Otomotif
·
24 September 2020 7:02

Perlukah Aktifkan Rem Parkir Saat Mobil Lama Tak Digunakan?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Perlukah Aktifkan Rem Parkir Saat Mobil Lama Tak Digunakan? (334501)
Ilustrasi rem parkir Foto: dok. Your Mechanic
Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Ketat kembali diberlakukan di DKI Jakarta sejak Senin lalu (14/9). Kondisi itu pun membuat sebagian masyarakat terpaksa memarkirkan kembali mobil kesayangannya di garasi untuk jangka waktu yang lama.
ADVERTISEMENT
Nah ketika memarkirkan mobil di garasi dalam jangka waktu yang lama, apakah rem parkir yang ada pada mobil sebaiknya diaktifkan atau tidak?
Sebab, ada beberapa orang yang berpendapat bahwa penggunaan rem parkir untuk mobil yang diparkir lama dan tidak bergerak sama sekali, akan memicu potensi rem mengunci. Lantas benarkah demikian?
Perlukah Aktifkan Rem Parkir Saat Mobil Lama Tak Digunakan? (334502)
Ilustrasi Mobil Parkir di Garasi Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Dealer Technical Support PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi, mengatakan bahwa cara terbaik untuk memarkirkan mobil dalam jangka waktu yang lama, yakni dengan mengaktifkan rem parkir.
Sebaiknya tetap gunakan rem parkir, ini lebih ke faktor safety dan enggak akan ada komponen yang rusak apabila memarkirkan mobil dengan mengaktifkan rem parkir," terang Didi beberapa waktu lalu.
Perlukah Aktifkan Rem Parkir Saat Mobil Lama Tak Digunakan? (334503)
Rem parkir elektrik DFSK Glory i-Auto Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Meskipun begitu, Didi juga tidak menampik apabila mobil yang diparkir dalam jangka waktu lama dengan rem parkir yang aktif, tidak jarang mengalami gejala seperti rem macet atau mobil yang tak mau maju.
Kondisi itu juga bisa dibarengi dengan timbulnya suara aneh manakala mobil hendak dimajukan.
ADVERTISEMENT
"Sering juga kejadiannya saat mobil dicuci malam, nah dia akan nempel dikarenakan ada karat. Itu tidak apa-apa, paksa saja masuk gigi meskipun bunyinya memang agak keras seperti 'Cetek'," beber Didi.
Bagi Anda yang mengalami kondisi tersebut, kata Didi, tak perlu terlalu khawatir. Sebab, hal itu bukanlah masalah yang serius bagi sistem pengereman.
Perlukah Aktifkan Rem Parkir Saat Mobil Lama Tak Digunakan? (334504)
Ilustrasi rem parkir model pedal. Foto: dok. Nissan

Cegah mobil 'nyelonong'

Menurutnya, mengaktifkan rem parkir saat sedang terparkir lama jauh lebih penting, terutama guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti mobil 'nyelonong'.
Imbauan tetap mengaktifkan rem parkir saat terparkir lama tersebut, ditunjukkan untuk mobil bertransmisi manual ataupun mobil bertransmisi otomatik.
"Kalau manual posisikan transmisi di Netral lalu tarik rem parkir. Lalu untuk matik, harus pindahkan dahulu tuas transmisi ke P, baru habis itu tarik atau tekan rem parkir," tutup Didi.
ADVERTISEMENT
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)