kumparan
29 Maret 2018 7:51

Pasar City Car Memanas: Honda Brio vs Mitsubishi Mirage

Infog Brio dan Mirage
Infografis Honda Brio dan Mitsubishi Mirage (Foto: Sabryna Muviola/kumparan)
Mungkin ada sebagian dari kamu yang kurang menyadari bahwa Mitsubishi punya perwakilan di segmen city car. Mendengar mobil penumpang Mitsubishi pastinya hal yang langsung terbayang adalah si bongsor Pajero Sport ataupun si pendatang baru yang fenomenal Mitsubishi Xpander.
ADVERTISEMENT
Nah, cukup menarik nih. Ternyata kedatangan si pendatang baru Mitsubishi Xpander yang laris manis membuat nama Mitsubishi Mirage pun ikut terangkat. Hal tersebut dipaparkan langsung oleh Imam Choeru Cahya selaku Head Sales and Marketing Manager PT MMKSI, “pasti, dengan hadirnya Mitsubishi Xpander ikut meningkatkan image dari passenger car-nya Mitsubishi”.
Mengacu data Gabungan industri kendaraan bermotor Indonesia (Gaikindo), pada Februari 2018, angka distribusi Mirage yang main di kelas city car, mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari 48 unit menjadi 201unit.
Kendati demikian, kami tertarik ingin membedah si mungil Mitsubishi Mirage dengan teman sekelasnya city car besutan Honda, Brio. Sebagai catatan, untuk komparasi ini kami memilih varian tertinggi baik dari Honda Brio maupun Mitsubishi Mirage.
ADVERTISEMENT
Menurut kami ini menarik, sebab berbicara salah satu faktir paling penting, yakni masalah harga, keduanya memiliki harga yang tak jauh berbeda. Honda brio tipe tertinggi yaitu Brio RS Special Edition diniagakan Honda dengan harga Rp 182 juta, sedangkan Mirage dilego Mitsubishi dengan harga Rp 197,5 juta. Keduanya punya selisih harga sebesar Rp 15,5 juta.
Lalu bagaimana dengan sumber tenaganya? Keduanya sama-sama mengusung mesin berkubikasi 1,200 cc. Meski Honda Brio unggul dengan tenaga yang dijanjikan sebesar 88 daya kuda (dk), sedangkan Mirage hanya mampu memuntahkan tenaga sebsar 76 dk.
Lanjut ke fitur keselamatan, keduanya dilengkapi dengan fitur keselamatan yang sama persis. Sama-sama ada anti-lock braking system (ABS), electric brake distribution (EBD), ISOFIX, dual airbag, dan juga seatbelt reminder. Untuk masalah ini, keduanya bisa dibilang seimbang.
ADVERTISEMENT
Nah, menyoal ke fitur keamanannya, Mirage boleh berbangga diri. Sebab, city car ini sudah dilengkapi dengan fitur keyless untuk pengoperasiannya alias tidak menggunakan kunci. Sedangkan Brio masih bergantung pada anak kuci untuk menghidupkan mesinnya. Sisanya, tak ada yang berbeda. Sama-sama dilengkapi dengan immobilizer, alarm, dan lock by speed.
Kira-kira kalau disuruh memilih, kalian pakan pilih yang mana?
Untuk tahu lebih lanjut, berikut sajian info grafis kumparanOTO untuk kedua city car ini. Mari disimak!
infog Brio dan Mirage
Infografis Honda Brio dan Mitsubishi Mirage (Foto: Sabryna Muviola/kumparan)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan