Otomotif
·
9 Februari 2021 11:35

Rekor Dunia, Mobil Listrik di Norwegia Kuasai Penjualan Mobil Baru

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Rekor Dunia, Mobil Listrik di Norwegia Kuasai Penjualan Mobil Baru (92682)
Ilustrasi mobil listrik. Foto: dok. BMW
Norwegia menjadi negara pertama di dunia, yang berhasil membuat mobil listrik bisa menguasai pasar otomotif. Jauh mengalahkan mobil konvensional.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan data Norwegian Road Federation (OFV) mobil listrik berbasis baterai atau battery electric vehicles (BEV), menorehkan pangsa pasar 54,3 persen.
Total Penjualan mobil baru di negara itu pada 2020 di angka 141.412 unit, di mana 76.789 unit di antaranya mobil listrik murni.
Rekor Dunia, Mobil Listrik di Norwegia Kuasai Penjualan Mobil Baru (92683)
Komposisi penjualan mobil listrik di Norwegia kalahkan mobil bensin dan diesel. Foto: weforum.org
Angka tersebut mengalami kenaikan dari 2019 lalu hanya 42,4 persen. Dan melesat jauh dibanding 10 tahun lalu atau pada 2011, yang hanya berkontribusi 1 persen.
Sementara mobil konvensional bermesin bensin hanya 8 persen, dan mesin diesel 9 persen. Lalu mobil hybrid 9 persen, sedangkan plug-in hybrid 20 persen.

Mobil listrik bebas pajak

Norwegia yang juga merupakan negara penghasil minyak bumi, bertekad untuk bisa menjadi negara pertama, yang mengakhiri penjualan mobil konvensional pada 2025.
Rekor Dunia, Mobil Listrik di Norwegia Kuasai Penjualan Mobil Baru (92684)
Perbandingan penjualan mobil listrik di Norwegia dengan mobil hybrid, mesin bensin dan diesel. Foto: weforum.org
Mereka memberlakukan kebijakan, pembebasan seluruh pajak yang dikenakan pada mobil yang masih menggunakan BBM, pada mobil listrik.
ADVERTISEMENT
Beleid tersebut mengubah pasar mobil negara tersebut menjadi laboratorium, bagi produsen mobil dunia.
“Kami pasti berada di jalur yang tepat untuk mencapai target 2025,” ujar Chief Executive OFV Oeyvind Thorsen mengutip dari Weforum.org.
Rekor Dunia, Mobil Listrik di Norwegia Kuasai Penjualan Mobil Baru (92685)
Audi e-Tron. Foto: Cars.com

Audi e-Tron kalahkan Tesla Model 3

Model mobil listrik BEV yang paling laris di Norwegia pada 2020 yaitu Audi e-Tron. Mobil SUV ini menggeser Tesla Model 3 yang menduduki takhta terlaris pada 2019 lalu.
Diperkirakan masih akan datang lagi berbagai mobil listrik, yang akan dijual di Norwegia, seperti Tesla Model Y, dan produk milik Ford, BMW dan Volkswagen.
Selain itu, Mercedes-Benz, Kia, Peugeot, Opel, Citroen, DS dan Smart, memperkirakan 70 persen mobil baru yang dijual adalah mobil listrik pada 2021.
ADVERTISEMENT