Otomotif
·
22 November 2020 15:33

Royal Enfield Indonesia Siapkan Motor Baru di 2021, Meteor 350?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Royal Enfield Indonesia Siapkan Motor Baru di 2021, Meteor 350? (56349)
Royal Enfield Meteor 350 Foto: AutoCar
Royal Enfield (RE) Meteor 350 resmi mendebut untuk pasar India disusul negara Thailand beberapa waktu lalu. Dibangun dari platform yang benar-benar berbeda dari produk RE lainnya, akankah motor ini segera dipasarkan ke Indonesia?
ADVERTISEMENT
Country Manager Royal Enfield Indonesia, Irvino Edwardly tak sungkan memberi kisi-kisi bahwa motor ini akan segera masuk pasar Indonesia. Sayangnya menyoal waktu dia enggan membeberkan.
"Kita memang baru saja meluncurkan secara global RE Meteor 350 cc yang merupakan completely new platform, mulai dari sasis hingga mesin. Apakah ini akan masuk ke Indonesia? Untuk kapan dan segala macamnya, kita tunggu tanggal mainnya," kata Vino sapaan karibnya di sela-sela rolling thunder bersama komunitas, belum lama ini.
Royal Enfield Indonesia Siapkan Motor Baru di 2021, Meteor 350? (56350)
Tampilan belakang Royal Enfield Meteor 350 Foto: Paultan
Dia mengatakan sudah banyak para konsumen di Indonesia merespons positif Royal Enfield Meteor 350. Tentunya, kata Vino semua harapan dari konsumen akan coba diwujudkan oleh APM.
"Feedback-nya sudah sangat baik utamanya peluncuran yang kita lakukan secara global, animo sudah banyak sekali baik itu konsumen RE dan motorcycle enthusiast. Mereka menanyakan langsung motor ini kapan masuk (ke Indonesia)," ungkap dia.
ADVERTISEMENT

Ada produk baru dari Royal Enfield di 2021

Royal Enfield Indonesia Siapkan Motor Baru di 2021, Meteor 350? (56351)
Logo Royal Enfield. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Sebelumnya General Manager Nusantara Batavia International (NBI), Gwesley Griemaldy Kussoy selaku APM baru Royal Enfield di Indonesia sempat mengatakan bahwa pihaknya akan melansir model baru di awal 2021.
Saat berbincang dengan kumparan, dia mengatakan salah satu produk yang akan ditetaskan, adalah motor yang secara rancang bangun mengusung platform baru. Dari informasi tersebut besar kemungkinan adalah Royal Enfield Meteor 350.
"Kita akan luncurkan di awal tahun depan. Jadi nanti akan ada 2 produk, 1 produk special edition dan satunya lagi yang benar-benar new product. Ditunggu saja Januari nanti," kata Gwesley.

Meteor 350 usung gaya cruiser

Royal Enfield Indonesia Siapkan Motor Baru di 2021, Meteor 350? (56352)
Royal Enfield Meteor 350 Foto: Paultan
Dari tampilannya dia tetap mengusung DNA retro tua, khas Royal Enfield. Di mana untuk lampu depan, panel instrumen, lampu belakang, spion berbentuk bulat. Secara desain, RE Meteor 350 menggunakan tema motor cruiser.
ADVERTISEMENT
Dapur pacunya dipersenjatai mesin SOHC, 1-silinder, 349 cc, pendingin udara dan pengabut injeksi. Di atas kertas mampu mengeluarkan tenaga 20,2 daya kuda pada 6.100 rpm dan torsi puncak 27 Nm di 4.000 rpm. Output mesin itu disalurkan lewat transmisi manual 5-percepatan.
Royal Enfield Indonesia Siapkan Motor Baru di 2021, Meteor 350? (56353)
Memiliki fitur konektivitas gawai. Foto: Paultan
Fitur unggulan pada motor ini adalah Tripper Navigation Display Unit yang bisa terkoneksi via bluetooth. Selain itu juga tersedia colokan USB, lingkaran LED pada lampu depan, lampu belakang LED, dan ABS.
Di India motor ini dijual dengan harga mulai dari Rp 33,7 juta sampai Rp 36,5 juta. Jika masuk ke pasar Indonesia nanti pastikan harganya akan melonjak sesuai dengan biaya pajak motor impor.