Otomotif
·
9 Mei 2021 13:33

Peluang Honda ExMotion Meluncur di Indonesia Lawan Yamaha XSR155

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Peluang Honda ExMotion Meluncur di Indonesia Lawan Yamaha XSR155 (49736)
searchPerbesar
Honda CB150R ExMotion di Thailand. Foto: dok. Greatbiker
PT Astra Honda Motor (AHM) memilih meluncurkan Honda CB150R StreetFire, ketimbang motor modern retro mereka ExMotion. Ya mau bagaimana, ini memang sudah jadi strategi pabrikan.
ADVERTISEMENT
Lantas, kapan AHM menghadirkan ExMotion untuk pasar Indonesia? Mengingat konsumen dari motor retro modern cukup banyak di Tanah Air.
Marketing Director PT AHM, Thomas Wijaya coba menjawabnya. Dia mengatakan tak menutup kemungkinan jika nanti akan menjual motor neo retro berkubikasi 150 cc.
"Tentu ke depan kami sangat terbuka untuk terus melihat perkembangan dan kebutuhan masyarakat dan konsumen kita atas motor sport di Indonesia. Dan kita akan melihat apa (model) yang akan dikembangkan untuk bisa memenuhi pasar (neo retro)," kata Thomas belum lama ini.
Bicara produk, ExMotion kental sekali dengan nuansa motor gede. Itu bisa dilihat dari penggunaan suspensi depan berjenis upside down, panel shroud yang tegas, sampai penggunaan knalpot pendek alias underbelly.
ADVERTISEMENT
Tampilannya makin ciamik berkat penggunaan lampu utama DRL berbentuk bulat khas keluarga motor CB series. Bagian buritan juga menarik di mana bentuk stop lamp-nya terlihat premium.
Jika nanti masuk Indonesia bisa dipastikan akan mengganggu eksistensi dari Yamaha XSR155 yang saat ini masih bermain sendirian di kelas neo retro 155 cc.
Peluang Honda ExMotion Meluncur di Indonesia Lawan Yamaha XSR155 (49737)
searchPerbesar
Honda CB150R ExMotion di Thailand. Foto: dok. Greatbiker
Meski begitu, mengingat penjelasan Thomas tempo lalu menghadirkan ExMotion butuh riset lebih detail apakah benar dibutuhkan dan bisa diterima pasar nantinya.
"Tentu, jika konsumennya ada, kita tidak akan menutup semua kemungkinan. Selama ada kebutuhan dan tren konsumen, kita akan provide atau berikan produknya," paparnya.

Tampilan moge ramah dikendarai

Peluang Honda ExMotion Meluncur di Indonesia Lawan Yamaha XSR155 (49738)
searchPerbesar
Honda CB150R ExMotion di Thailand. Foto: dok. Greatbiker
Secara visual CB150R ExMotion memang memiliki DNA layaknya moge. Kendati demikian dapur pacunya ramah bagi pengguna motor baru.
ADVERTISEMENT
Rangka model teralisnya menggendong mesin 149 cc, DOHC, 4 katup, pendingin cairan, dan pengabut injeksi. Di atas kertas motor ini bisa mengembuskan tenaga maksimal sampai 20 daya kuda.
Namun memang untuk harganya terbilang cukup tinggi untuk sebuah motor 150 cc, di Thailand ExMotion dijual dengan banderol 39 sampai 43 jutaan.
Kamu salah satu yang menantikannya?