Otomotif
·
13 September 2021 9:40
·
waktu baca 2 menit

Paten Nissan 400z Terdaftar di Indonesia, Siap Lawan Toyota Supra?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Paten Nissan 400z Terdaftar di Indonesia, Siap Lawan Toyota Supra? (68150)
searchPerbesar
Gambar Paten Nissan 400z. Foto: dok. Kemenkumham RI
Kehadiran berbagai bocoran informasi mobil baru pada Pangkalan Data dan Kekayaan Intelektual Kemenkumham RI seolah jadi angin segar bagi kami para pewarta otomotif.
ADVERTISEMENT
Setelah sebelumnya beredar gambar paten dari Honda e, Toyota Yaris Cross, Honda N7X, Honda HR-V terbaru, Nissan Note e-Power, dan jenama asal Vietnam, VinFast, kali ini giliran gambar paten dari Nissan 400z yang terdaftar pada situs tersebut.
Berdasarkan penelusuran kumparan, mobil berjenis sedan sport ini sudah resmi mendapatkan perlindungan hukum dari Kemenkumham RI sejak September 2020 lalu. Terdaftar dengan nomor registrasi A00202002543, gambar paten 400z ini didaftarkan langsung oleh Nissan Jidosha Kabushiki Kaisha yang merupakan bagian dari Nissan Motor Corporation.
Kendati belum ada kepastian terkait benar atau tidaknya mobil ini akan hadir di Indonesia, Namun mencuatnya gambar paten ini seolah menjadi harapan baru bagi para pecinta Nissan Fairlady Z di Tanah Air.
ADVERTISEMENT
Ya, sebagai penerus dari generasi Fairlady Z, tentu saja kehadiran Nissan 400z ini sangat dinantikan. Selain karena nama besar Fairlady Z, desain tampilannya yang mirip dengan para pendahulunya, juga menjadi daya tarik lain terhadap mobil ini.
Paten Nissan 400z Terdaftar di Indonesia, Siap Lawan Toyota Supra? (68151)
searchPerbesar
Gambar Paten Nissan 400z. Foto: dok. Kemenkumham RI
Paten Nissan 400z Terdaftar di Indonesia, Siap Lawan Toyota Supra? (68152)
searchPerbesar
Gambar Paten Nissan 400z. Foto: dok. Kemenkumham RI

Bergaya Klasik yang Tetap Modern

Dari segi tampilannya, Nissan 400z hadir dengan desain yang minimalis dengan menggabungkan bahasa desain klasik dan modern. Desain klasik itu tercermin dari bentuk bumper dan lampu depannya yang mengingatkan kita akan tampilan Nissan Fairlady 350z.
Tidak hanya itu, tampilan belakang mobil ini rupanya juga terinspirasi dari sedan legendaris Nissan lainnya, yakni Nissan 300ZX. Sementara untuk bagian dalamnya, Nissan 400z ini memiliki desain dasbor yang tidak jauh berbeda dengan mobil-mobil Nissan lainnya saat ini.
Paten Nissan 400z Terdaftar di Indonesia, Siap Lawan Toyota Supra? (68153)
searchPerbesar
Nissan Z Proto. Foto: dok. Motor1

Mesin Bertenaga 400 Dk

Nah bicara soal statusnya sebagai sedan sport, Nissan 400z ini hadir dengan mengusung mesin bensin V6 Twin Turbo berkapasitas 3.0 liter. Mesin itu mampu memuntahkan tenaga 400 dk dan torsi 474 Nm.
ADVERTISEMENT
Tenaga dan torsi itu selanjutnya disalurkan ke dua roda belakang melalui 2 pilihan sistem transmisi, otomatik 9-percepatan dan manual 6-percepatan dengan kopling performa tinggi.
Paten Nissan 400z Terdaftar di Indonesia, Siap Lawan Toyota Supra? (68154)
searchPerbesar
Nissan Z Proto. Foto: dok. Motor1

Fitur Mencukupi

Selain punya tenaga buas, sebagai sebuah mobil modern, Nissan 400z ini juga dibekali dengan ragam fitur unggulan, mulai dari layar instrumen digital berukuran 12,3 inci, jok semi bucket, head unit layar sentuh berukuran 9 inci dengan konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto, serta audio speaker dari Bose.
Apabila benar nantinya Nissan 400z ini akan mengaspal di Indonesia, maka itu artinya mobil berjenis sedan sport ini bakal menjadi lawan tangguh bagi Toyota Supra, Toyota GT86, bahkan BMW M3.
***