Otomotif
·
23 Februari 2021 11:03

Perjalanan Epik Ducati Multistrada V4 Taklukkan Lingkaran Arktik Kutub Utara

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Perjalanan Epik Ducati Multistrada V4 Taklukkan Lingkaran Arktik Kutub Utara (66311)
searchPerbesar
Alessandro Broglia dan Alessandro Mollo menggunakan Ducati Multistrada V4 2021 di Lingkaran Arktik, Kutub Utara. Foto: Ducati
Motor premium adventure, Ducati Multistrada V4 2021 telah mengaspal secara global pada November tahun lalu. Kehadiran motor ini seperti memberi jawaban bagi para pecinta petualang dengan kuda besi.
ADVERTISEMENT
Secara spesifikasi, Ducati Multistrada V4 2021 punya segala teknologi dan mesin yang mumpuni, tapi rasanya tak asyik jika tak ada pembuktian di lapangan. Dengan melakukan petualangan luar biasa dan terbilang mustahil, dua rider enduro asal Italia, Alessandro Broglia dan Alessandro Mollo melakukan perjalanan gila, tujuannya ke Lingkaran Arktik atau lingkaran Kutub Utara yang menakutkan.
Singkat cerita, setelah kedua rider ini mengirim proposal dan disetujui oleh Ducati. Dua unit Multistrada V4 diserahkan ke duo Alessandro, mereka juga dibekali dengan safety gears khusus dari Dainese yang salah satunya adalah jaket dengan fitur airbags.
Perjalanan Epik Ducati Multistrada V4 Taklukkan Lingkaran Arktik Kutub Utara (66312)
searchPerbesar
Ducati Multistrada V4 2021 Foto: Ducati
Di 29 Januari 2021, perjalanan dimulai dari markas Ducati di Bologna, Italia. Perjalanan kira-kira 650 kilometer melewati beberapa negara seperti Austria, dan juga Jerman.
ADVERTISEMENT
Menggunakan kuda besi dengan konfigurasi mesin V-Twin 1.158 cc bertenaga maksimal 170 daya kuda dan torsi mencapai 125 Nm kedua rider ini menyebutkan seperti mudah saja menaklukkan beberapa rute perjalanan.
"Seperti yang diharapkan saat menempuh jarak lebih dari 1.000 km, rasa lelah menghantam kami, tetapi teknologi yang terpasang pada Multistrada V4 benar-benar mengubah permainan. Mengapa? Itu mudah. Dengan cruise control adaptif yang dioperasikan radar, Anda akan merasa sangat nyaman," tulis pengalaman mereka dalam sebuah rilis resmi yang diterima kumparan.
Perjalanan Epik Ducati Multistrada V4 Taklukkan Lingkaran Arktik Kutub Utara (66313)
searchPerbesar
Ducati Multistrada V4 2021 di Lingkaran Arktik, Kutub Utara. Foto: Ducati
Mereka bercerita jika hawa dingin di utara sangat ganas. Bahkan dengan penurunan suhu yang drastis dan kondisi salju yang lebat, mereka harus memakai ban khusus untuk menjaga cengkeraman di jalan yang licin di seluruh Swedia.
ADVERTISEMENT
Di hari keempat, suhu menunjukkan minus 5 derajat celsius dengan kondisi medan yang semakin menantang, tujuannya adalah ke Stockholm Desmo Center untuk mengganti ban yang ternyata sudah dikirim lebih dulu dari Italia. Mereka mengganti set ban dengan karakter yang lebih tajam sehingga bisa mencengkeram salju dengan lebih baik.
Perjalanan Epik Ducati Multistrada V4 Taklukkan Lingkaran Arktik Kutub Utara (66314)
searchPerbesar
Penggunaan ban khusus dengan besi tambahan di Ducati Multistrada V4 2021. Foto: Ducati
Besoknya mereka menargetkan bisa berkendara sekitar 750 kilometer ke utara di sepanjang Teluk Bothnia, sebuah teluk yang memisahkan antara Swedia dan Finlandia untuk mencapai poin selanjutnya yakni Kota Skelleftea.

Hari ketujuh dan Lingkaran Arktik

Perjalanan Epik Ducati Multistrada V4 Taklukkan Lingkaran Arktik Kutub Utara (66315)
searchPerbesar
Alessandro Broglia dan Alessandro Mollo menggunakan Ducati Multistrada V4 2021 di Lingkaran Arktik, Kutub Utara. Foto: Ducati
Hari ketujuh, adalah di mana titik mereka akhirnya sampai di Lingkaran Arktik. Disambut cahaya khas lingkaran Kutub Utara dengan pemandangan indah, meskipun suhu saat itu turun drastis menjadi minus 31 derajat celsius.
ADVERTISEMENT
"Kami terus bergerak ke perbatasan dengan Norwegia, yang sekarang tidak mungkin dilewati, karena pembatasan COVID-19. Kami melewati semua jalan yang kami bisa," terang mereka.
Dua hari cukup bagi mereka untuk menikmati semua pertunjukan spektakuler dari Lingkaran Arktik. Tepat di hari kesepuluh mereka kembali Stockholm menerabas cahaya utara, berpapasan dengan rusa kutub yang bersembunyi di antara pepohonan, dan melewati danau beku yang mereka sebutkan jadi kenangan paling indah.
Perjalanan Epik Ducati Multistrada V4 Taklukkan Lingkaran Arktik Kutub Utara (66316)
searchPerbesar
Ducati Multistrada V4 2021 di Lingkaran Arktik, Kutub Utara. Foto: Ducati
"Jalan yang akan membawa kita kembali ke Italia sangat panjang. Keyakinan yang kami miliki sekarang ada pada motor Multistrada V4 kami luar biasa. Karena itu kami memutuskan untuk berkendara sejauh 910 kilometer tanpa berhenti dan mencoba kembali ke Stockholm pada malam hari," bebernya.
ADVERTISEMENT
Berhasil melalui itu semua, mereka mengatakan Ducati Multistrada V4 mampu tampil ciamik di kondisi paling ekstrem. Duo Alessandro mencatatkan perjalanan 12 hari dengan total jarak tempuh sampai 7.400 kilometer dari Italia ke Lingkaran Arktik dan kembali rumahnya masing-masing.
"Kami pergi dengan ide untuk mencapai Kutub Utara, bertahan dalam petualangan ekstrem, tapi sekarang kami menyadari bahwa kami tidak hanya bertahan, kami hidup dan menghirup pengalaman yang nyata," katanya.
Perjalanan Epik Ducati Multistrada V4 Taklukkan Lingkaran Arktik Kutub Utara (66317)
searchPerbesar
Ducati Multistrada V4 2021 di Lingkaran Arktik, Kutub Utara. Foto: Ducati
Ekspedisi Kutub Utara ini seakan jadi pembuktian pabrikan kepada konsumen. Mereka bukan cuma menjagokan sebuah data dari atas kertas, tapi berani mengujinya langsung di jalanan ekstrem seperti Lingkaran Arktik 3 bulan dari tanggal awal peluncurannya.

Ducati Multistrada V4 2021 meluncur di Indonesia Mei mendatang

Dari penuturan nakhoda baru Ducati di Indonesia, PT Cakra Motor Sport (CMS), Multistrada V4 2021 akan mengaspal resmi pada Mei 2021.
Perjalanan Epik Ducati Multistrada V4 Taklukkan Lingkaran Arktik Kutub Utara (66318)
searchPerbesar
Ducati Multistrada V4 2021 di Lingkaran Arktik, Kutub Utara. Foto: Ducati
"Di Mei nanti akan kita luncurkan, estimasi harganya Rp 939 juta off the road. Nanti yang masuk varian S beda warna, beda juga harganya," kata Marketing, Ducati Indonesia, Bonifacius Soemarmo saat dihubungi kumparan.
ADVERTISEMENT
Menariknya, untuk fitur, mesin, dan semua teknologi Multistrada V4 yang digunakan pada ekspedisi North Pole akan sama seperti yang dijual di Indonesia nanti. Artinya unit yang akan masuk pasar dalam negeri tak mengalami penyunatan.
"Untuk di Mei masih kita konfirmasi terkait unitnya. Kurang lebih ada 5-10 unit yang akan masuk ke Indonesia," ungkapnya.