Otomotif
·
8 Oktober 2020 14:03

Punya Mobil dengan Skema Berlangganan, Toyota Avanza dan Innova Jadi Primadona

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Punya Mobil dengan Skema Berlangganan, Toyota Avanza dan Innova Jadi Primadona (26508)
searchPerbesar
New Toyota Avanza tipe G. Foto: dok. Toyota
Toyota bersama perusahaan pembiayaannya beberapa waktu lalu meluncurkan layanan Kinto. Sebuah solusi kepemilikan mobil baru dengan sistem langganan pada jangka waktu tertentu, juga tanpa menyetor uang muka.
ADVERTISEMENT
Adapun, durasi berlangganannya dipatok 3 tahun dan dalam jangka kilometer tertentu (15 ribu km, 25 ribu km atau 40 ribu km), yang pembayarannya dilakukan tiap bulan.
Biaya berlangganan itu untuk perawatan mobil, asuransi, pajak kendaraan, dan lainnya. Sehingga konsumen yang memilih Kinto cukup modal SIM, uang elektronik, dan BBM saja.
Punya Mobil dengan Skema Berlangganan, Toyota Avanza dan Innova Jadi Primadona (26509)
searchPerbesar
Layanan Kinto One Foto: dok. Tangkapan Layar kinto-id.com
Lalu bagaimana penerimaan respons konsumen terkait layanan ini?
Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan bahwa untuk tahap awal fokus mereka adalah edukasi dan sosialisasi layanan berlangganan mobil.
"Sejauh ini ternyata penerimaan masyarakat Indonesia terhadap Kinto cukup baik," ujarnya saat dihubungi kumparan, Rabu (7/10).
Punya Mobil dengan Skema Berlangganan, Toyota Avanza dan Innova Jadi Primadona (26510)
searchPerbesar
New Toyota Avanza tipe G. Foto: dok. Toyota
Ia menambahkan, secara trafik jumlah orang yang akses ke layanan Kinto melebihi ekspektasi. Setidaknya ada 234 ribu pengunjung dengan rata-rata 80 ribu pengunjung laman Kinto per bulan.
ADVERTISEMENT
Meskipun, pengunjung yang akhirnya menggunakan layanan ini masih terbilang relatif kecil. "Aplikasi yang masuk sejauh ini ada sekitar 150 dan yang sudah berlangganan 73 konsumen," jelasnya.
Punya Mobil dengan Skema Berlangganan, Toyota Avanza dan Innova Jadi Primadona (26511)
searchPerbesar
Toyota Kijang Innova Venturer. Foto: dok. Toyota
Dari angka itu kebanyakan konsumen memilih model MPV seperti Toyota Avanza dengan kontribusi 20,7 persen, kemudian disusul Kijang Innova dengan komposisi 17,2 persen.
"Dua model ini peminatnya cukup banyak sebagai additional car berbagai kebutuhan ekstra pemiliknya, sehingga rasanya cocok dengan kebanyakan segmen Kinto yang ingin kami sasar," imbuh Anton.

Biaya berlangganan Toyota Avanza dan Innova

Semisal Anda tertarik Kinto, kumparan coba lampirkan estimasi pembayarannya. Misal mengincar Avanza 1.3 matik.
Dengan durasi berlangganan 3 tahun untuk jarak tempuh 15 ribu per tahun, tanpa mobil pengganti apabila kendaraan masuk bengkel, dananya sekitar Rp 5,5 jutaan. Kemudian dikali 36 bulan flat, biaya berlangganan selama 3 tahun mencapai Rp 198,8 jutaan.
Punya Mobil dengan Skema Berlangganan, Toyota Avanza dan Innova Jadi Primadona (26512)
searchPerbesar
Toyota Avanza tipe terendah Foto: dok. Toyota
Oke coba model lainnya yakni Toyota Innova Diesel tipe V matik. Dengan skema dan fasilitas yang serupa sebelumnya, biaya langganan per bulan mencapai Rp 9,3 jutaan atau Rp 335,1 jutaan. Semua harga belum termasuk pajak, ya.
ADVERTISEMENT
Bagaimana? Lewat harga tadi mending sewa atau sekalian beli yang baru?