kumparan
16 Agustus 2019 17:51

Penjualan Mitsubishi Triton di Indonesia Terbesar Ketiga di Dunia

Otomotif, mitsubishi triton, new triton, mitsubishi, off road
Mitsubishi New Triton digeber di medan off-road. Foto: Istimewa
Mitsubishi New Triton dengan tampilan dan mesin baru resmi dipasarkan di Indonesia, sejak diperkenalkan pada awal Juli 2019 lalu. Model ini sebenarnya sudah dijual sejak 2002 lalu, di mana populasinya sudah mencapai 80.000 unit.
ADVERTISEMENT
President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura menyebut, angka tersebut menunjukkan produknya direspons positif konsumen dalam negeri. Ditambah lagi, saat ini triton berhasil menduduki peringkat pertama sebagai pikap 4x4 terlaris, dengan market share sampai 65 persen.
Sepanjang Januari-Juni 2019, produk tiga berlian ini sudah terjual sekitar 4.820 unit. Kontribusi terbesarnya atau sekitar 90 persen dari pasar fleet, kemudian sisanya terbagi pada segmen semi-fleet dan private.
Mitsubishi Triton
Mitsubishi Triton Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
"Tak hanya berhenti sampai situ, kami akan menantang Triton lebih jauh lagi," ucapnya di acara test drive New Triton di BSD,Tangerang, Kamis (15/8).
Dari angka penjualan tersebut, Indonesia ternyata bisa menempati posisi ketiga, sebagai negara yang paling banyak memasarkan Mitsubishi Triton, setelah Thailand dan Australia.
ADVERTISEMENT
"Tentu saja ini merupakan hal yang luar biasa," kata Nakamura.

Tak naikkan target

Meski sudah disuntik model penyegaran, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI Irwan Kuncoro mengungkapkan, MMKSI tak memasang target baru untuk penjualan Triton. Dirinya mencoba realistis, lantaran market secara keseluruhan sedang mengalami penurunan.
Otomotif, mitsubishi triton, new triton, mitsubishi, off road
Mitsubishi New Triton digeber di medan off-road. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
"Sebetulnya target penjualan kita 900 unit sampai 1.000 unit per bulannya. Tak ada kenaikan target, karena pasar sedang turun. Jadi dengan angka penjualan segitu, market share kami saja sudah naik, dari 60 persen, kemudian 62 persen, 63 persen sampai 65 persen," tutur Irwan.
Terkait dengan total SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) New Triton yang sudah diluncurkan sejak awal Juli lalu, Irwan belum mau mengungkapkannya. Dirinya beralasan, pihaknya belum memilah mana SPK untuk Triton baru dan model yang lama.
ADVERTISEMENT
"Pastinya pengiriman Triton baru mulai bulan September, sama beberapa varian delivery-nya di November atau Desember," kata Irwan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan