Otomotif
·
10 Februari 2021 5:43

Perbaikan Jalan Tol Cipali yang Amblas sampai 1,5 Bulan, Ini Rute Alternatifnya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Perbaikan Jalan Tol Cipali yang Amblas sampai 1,5 Bulan, Ini Rute Alternatifnya (288430)
Petugas menyiapkan alat saat memeriksa kondisi jalan tol yang amblas di ruas tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 122, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Selasa (9/2). Foto: M Agung Rajasa/ANTARA FOTO
Jalan tol Cipali kilometer 122+400 jalur B arah Jakarta dilaporkan mengalami kerusakan amblas pada Selasa pagi (9/2/2021).
ADVERTISEMENT
Kondisi itu menyebabkan seluruh lajur pada jalur B tol Cipali arah Jakarta menjadi tak bisa dilalui. Dengan kondisi amblas yang cukup parah, yakni dengan kedalaman amblas 2 meter dan panjang kerusakan 30 meter, ASTRA Tol Cipali selaku pengelola ruas tol Cipali memperkirakan perbaikannya akan memakan waktu yang cukup lama.
“Kami sudah berkoordinasi dengan kontraktor untuk melakukan perbaikan jalan pada bahu luar, lajur 1 dan 2 di KM 122+400. Perbaikan diperkirakan memakan waktu 1.5 bulan,” ucap Agung Prasetyo, Direktur Operasi ASTRA Tol Cipali.
Perbaikan Jalan Tol Cipali yang Amblas sampai 1,5 Bulan, Ini Rute Alternatifnya (288431)
Kondisi amblasnya Jalan Tol Cipali KM 122 arah Jakarta. Foto: Dok. Astra Cipali
Dengan waktu perbaikan yang cukup lama itu, ASTRA Tol Cipali bersama Kepolisian telah menyiapkan berbagai skema rekayasa lalu lintas. Adapun skema rekayasa lalu lintas yang disiapkan, yakni contraflow yang diberlakukan dari kilometer 117 hingga kilometer 126.
ADVERTISEMENT
“Untuk mengurai kepadatan lalu lintas, saat ini diberlakukan contra flow mulai pukul 03.00 WIB dari kilometer 117 hingga kilometer 126. Sedangkan untuk mengurangi beban lalu lintas, akan dibangun lajur sementara di median diperkirakan memakan waktu 10 hari,” tambah Agung.
Perbaikan Jalan Tol Cipali yang Amblas sampai 1,5 Bulan, Ini Rute Alternatifnya (288432)
Petugas menyiapkan alat saat memeriksa kondisi jalan tol yang amblas di ruas tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 122, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Selasa (9/2). Foto: M Agung Rajasa/ANTARA FOTO
Adanya rekayasa lalu lintas contraflow, secara tidak langsung juga membuat arus lalu lintas pada sekitar lokasi amblas menjadi tersendat. Kepadatan lalu lintas pun tak dapat dihindari, akibat para pengendara yang harus melaju perlahan dan bergantian.
Nah bagi Anda yang berencana melalui tol Cipali dan enggan mengalami kemacetan atau terjebak di kepadatan tersebut, sebenarnya bisa mengambil rute alternatif. Berikut rute alternatifnya.
Perbaikan Jalan Tol Cipali yang Amblas sampai 1,5 Bulan, Ini Rute Alternatifnya (288433)
Foto udara jalan tol amblas di ruas tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 122, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Selasa (9/2). Foto: M Agung Rajasa/ANTARA FOTO

Arah Jakarta

Bagi Anda yang melaju dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta, dapat keluar di gerbang tol Cikedung, Indramayu. Selanjutnya ambil jalan ke arah kota Subang menyusuri jalan lintas tengah, dan Anda dapat kembali masuk ke tol Cipali melalui gerbang tol Subang.
ADVERTISEMENT

Arah Jawa Tengah

Pun bagi Anda yang hendak menuju Jawa Tengah dari arah Barat, dapat keluar di gerbang tol Subang. Berikutnya, Anda dapat menyusuri jalan lintas tengah mengarah Cikamurang dan masuk kembali ke tol Cipali dari gerbang tol Cikedung.
Bagi Anda yang ingin menjajal jalur alternatif ini, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan. Pertama dari segi kondisi jalanannya. Pada rute alternatif ini memiliki kondisi jalan yang menanjak dan menurun dengan banyaknya tikungan.
Perbaikan Jalan Tol Cipali yang Amblas sampai 1,5 Bulan, Ini Rute Alternatifnya (288434)
Suasana di Tol Cipali KM 122 arah Jakarta, Selasa (9/2). Foto: ASTRA Cipali
Tidak hanya itu, keberadaan SPBU di rute ini juga terbilang minim. Jadi jangan lupa isi penuh dahulu bahan bakar mobil Anda. Belum lagi, pada beberapa wilayah, juga memiliki lampu penerangan yang minim, sehingga sangat disarankan untuk berpikir dua kali apabila hendak melalui jalur alternatif ini pada malam hari.
ADVERTISEMENT
***