Otomotif
·
9 Desember 2020 10:05

PO Rosalia Indah Punya 6 Bus Baru, Intip Tampilan dan Fiturnya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
PO Rosalia Indah Punya 6 Bus Baru, Intip Tampilan dan Fiturnya (395996)
Bus baru PO Rosalia Indah. Foto: dok. Adiputro
Perusahaan Otobus (PO) Rosalia Indah kembali menambah armada barunya jelang akhir tahun 2020. Tak tanggung-tanggung, 6 bus baru langsung dirilis oleh perusahaan otobus asal Karanganyar, Jawa Tengah ini.
ADVERTISEMENT
Rinciannya, 4 bus menggunakan bodi Jetbus MHD dan 2 bus berbalut bodi Jetbus SDD double decker garapan karoseri Adiputro.
Berdasarkan video yang diunggah di akun Youtube Adiputro, untuk 4 bus Jetbus MHD itu dibangun di atas sasis Mercedes-Benz OH 1626. Keempatnya akan diperuntukkan untuk kelas Super Top.
Dari segi tampilan, keempat bus ini tetap hadir dengan livery dan warna bodi khas PO Rosalia Indah, yaitu perpaduan warna silver dan oranye.
Masuk ke bagian dalam, berbagai fasilitas kenyamanan pun disematkan pada 4 bus ini. Mulai dari jok berkonfigurasi 2-1 dengan sandaran kaki, bagasi kabin tertutup layaknya pada pesawat terbang, port pengisian daya untuk smartphone, audio video on demand, televisi, cupholder, free wifi, bantal, selimut, servis makan, hingga tentunya toilet.
PO Rosalia Indah Punya 6 Bus Baru, Intip Tampilan dan Fiturnya (395997)
Bus baru PO Rosalia Indah. Foto: dok. Adiputro
Pada bus bersasis Mercedes-Benz OH 1626 ini memiliki spesifikasi mesin diesel 6 silinder turbo intercooler berkubikasi 6.374 cc. Di atas kertas, mesin itu menjanjikan tenaga 260 dk pada 2.200 rpm dan torsi puncak 950 Nm pada rentan 1.200 hingga 1.600 rpm.
ADVERTISEMENT
Untuk sistem transmisinya, OH 1626 punya 2 pilihan, manual 6 percepatan dan otomatik 6 percepatan. Salah satu keunggulan dari sasis OH 1626 ini, yaitu suspensinya yang telah menggunakan suspensi udara. Sehingga akan jauh lebih nyaman.
PO Rosalia Indah Punya 6 Bus Baru, Intip Tampilan dan Fiturnya (395998)
Bus baru PO Rosalia Indah. Foto: dok. Adiputro

2 bus double decker PO Rosalia Indah

Selanjutnya untuk 2 bus double decker-nya, dibangun di atas sasis Scania K410 dan nampaknya akan diperuntukkan untuk kelas First Class Double Decker.
Sama seperti 4 bus Jetbus MHD, bus double decker ini juga punya livery khas, yakni warna silver dan oranye. Sayangnya, untuk tampilan dalam dari bus double decker ini, tidak ditampilkan pada video tersebut.
PO Rosalia Indah Punya 6 Bus Baru, Intip Tampilan dan Fiturnya (395999)
Bus baru PO Rosalia Indah. Foto: dok. Adiputro
Namun, bila berkaca pada armada-armada Scania double decker yang telah dimiliki Rosalia Indah, seluruh bus itu memiliki konfigurasi kursi 1-1 dan 2-1 pada bagian bawah, serta 2-2 pada bagian atasnya.
ADVERTISEMENT
Berbagai fasilitas tentu tersemat di bus ini. Mulai dari jok yang lebar dengan sandaran kaki, bagasi kabin layaknya pesawat, port USB untuk pengisian daya smartphone, televisi, audio video on demand, cupholder, free wifi, bantal, selimut, servis makan, hingga toilet.
PO Rosalia Indah Punya 6 Bus Baru, Intip Tampilan dan Fiturnya (396000)
Bus baru PO Rosalia Indah. Foto: dok. Adiputro
Khusus bus double decker berbasis Scania K410 ini memiliki spesifikasi mesin diesel 6 silinder turbo intercooler berkapasitas 13 liter. Mesin berkapasitas besar itu menjanjikan tenaga 410 dk pada 1.900 rpm dan torsi puncak 2.000 Nm pada rentan 1.000 hingga 1.350 rpm.
Sistem transmisi yang dimilikinya, yakni otomatik 8 percepatan dengan teknologi Opticruise. Sebagai sebuah bus premium, Scania K410 ini juga sudah dilengkapi dengan suspensi udara.
PO Rosalia Indah Punya 6 Bus Baru, Intip Tampilan dan Fiturnya (396001)
Bus baru PO Rosalia Indah. Foto: dok. Adiputro
Meski telah merilis 6 bus barunya itu, PO Rosalia Indah belum juga mengumumkan rute mana saja yang akan menikmati bus baru tersebut.
ADVERTISEMENT
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)