Otomotif
·
12 Februari 2021 9:47

Rincian Tarif Tol Jakarta ke Yogyakarta, Tak Lebih dari Rp 450 Ribu!

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Rincian Tarif Tol Jakarta ke Yogyakarta, Tak Lebih dari Rp 450 Ribu! (249813)
Suasana kepadatan di Gerbang Tol Kalikangkung Semarang saat libur panjang, Kamis (20/8). Foto: Afiati Tsalitsati/kumparan
Masyarakat yang akan memanfaatkan libur Hari Raya Imlek dan akhir pekan ini dengan bepergian melintasi tol Trans Jawa, pastikan selalu menerapkan protokol kesehatan secara disiplin.
ADVERTISEMENT
Tak cuma itu, lebih penting lagi pastikan saldo e-toll sudah cukup terisi, sehingga dapat melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Yogyakarta misalnya.
Ya, bepergian menggunakan mobil pribadi dari Jakarta ke Yogyakarta sekarang hampir seluruh rutenya bisa melalui jalan bebas hambatan. Pada ruas tol Semarang-Solo, Anda keluar di Boyolali, kemudian menuju Klaten, baru jalan raya Solo-Yogyakarta.
Estimasi waktu tempuhnya 8 jam 15 menit, mengacu peta digital. Lalu berapa tarif tolnya?
Mengutip tarif tol laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol, tarif tol Jakarta ke Yogyakarta Rp sebesar Rp 429.500. Beberapa ruas jalan tol sudah mengalami penyesuaian tarif, sehingga ada yang mengalami kenaikan.
Rincian Tarif Tol Jakarta ke Yogyakarta, Tak Lebih dari Rp 450 Ribu! (249814)
Proyek tol fungsional Solo-Ngawi. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Rinciannya sebagai berikut, contoh kasusnya jika memulai perjalanan masuk tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Gerbang Pondok Indah kemudian keluar di Gerbang Boyolali, Klaten, Yogya.
ADVERTISEMENT
  • Tol JORR Rp 16.000
  • Tol Jakarta-Cikampek Rp 20.000
  • Tol Cikopo-Palimanan Rp 107.500
  • Tol Palimanan-Kanci Rp 12.500
  • Tol Kanci-Pejagan Rp 29.500
  • Tol Pejagan-Pemalang Rp 60.000
  • Tol Pemalang-Batang Rp 39.000
  • Tol Batang-Semarang Rp 75.000
  • Tol Semarang-ABC Rp 5.000
  • Tol Semarang-Solo Rp 65.000
Tarif juga berlaku untuk rute sebaliknya. Maka ketika ditotal tarif tol Jakarta ke Yogyakarta pergi pulang sebesar kurang lebih Rp 859.000.
Rincian Tarif Tol Jakarta ke Yogyakarta, Tak Lebih dari Rp 450 Ribu! (249815)
Penunjuk arah di ruas tol Semarang-Batang Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Namun rekomendasi terbaiknya lebihkan dana saat pengisian saldo atau top up. Sisa dana yang mengendap bisa digunakan sebagai biaya parkir di beberapa lokasi, yang sudah menerapkan pembayaran non-tunai biar lebih efisien.

Ada pengecekan surat bebas COVID-19 bagi pendatang ke Yogyakarta

Selain itu, masyarakat yang hendak mengunjungi Yogyakarta juga harus mengantongi surat keterangan bebas COVID-19 antigen. Sebab, Pemkot Yogyakarta akan memberlakukan pengecekan dokumen antigen ini mulai 12 hingga 14 Februari 2021.
ADVERTISEMENT
Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi menjelaskan, langkah Pemkot Yogya ini untuk mendukung Pemda DIY yang akan melakukan pengecekan surat keterangan bebas COVID-19 antigen di perbatasan-perbatasan provinsi maupun destinasi wisata.
Rincian Tarif Tol Jakarta ke Yogyakarta, Tak Lebih dari Rp 450 Ribu! (249816)
Suasana di Malioboro, Senin (11/1). Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan
Heroe juga mengatakan Pemkot Yogya juga bekerja sama dengan PHRI (Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia) bahwa wisatawan yang menginap di hotel wajib membawa hasil rapid antigen negatif.
"Pemerintah kota sudah berkoordinasi dengan teman-teman PHRI juga pasti mensyaratkan surat-surat yang diperlukan seperti antigen," ujarnya.
***