Otomotif
·
13 Maret 2021 9:07

Peluang X-Ride Disuntik Mesin NMax, Ini Kata Yamaha

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Peluang X-Ride Disuntik Mesin NMax, Ini Kata Yamaha (3380)
searchPerbesar
Yamaha X-Ride, motor matik bergaya adventure. Foto: Istimewa
Honda ADV150 hingga saat ini masih menikmati pasar skutik adventure kelas 150 cc sendirian. Ya, belum ada produk lain dari kompetitor yang coba mengusiknya sejak awal kehadiran di pertengahan 2019 lalu.
ADVERTISEMENT
Jika melihat peluang, Yamaha sebenarnya punya produk yang bisa dikembangkan untuk melawan ADV150. Garpu tala memiliki motor matik bergaya petualang, namun hanya dibekali mesin 125 cc yakni Yamaha X-Ride.
Menarik untuk diulas apakah Yamaha Indonesia tertarik meluncurkan X-Ride bermesin 150 cc untuk menjawab tantangan dari Honda. Apalagi, X-Ride sudah cukup lama tak mendapat ubahan besar, jika pun ada pabrikan hanya melansir opsi warna baru saja.
Peluang X-Ride Disuntik Mesin NMax, Ini Kata Yamaha (3381)
searchPerbesar
All New Yamaha X-Ride 125 Foto: dok. Alfons Yoshio
Manager Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro mengatakan sampai saat ini masih melihat market atau permintaan dari konsumen, apakah X-Ride perlu dikembangkan menjadi 155 cc.
"Kita lihat market saja, kebutuhan seperti apa, kemudian konsumen ingin atau tidak tipe ini. Ya, kalau memang nanti ke depan marketnya memang butuh, kita pasti pertimbangkan itu (luncurkan X-Ride 155)," kata Anton di sela-sela acara Yamaha Riding Academy WR155R di Bogor, Jawa Barat belum lama ini.
Peluang X-Ride Disuntik Mesin NMax, Ini Kata Yamaha (3382)
searchPerbesar
Layout mesin 155VVA Yamaha. Foto: dok. Greatbiker
Secara mesin, Yamaha sepertinya tak sulit membenamkan pada X-Ride. Mereka sudah punya mesin 155 cc, 4-katup dengan teknologi VVA dan Blue Core. Sudah pasti mesin itu akan digunakan jika nanti X-Ride 155 meluncur.
ADVERTISEMENT
Selain itu, besar kemungkinan X-Ride 155 akan dibekali dengan fitur TCS (Traction Control System), Smart Motor Generator, Smart Key System, Stop Start System, Suspensi ganda tabung, bahkan melengkapinya dengan fitur koneksi Y-Connect.
Peluang X-Ride Disuntik Mesin NMax, Ini Kata Yamaha (3383)
searchPerbesar
Modifigikasi digital Yamaha X-Ride 155 VVA. Foto: Dok. Istimewa
Rumor munculnya Yamaha X-Ride bermesin 155 VVA juga makin panas setelah muncul desain gambar yang memperlihatkan kemungkinan tampilan skutik adventure dari Yamaha.
Memang gambar itu bukan desain resmi dari pabrikan, melainkan gambar yang dibuat oleh salah satu modifikator digital. Menurutmu, bagaimana perkiraan tampilan X-Ride 155 VVA ini? Cocok atau mampukah untuk jegal Honda ADV150?