Otomotif
·
22 Agustus 2019 7:21

Pilih Mitsubishi Xpander Baru atau Pajero Sport Bekas?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Pilih Mitsubishi Xpander Baru atau Pajero Sport Bekas?  (28452)
Mitsubishi Xpander baru Vs Mitsubishi Pajero Sport bekas Foto: dok. Istimewa
Nama Mitsubishi Xpander memang terbilang sukses di pasar mobil baru segmen low MPV. Tampilan modern dan futuristik dinilai menjadi salah satu alasan orang meminang mobil ini.
ADVERTISEMENT
Bagi Anda yang sedang berburu mobil 7 penumpang dengan budget Rp 200 jutaan, memang tak ada salahnya untuk memilih mobil ini. Selain memiliki tampilan yang menarik, Xpander juga memiliki keunggulan dalam hal ragam fitur dan akomodasi.
Namun, jika Anda merasa Xpander masih belum sesuai dengan keinginan Anda. Tidak ada salahnya untuk melirik model Mitsubishi lainnya, yaitu Pajero Sport. Tapi tunggu dulu, yang kami maksud bukanlah Pajero Sport terbaru melainkan Pajero Sport bekas.
Ya, pasaran harga Pajero Sport bekas saat ini memang sudah banyak yang berada di kisaran Rp 200 jutaan. Umumnya, Pajero Sport bekas seharga segitu ialah Pajero Sport generasi kedua atau generasi pertama untuk pasar Indonesia dengan tahun produksi 2012 hingga 2013.
ADVERTISEMENT
Berbeda dengan Xpander yang menyasar segmen low MPV, Pajero Sport memang menyasar segmen jauh di atas Xpander, yaitu big SUV. Itu artinya, secara kelas tentu saja Pajero Sport jauh berada di atas Xpander.
Dan untuk memudahkan Anda yang saat ini mungkin sedang bingung dalam memilih dan membandingkan kedua mobil tersebut. Berikut kumparan sajikan informasi dan spesifikasi dari keduanya.
Mitsubishi Xpander baru
Pilih Mitsubishi Xpander Baru atau Pajero Sport Bekas?  (28453)
Mitsubishi Xpander Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Saat ini Xpander dibanderol oleh Mitsubishi dengan kisaran harga mulai dari Rp 210,3 juta hingga Rp 265,1 juta. Menyasar segmen low MPV, Xpander dibekali mesin bensin berkapasitas 1.5 liter.
Mesin tersebut menjanjikan tenaga 103 dk dengan torsi puncak 141 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke dua roda depan melalui dua pilihan sistem transmisi, yaitu manual 5 percepatan dan otomatik 4 percepatan.
Pilih Mitsubishi Xpander Baru atau Pajero Sport Bekas?  (28454)
com-Mitsubishi Xpander Foto: doc. Mitsubishi
Untuk urusan fitur, Xpander dibekali Dual SRS Airbag, Isofix, sistem pengereman ABS, EBD dan Brake Assist, Emergency Stop Signal, Active Stability Control, Hill Start Assist, Cruise Control, Rear Parking Camera, Keyless Operation System, dan Immobilizer.
ADVERTISEMENT
Lalu untuk fitur kenyamanan, Mitsubishi menyematkan 3 Power Outlet 12 volt yang masing-masing terbagi di 3 baris. Sementara untuk fitur hiburannya, Xpander dibekali head unit layar sentuh.
Mitsubishi Pajero Sport bekas
Pilih Mitsubishi Xpander Baru atau Pajero Sport Bekas?  (28455)
Mitsubishi Pajero Sport bekas Foto: dok. WTCM2
Pajero Sport produksi 2012 hingga 2013 ini hadir dengan 2 pilihan mesin, yaitu bensin dan Diesel.
Untuk mesin bensinnya, memiliki konfigurasi V6 dengan kapasitas 3.0 liter. Mesin ini menghasilkan tenaga hingga 214 dk dan torsi 281 Nm.
Sementara untuk mesin Dieselnya, punya 2 pilihan, yaitu non VGT dan VGT Hi Power. Keduanya sama-sama memiliki kapasitas 2.5 liter.
Diesel non VGT, mampu menyemburkan tenaga hingga 136 dk dan torsi 314 Nm. Sementara untuk mesin diesel dengan VGT, memiliki tenaga sebesar 174 dk dan torsi 400 Nm.
ADVERTISEMENT
Untuk sistem transmisinya, Pajero Sport dibekali sistem transmisi manual 5 percepatan dan otomatik 4 percepatan untuk varian GLS dan Exceed, serta otomatik 5 percepatan untuk varian 4x4 GLX dan Dakar.
Menyoal fitur, Pajero Sport tentu dibekali oleh ragam fitur bantuan mengemudi, keselamatan dan keamanan. Fitur-fitur tersebut antara lain, Dual SRS Airbags, sistem pengereman ABS, EBD dan Brake Assist, Rear Parking Sensor, Sunroof, Paddle Shift serta Immobilizer.
Lalu untuk fitur kenyamanan dan hiburannya, Pajero Sport menawarkan head unit layar sentuh dengan konektivitas Bluetooth. Tersedia juga steering wheel audio control dan rear AC blower.
Pilih Mitsubishi Xpander Baru atau Pajero Sport Bekas?  (28456)
Interior Mitsubishi Pajero Sport 2012 Foto: dok. Paultan
Dari kedua mobil tersebut, tentu masing-masing memiliki sisi kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
Apabila Anda memilih Mitsubishi Xpander sudah tentu Anda tidak akan dipusingkan dengan perawatan dari mobil ini.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Xpander juga dilengkapi dengan beragam fitur terkini di dalamnya. Belum lagi, tersedianya power outlet 12 volt yang di setiap baris, akan membuat penumpang nyaman duduk di dalamnya..
Kekurangannya, Xpander tentu tidak setangguh Pajero Sport saat melalui jalanan yang kurang baik kondisinya. Belum lagi, secara kelas Xpander juga kalah dibandingkan Pajero Sport.
Sementara kelebihan dari Pajero Sport, tentu saja dimensinya yang tinggi membuat mobil ini aman dan nyaman saat digunakan di jalanan yang kondisinya buruk.
Selain itu, dengan dimensinya yang cukup besar, mobil ini juga akan nyaman saat digunakan untuk perjalanan jauh. Harga bekas dari mobil ini juga terbilang bertahan cukup bagus.
Sementara kekurangannya, karena berstatus sebagai mobil bekas, tentu akan ada banyak hal yang harus diperhatikan dari mobil ini.
ADVERTISEMENT
Jadi, pilih Mitsubishi Xpander baru atau Pajero Sport bekas?