Resmi Masuk Indonesia, Zeekr Justru Absen di GIIAS 2024

10 Juni 2024 9:00 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
MPV listrik ZEEKR 009. Foto: Istimewa
zoom-in-whitePerbesar
MPV listrik ZEEKR 009. Foto: Istimewa
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Zeekr jadi brand kesekian asal China yang melakukan ekspansi ke Indonesia tahun ini. Namun, ternyata publik Tanah Air belum bisa melihat produk mobil listrik mereka secara langsung pada pameran otomotif GIIAS 2024 Juli mendatang.
ADVERTISEMENT
"Enggak keburu (ikut GIIAS 2024), tahun depan kita akan ikut. GIIAS itu kan penting karena banyak merek baru," kata Managing Director PT Premium Auto Prima JinHong sebagai mitra Zeekr di Indonesia, Ling Darwin ditemui di Jakarta beberapa waktu lalu.
Mobil listrik Zeekr X. Foto: Zeekr
GIIAS atau Gaikindo Indonesia International Auto Show tahun ini saja sudah penuh sesak dengan merek baru yang mayoritas datang dari Tiongkok. Sampai-sampai, pihak penyelanggara menyediakan satu hall tambahan yang totalnya menjadi 11 area.
Akan ada 50 merek kendaraan penumpang, kendaraan komersial, sepeda motor, dan ratusan merek industri pendukung. Pemain baru yang siap debut antara lain BAIC, BYD, GAC Aion, Jetour, VinFast, dan Volvo.

Zeekr pilih jual mobil listrik mewah kuartal 4 2024

Mobil listrik MPV Zeekr 009. Foto: Zeekr
Kendati berasal dari China, Zeekr telah menyatakan komitmen untuk bermain di segmen premium untuk mobil listrik. Merek ini merupakan naungan dari Geely Group yang juga memiliki saham mayoritas pada jenama asal Swedia, Volvo Cars.
ADVERTISEMENT
"Target pertama kami akan membangun fasilitas yang sangat luar biasa mewah di Jakarta Selatan di Arteri Pondok Indah, paralel kami akan membuka pop up store di mal premium, juga merencanakan membangun fasilitas yang baru di BSD City. Semua fasilitas akan dilengkapi fast charging," imbuh Darwin.
Dua model yang digadang bakal diboyong adalah Zeekr 009 dan Zeekr X. Model yang disebutkan pertama berupa MPV dan satunya SUV. Keduanya diklaim bisa memenuhi kebutuhan segmen premium yang preferensinya pada kenyamanan dan performa.
Interior mobil listrik Zeekr X. Foto: Zeekr
"Di Indonesia sementara (yang akan dibawa) 7-seater dan 6-seater. Di China mereka punya varian yang 4-seater itu super mewah, hanya saja belum akan dibawa ke Indonesia nantinya," terang Darwin.
Sekilas mengenai spesifikasi teknis kedua model, Zeekr X adalah sebuah urban SUV 5-penumpang. Model ini berbagi rancang bangun atau platform Sustainable Experience Architecture (SEA) yang serupa dengan Volvo EX30.
ADVERTISEMENT
Terdapat dua pilihan varian berdasarkan konfigurasi penggerak yakni RWD dengan jarak tempuh hingga 446 kilometer sekali cas dengan metode WLTP dan AWD sejauh 425 kilometer sekali cas. Pengecasan dari 10-80 persen hanya butuh waktu 30 menit pakai 150 kW DC Charger.
Sementara model MPV Zeekr 009 ini merupaka saudara dari Volvo XC90 yang saat ini baru tersedia untuk pasar China. Dibekali dengan baterai 140 kWh yang sanggup memberikan suplai daya listrik untuk motor penggerak sejauh 822 kilometer dengan metode CLTC.
Interior mobil listrik MPV Zeekr 009. Foto: Zeekr
***