Otomotif
·
4 Desember 2020 11:59

Rilis 20 Mobil Baru Saat Pandemi, BMW Indonesia Sukses Asapi Mercedes-Benz

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Rilis 20 Mobil Baru Saat Pandemi, BMW Indonesia Sukses Asapi Mercedes-Benz  (384926)
All new BMW X6. Foto: dok. BMW Group Indonesia
Pandemi corona membuat penjualan kendaraan di pasar Indonesia menurun signifikan. Hal ini menjadikan berbagai APM harus putar otak guna meningkatkan kembali penjualannya.
ADVERTISEMENT
Untuk merangsang minat beli konsumen, beberapa strategi diterapkan oleh APM. Mulai dari promo harga menarik, layanan after sales, hingga peluncuran model baru.
Hal ini juga dimainkan oleh BMW Indonesia, khusus untuk model baru, tercatat jenama asal Jerman tersebut meluncurkan 12 mobil BMW baru dan 8 mobil anyar untuk merek MINI.
Rilis 20 Mobil Baru Saat Pandemi, BMW Indonesia Sukses Asapi Mercedes-Benz  (384927)
Detail velg BMW 330i M Sport Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Secara wholesales dari Januari hingga Oktober 2020, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, BMW Group yang terdiri dari BMW dan MINI penurunannya hanya 29,73 persen atau menjadi 1.896 unit jika membandingkan dengan periode yang sama pada 2019. Sementara untuk penurunan data retail tercatat 23,91 persen atau menjadi 2.035 unit.
Rilis 20 Mobil Baru Saat Pandemi, BMW Indonesia Sukses Asapi Mercedes-Benz  (384928)
Mercedes-Benz Star Drive Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Sedangkan kompetitor terdekat mereka, Mercedes-Benz dalam hitungan periode yang sama mengalami penurunan sampai 50,5 persen menjadi 1.378 unit. Adapun Untuk retailnya menyusut 44,3 persen menjadi 1.503 unit.
ADVERTISEMENT
Director of Communications BMW Group Indonesia, Jodie O’Tania tak menampik bahwa strategi melansir banyak model berpengaruh pada penjualan mereka.
"Itu memang planning kita dari tahun lalu. Jadi bisa dibilang tahun ini tidak ada product launch yang kita cancel. Memang sudah di-rencanakan dari tahun lalu dan kita hadirkan di tahun ini semua," kata Jodie di sela-sela test drive BMW 320i Sport belum lama ini.

Model khusus

Rilis 20 Mobil Baru Saat Pandemi, BMW Indonesia Sukses Asapi Mercedes-Benz  (384929)
BMW M2 Edition designed by Futura 2000 dijual 1 unit di Indonesia. Foto: BMW Indonesia
Secara model baik mobil BMW dan MINI baru yang dijual secara regular atau terbatas menurut Jodie tak bisa dikapalkan ke Indonesia secara mendadak. Ia pun menampik bahwa BMW 'cari kesempatan' di masa pandemi dengan meluncurkan beberapa mobil terbatas.
"Kenapa orang selalu mikirnya limited itu dengan corona, sebenarnya sudah di-planning dari jauh hari, terutama CBU. Kenapa sih kita luncurkan varian model dengan pilihan terbatas, pastinya adalah kita mau ada tambahan untuk refresh karena kan belum ada model terbarunya," ungkap dia.
ADVERTISEMENT