Perhatian, Toyota Recall Avanza, Veloz, dan Raize

5 Juni 2023 16:33 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Toyota Avanza dan Veloz di GIIAS 2022. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Toyota Avanza dan Veloz di GIIAS 2022. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
PT Toyota-Astra Motor mengumumkan kampanye penarikan kembali atau recall terhadap beberapa model meliputi Avanza, Veloz, dan Raize tahun produksi Desember 2022-Januari 2023.
ADVERTISEMENT
Pabrikan menemukan ada malfungsi pada salah satu kapasitor ECU airbag, yang menyebabkan adanya potensi airbag tidak dapat beroperasi sebagaimana mestinya.
"Pemilik model-model yang disebutkan di atas disarankan menghubungi Toyota atau datang ke jaringan diler Toyota terdekat agar dilakukan pengecekan pada ECU airbag kendaraannya," terang Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto dalam keterangan resmi, Senin (5/6).
Veloz 'nyasar' di arena elektrifikasi booth Toyota di GIIAS 2022. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Seluruh proses pengecekan hingga pengerjaan berlangsung sekitar 1 jam. Untuk memudahkan, konsumen disarankan melakukan booking service guna mempersiapkan stall, teknisi, dan part yang akan diganti.
Toyota Indonesia juga memastikan seluruh proses pemeriksaan dan penggantian tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis.
Toyota Raize GR Sport. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan.com
Proses perbaikan bisa dilakukan di seluruh 298 jaringan diler Toyota. Adapun terkait kampanye recall ini, pabrikan sudah menghubungi konsumen untuk segera mendatangi diler terdekat.
ADVERTISEMENT
"Sejalan dengan global initiative principal Toyota Motor Corp., aktivitas recall pada produk tertentu telah dilakukan TAM sejak bertahun-tahun sebagai wujud komitmen kami dalam mengutamakan keamanan dan keselamatan pelanggan," pungkas Henry.
Ini merupakan recall pertama Avanza generasi ketiga dan Veloz generasi kedua. Serta recall kedua untuk Toyota Raize, sebelumnya ada kampanye recall karena masalah fender apron.