Otomotif
·
26 November 2020 11:29

Remote Keyless All New Yamaha NMax Hilang, Segini Biaya Ganti Baru

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Remote Keyless All New Yamaha NMax Hilang, Segini Biaya Ganti Baru (1248)
All new Yamaha NMax Connected. Foto: Aditya Pratama Niagara
Ada dua varian all new Yamaha NMax sekarang yang sudah menganut penguncian keyless. Selain versi ABS, yang terbaru ada model Connected.
ADVERTISEMENT
Sebagai ganti anak kunci, pemilik motor cukup mengandalkan remote yang disebut Smart Key System (SKS). Sederhananya untuk menyalakan kelistrikan atau menghidupkan mesin cukup dekatkan remote. Kemudian putar tuas dan nyalakan starter.
Remote Keyless All New Yamaha NMax Hilang, Segini Biaya Ganti Baru (1249)
Keyless di All New Yamaha NMax. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Ini lantaran remote memiliki teknologi immobilizer. Di dalamnya terdapat transponder yang mengirim sinyal ke ECU. Apabila kodenya cocok, sistem kelistrikan dan mesin dapat dihidupkan.
Selebihnya remote keyless cukup letakkan di saku atau taruh di slot penyimpanan. Apabila sudah sampai tujuan, jangan lupa rogoh slot penyimpanan motor untuk memastikan keberadaan remote keyless, sekaligus benda lainnya, handphone umpamanya.
Remote Keyless All New Yamaha NMax Hilang, Segini Biaya Ganti Baru (1250)
Kunci keyless All New Yamaha NMax. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Bagaimana jika remote keyless all new Yamaha NMax hilang?

Apabila tanpa disadari remote keyless hilang, tidak usah khawatir. Sebab Yamaha Indonesia menyediakan perangkat kunci keyless baru atau pengganti. Tapi prosedurnya tidak mudah, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi pemilik motor.
ADVERTISEMENT
"Tapi konsumen tidak bisa sembarangan beli. Mereka harus membawa bukti kepemilikan, seperti STNK dan KTP untuk memastikan bahwa yang membeli adalah pemiliknya," ujar Public Relation Manager PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Antonius Widiantoro kepada kumparan beberapa waktu lalu.
Remote Keyless All New Yamaha NMax Hilang, Segini Biaya Ganti Baru (1251)
All New Yamaha NMax. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Selain itu pemilik juga harus bisa menunjukkan nomor serial remote yang didapat saat pembelian motor. Nah khusus ini harus disimpan baik-baik.
Rekomendasi terbaiknya simpan di rumah, hindari menyatukannya dengan remote keyless. Biar apa? Tentunya mencegah nomor serial remote hilang, sehingga pengeluaran untuk penggantian kunci tidak terlalu besar.
"Jadi harus disimpan baik-baik sama konsumen karena nomor serial dibutuhkan saat penggantian dan registrasi ulang. Nanti dibantu oleh teknisi Yamaha, di-pairing-kan lagi dengan motornya," tambah Anton.
Remote Keyless All New Yamaha NMax Hilang, Segini Biaya Ganti Baru (1252)
All New Yamaha NMax. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Anton kembali menjelaskan, biaya penggantian remote keyless atau SKS harganya Rp 518.000. Namun beda cerita ketika remote maupun nomor serialnya ikut hilang, maka harus dilakukan penggantian satu set remote key plus remote control unit.
ADVERTISEMENT
Maka siapkan kocek lebih. Khusus komponen remote control unit harganya Rp 1.360.000 bila mengacu katalog suku cadang Yamaha. Belum ditambah penyematan komponen pendukung lainnya.
Remote Keyless All New Yamaha NMax Hilang, Segini Biaya Ganti Baru (1253)
All new Yamaha NMax Connected. Foto: Aditya Pratama Niagara
Lalu, bagaimana cara membuka bagasi di bawah jok, untuk ambil barang berharga misalnya ketika remote key tidak ada? Sementara tombol pembuka jok sudah elektrik?
Jawabannya ternyata ringan jelas Anton. Ada semacam slot kunci rahasia di kolong jok yang posisinya sedikit ke kanan. Lalu gunakan anak kunci yang biasanya sudah termasuk paket pembelian ke dalam slot tersebut. Terus putar ke kanan, kemudian jok bisa dibuka.
Biar lebih detail mengenai fungsi anak kunci pada all new Yamaha NMax yang sudah keyless, bisa klik tautan di bawah ini.