kumparan
Otomotif15 Februari 2019 18:22

Resmi, Suzuki Ertiga GL dan GX Dapat Fitur Baru

Konten Redaksi kumparan
Model improvemet all new Suzuki Ertiga
Model improvemet all new Suzuki Ertiga Foto: dok. SIS
PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) nampaknya perlu melakukan revisi terhadap Ertiga agar model ini tetap kompetitif. Mengingat, sebentar lagi ada all new Livina berbasis Xpander dan sebelumnya Avanza-Xenia baru resmi meluncur.
ADVERTISEMENT
Melalui keterangan tertulis yang diterima kumparanOTO, ubahannya terbilang tidak banyak dan hanya ada di tipe GL serta GX.
Suzuki Ertiga GL mendapat ubahan yang cukup nanggung dan cuma pengaplikasian lampu kabut untuk meningkatkan visibilitas berkendara. Sebelumnya, fitur ini cuma ada di tipe tertinggi, yakni GX.
All new Suzuki Ertiga India
Interior All new Suzuki Ertiga India Foto: dok. Maruti Suzuki
Oke, untuk Suzuki Ertiga GX, fiturnya kini sedikit lebih banyak. Di eksterior, pabrikan memasangkan velg desain baru dual-tone.
Kemudian di interior kita akan melihat ubahan yang signifikan di head unit yang sudah menggunakan layar sentuh dan rombakan fitur pengatur AC yang sudah didukung Auto Climate dengan fungsi pemanas.
Fitur lain yang ada pada Suzuki Ertiga GX adalah rear defogger untuk mencegah terjadinya embun di kaca belakang serta penambahan untuk wiring harness guna memudahkan pemasangan rear camera after market.
All New Suzuki Ertiga
Test drive All New Suzuki Ertiga. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Di samping itu, baik GL dan GX mendapat revisi berupa penambahan assist grip foldable di plafon baris pertama dan kedua. Sementara di plafon baris ketiga ada fixed assist grip.
ADVERTISEMENT
“Penyegaran yang kami lakukan pada all new Ertiga dikembangkan berdasarkan masukan-masukan dari konsumen setia Suzuki. Sejak Ertiga diluncurkan pada tahun 2012 kami terus melakukan pengembangan dan penyempurnaan baik dari fitur eksterior maupun interior,” kata 4W Deputy Managing Director PT SIS, Setiawan Surya.
Meski resmi dirilis, sayangnya belum dibeberkan harga untuk dua varian baru tersebut. Berdasarkan informasi yang diterima kumparanOTO, harganya mengalami kenaikan Rp 1-3,5 juta.
Kenaikan harga all new Ertiga Februari 2019
Kenaikan harga all new Ertiga Februari 2019 Foto: dok. kumparanOTO
Sementara itu, Suzuki Ertiga dengan rombakan signifikan telah diperkenalkan sejak Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.
Di sektor jantung mekanis, Suzuki Ertiga menggendong mesin seri K15B, yang menawarkan 103 daya kuda (dk) pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada putaran 4.400 rpm lewat transmisi manual 5 percepatan atau otomatis (AT).
ADVERTISEMENT
Sepanjang tahun 2018, Suzuki berhasil mendistribusikan 32.592 unit dari pabrik ke diler. Secara klasemen, dia berada di posisi kedua di kelas LMPV mesin 1,5 liter.
Video
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan