri.
"Biasanya kalau sudah ngelupas atau ada gelembung, itu dilem lagi saja. Caranya dengan menggunakan korek api atau hair dryer yang didekatkan ke sticker biar nempel lagi. Kalo masih ada gelembung, ditusuk jarum biar udaranya keluar terus tempel lagi pakai cara tadi,” tutup dia.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan