Otomotif
·
11 Januari 2021 8:09

PSBB Ketat Jakarta, Ganjil Genap Belum Diberlakukan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
PSBB Ketat Jakarta, Ganjil Genap Belum Diberlakukan (21007)
searchPerbesar
Kendaraan melintas di Jalan Jenderal Sudirman, Semanggi, Jakarta, Senin (26/10). Foto: Dhemas Reviyanto/ANTARA FOTO
Sistem pembatasan kendaraan bermotor dengan ganjil genap dipastikan belum berlaku hingga saat ini di DKI Jakarta. Demikian diungkapkan Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar.
ADVERTISEMENT
“Ganjil genap belum berlaku sampai saat ini, kata Fahri saat dihubungi kumparan, Minggu (9/1).
PSBB Ketat Jakarta, Ganjil Genap Belum Diberlakukan (21008)
searchPerbesar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memberikan keterangan pers PSBB di Balai Kota, Jakarta, Minggu (13/9). Foto: Pemprov DKI Jakarta
Ini juga sebagai respons kebijakan PSBB Ketat di Jakarta mulai 11 sampai 25 Januari 2020, yang sudah diberlakukan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, untuk memutus penularan COVID-19.
Pasalnya, kata Fahri, bila ganjil genap diberlakukan bisa berpotensi membuat pengguna transportasi umum membeludak, dan ini rentan terhadap penularan COVID-19.
“Kami akan terus evaluasi, karena yang dikhawatirkan apabila diterapkan (ganjil genap) akan menimbulkan cluster,” imbuh dia.

Volume kendaraan naik

PSBB Ketat Jakarta, Ganjil Genap Belum Diberlakukan (21009)
searchPerbesar
Macet di Jalan Sudirman, Jakarta Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan
Fahri tak memungkiri, imbas dari tak diberlakukannya ganjil genap ada peningkatan volume kendaraan, hingga 30 persen.
“Untuk kenaikan bersifat fluktuatif memang, sekitar 30 persen ya,” pungkasnya.
Sebagai upaya mengurai kemacetan, kepolisian memberlakukan rekayasa arus lalu lintas. Mulai dari pengalihan arus hingga menerapkan contraflow dan sebagainya.
ADVERTISEMENT

Tapi, tilang elektronik masih beroperasi

PSBB Ketat Jakarta, Ganjil Genap Belum Diberlakukan (21010)
searchPerbesar
Salah satu kamera pengawas atau 'closed circuit television' (CCTV) terpasang di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (23/1/2020). Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Kendati demikian, dijelaskan oleh Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, meski sistem ganjil genap ditiadakan sementara, tilang berbasis elektronik atau ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) masih beroperasi.
“ETLE yang ditilang oleh kamera ini bukan hanya ganjil genap. Jadi ETLE tetap berlaku untuk semua pelanggaran hanya saja tidak untuk ganjil genap,” kata Sambodo kepada kumparan, belum lama ini.