kumparan
29 April 2018 17:02

Ragam Pilihan Roof Box untuk Kebutuhan Mudik

Roof Box
Roof Box (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 tidak hanya memamerkan kendaraan roda empat dan dua saja. Kamu juga dapat mengunjungi hall B yang dijadikan 'sarang' produk-produk after market mobil dan motor.
ADVERTISEMENT
Sebut saja Otoproject, importir dan distributor aneka macam aksesori mobil yang menjual beragam pilihan roof rack atau roof box beserta komponen serupa yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
Di booth-nya yang berlokasi di hall B-P62 JIexpo Kemayoran, pengunjung dapat memilih berbagai macam roof box dari berbagai macam material ditambah cross bar untuk meletakkan roof box-nya.
Berbagai Macam Pilihan Cross Bar
Berbagai Macam Pilihan Cross Bar (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
"Di sini banyak pilihannya, ada roof box yang bahannya lentur jadi kalau kejatuhan kelapa enggak akan pecah, ada roof rack, roof luggage bag, sama roof bag yang bisa dipilih sesuai kebutuhan," ujar Henry Fadhillah salah satu tenaga penjual Otoproject saat ditemui kumparanOTO.
"Tapi tetap aja harus pasang cross bar juga walaupun udah ada roof rail-nya, kan cross bar itu aluminium yang melintang sesuai lebar mobil buat menaruh si roof box-nya," tambah Henry.
ADVERTISEMENT
Sesuai penjelasannya, cross bar untuk mengaitkan roof box dibanderol mulai dari Rp 600 ribu hingga 1,2 juta, tergantung lebar mobilnya. Sedangkan roof box-nya sendiri dijual mulai dari harga Rp 4 juta yang berkapasitas 300 liter bermaterial plastik elastis, hihgga 8,3 juta untuk roof box berkapasitas 600 liter dengan material karbon.
Apabila tidak menyukai model roof box, ada pula roof bag berbahan anti air yang dibanderol mulai dari Rp 650 ribu. Ada pula roof rack berbahan plastik dan roof luggage bag berbahan besi untuk menyimpan berbagai macam barang seperti kardus, sepeda lipat, atau barang lain yang dapat diangkut di atas mobil.
Untuk roof rack dijual mulai dari Rp 900 ribuan dan roof luggage rack dibanderol mulai dari Rp 1,7 juta sesuai dimensi atau lebar mobil.
Berbagai Macam Pilihan Roof Rack
Berbagai Macam Pilihan Roof Rack (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
Adapun, kelebihan lain yang ditawarkan dari produk tersebut adalah roof box yang dapat dibuka dari sisi kiri atau kanan, sehingga memudahkan pemiliknya untuk mengatur posisi barang yang disimpan, hal tersebut karena engsel untuk membukanya berada di tengah.
Mekanisme Penempelan Cross Bar
Mekanisme Penempelan Cross Bar (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
Mudahnya lagi, cross bar yang dijual mudah untuk dibongkar pasang, caranya dengan mekanisme menjepit tepian rangka atas mobil sehingga tidak harus melubangi rangka mobil. Tak hanya cross bar, roof box pun dapat dengan mudah dipasang pada cross bar melalui pengait yang sudah tersedia.
Roof Box dengan Cross Bar
Roof Box dengan Cross Bar (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
Henry memastikan produk (cross bar) yang dijualnya aman dan tidak membuat bocor pada rangka ataupun pada talang air (tidak melubangi body mobil), karena pemasanganya menjepit tepian rangka atas mobil. Adapun mengenai batasan berat, setiap cross bar maupun roof box-nya memiliki kapasitas berat yang beragam sesuai kebutuhan.
ADVERTISEMENT
Apabila terlanjur membeli cross bar atau roof box pada IIMS 2018 dan sungkan untuk memasangnya sendiri, Otoproject menyediakan pemasangan di kantornya yang beralamatkan di Ruko Sedayu Square Blok H No. 29, Jalan Lingkar Luar Barat, Cengkareng, Jakarta Barat.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan