Otomotif
·
8 Januari 2021 10:51

Remote Keyless Sepeda Motor Kena Air, Amankah?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Remote Keyless Sepeda Motor Kena Air, Amankah? (78091)
IlustrasI remote keyless Yamaha. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Beberapa sepeda motor keluaran terbaru sudah mengusung teknologi keyless. Fitur ini diklaim pabrikan aman dari tindakan pencurian, futuristik, dan juga lebih praktis.
ADVERTISEMENT
Dengan adanya sistem keyless, proses menghidupkan mesin motor akan lebih mudah. Musababnya pengendara hanya tinggal mengantongi remote di saku, lalu putar kenop ke posisi on dan motor langsung bisa di-starter.
Namun, yang jadi pertanyaan, apakah remote keyless aman terkena air hujan? Sebab, di dalam remote ada semacam komponen elektronik yang bertugas menghubungkan sinyal dengan controller dan ECU motor.
Remote Keyless Sepeda Motor Kena Air, Amankah? (78092)
Ilustrasi remote keyles pada sepeda motor. Foto: dok. Istimewa
Menjawab ini, Senior Technical Advisor PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Slamet Kasianom menjelaskan, pada dasarnya remote keyless motor aman dari cipratan air, atau bahkan sampai tercemplung sekalipun.
"Untuk remote keyless sudah didesain anti air bahkan sampai tercemplung juga. Enggak akan kemasukan air, karena dia sudah waterproof," kata Slamet saat dihubungi kumparan, Kamis (7/1).
Remote Keyless Sepeda Motor Kena Air, Amankah? (78093)
Smart key all new Yamaha Aerox. Foto: Bangkit Jaya/kumparan
Slamet menjelaskan, ketika pabrikan mendesain sesuai fitur pasti sudah dipikirkan keamanannya, termasuk penyematan keyless dan remote. Meski begitu, Slamet menyarankan agar remote sebisa mungkin diletakkan di tempat yang aman.
ADVERTISEMENT
"Walaupun kecemplung air, karena bobotnya yang tidak terlalu berat biasanya remote akan mengambang. Belum ada kasus produk Yamaha remote-nya rusak karena air, kecuali jatuh dan terlindas, ya." pungkasnya.

Jika remote rusak atau hilang

Remote Keyless Sepeda Motor Kena Air, Amankah? (78094)
Ilustasi ECU,receiver, dan remote keyless. Foto: Abdul Majid
Bagaimana jika remote rusak atau hilang, apa yang harus dilakukan pemilik motor? Khusus produk Yamaha, Slamet menjelaskan, selama kode pin 6 digit masih diingat oleh konsumen, pembuatan remote baru akan dimudahkan.
"Tinggal beli remote-nya saja, tapi saat beli remote itu belum teregistrasi dan tidak bisa pairing. Butuh kode 6 digit, kalau enggak ada enggak bisa (registrasi) dan harus ganti satu paket ECU," kata dia.
Harga remote keyless semua tipe Yamaha, lanjut dia, dibanderol Rp 500 ribu-an. Nah, jika kode hilang atau tak diingat harus mengeluarkan dana hingga Rp 2 jutaan untuk membeli ECU, remote, dan juga modul baru.
ADVERTISEMENT