Otomotif
·
7 November 2020 17:06

Rompi Airbag untuk Pemotor Mulai Dijual, Harganya Berapa?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Rompi Airbag untuk Pemotor Mulai Dijual, Harganya Berapa?  (574)
searchPerbesar
Perlengkapan berkendara motor saat new normal. Foto: AHM
Penggunaan perlengkapan seperti jaket merupakan syarat mutlak yang digunakan pemotor dalam berkendara. Fungsinya satu, meningkatkan aspek keselamatan berkendara selama di jalan.
ADVERTISEMENT
Utamanya jaket yang memiliki komponen protector, sehingga apabila jatuh dari motor bisa mengurangi cedera.
Namun bila jaket ber-protector masih dirasa kurang memberikan keamanan dan keselamatan, Anda bisa mengenakan rompi tambahan yang sudah dilengkapi dengan airbag atau kantung udara.
Rompi Airbag untuk Pemotor Mulai Dijual, Harganya Berapa?  (575)
searchPerbesar
Rompi airbag Held eVest model resleting yang mengembang. Foto: dok. held.de
Rompi airbag tersebut bernama Held eVest. Modelnya ada yang bisa dipakai menggunakan resleting, satunya lagi model clip-in.
Keduanya bisa dipasang pada bagian dalam atau luar jaket motor. Namun dengan catatan, jaket yang dikenakan harus sedikit longgar, karena digunakan untuk ruang ketika airbag mengembang.
Rompi Airbag untuk Pemotor Mulai Dijual, Harganya Berapa?  (576)
searchPerbesar
Rompi Held eVest yang disematkan di dalam jaket. dok. held.de
Held, perusahaan teknologi yang berpusat di Jerman ini memproduksi eVest dan sudah digunakan para pebalap dunia, baik untuk balap dalam lintasan maupun off-road.
Selain kompetisi, rompi ber-airbag ini juga cocok untuk penggunaan motor tipe sport, touring, petualangan, maupun urban.
Rompi Airbag untuk Pemotor Mulai Dijual, Harganya Berapa?  (577)
searchPerbesar
Rompi airbag Held eVest model clip-in ketika mengembang. Foto: dok. held.de

Bagaimana cara Held eVest atau rompi airbag ini bekerja?

Jadi setiap rompinya dipasangkan inflator gas, protector bagian belakang, dan modul airbag. Mekanismenya tak perlu sambungan ke motor.
Rompi Airbag untuk Pemotor Mulai Dijual, Harganya Berapa?  (578)
searchPerbesar
Tampak belakang rompi airbag Held eVest model clip-in. Foto: dok. held.de
Saat jatuh, modul akan mendeteksi potensi adanya benturan. Dalam waktu di bawah 60 milidetik atau lebih cepat dari satu kedipan mata, airbag langsung mengembang memberi proteksi pada sisi leher, punggung, dan dada, sehingga meminimalisir fatalitas.
ADVERTISEMENT
Dalam keterangan resminya, kantung udara yang mengembang bisa membantu menyerap energi benturan, menstabilkan tubuh pemakai, mencegah cedera tulang, dan melindungi organ vital bagian atas.
Makanya jangan heran ketika mengembang, tampilan dan bentuknya akan mirip rompi pelampung.
Bahan Held eVest terbuat dari bahan mesh yang nyaman digunakan dan memungkinkan adanya sirkulasi udara, lantaran bentuknya menyerupai jaring.
Rompi airbag ini bisa digunakan lagi setelah mengembang. Tinggal beli inflator gas dan kantung udaranya secara terpisah.
Oh iya ngomong-ngomong soal harga, rompi airbag ini dibanderol sekitar 341 Euro atau setara dengan Rp 5,7 jutaan (nilai tukar per 5 November 2020).